Connect with us

Berita Pariwisata

Potensi Ekonomi Dan Wisata Eceng Gondok Sungai Selor Bulungan Kaltara

Published

on

Lautan tumbuhan eceng gondok yang menutupi permukaan sungai Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ternyata tumbuhan air bernama eceng gondok, yang menutupi sebagian Sungai Selor, di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan memiliki potensi, lantaran bisa dibuat berbagai anyaman seperti tas dan tempat tisu, serta beragam kreasi lain nya.

Tumbuhan jenis ini bila dipeementasi dalam jumlah besar, juga bisa dibuat pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman.

Kalau mau jujur, dengan nyaris tertutupnya seluruh permukaan sungai Selor itu, sebenar pada jaman duluny sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai alur transportasi sungai. Baik untuk menuju Kuala satu di Tanah Kuning maupun ke pehuluan Sungai Kayan.

sekarang juga bisa dimanfaatkan, misal nya akibat penyempitan dan pendangkalan pada dasar sungai bisa dimanfaatkan untuk wadah belajar berenang nya para bocah. Dan bermain sampan sambil berdayung ria disana.

Tidak hanya itu, hijaunya tumbuhan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bila dipandang lama, terutama pada pagi hari.

Soal tempat tak perlu repot, dari atas jembatan Meranti yang sudah dibangun megah oleh pemerintah kita sudah bisa memandang lautan eceng gondok sepuasnya. *

Reporter : Sahri.

Pariwisata

Pesta Budaya Ditutup, Akan Jadi Event Tahunan Kaltara

Published

on

By

Menutup seluruh rangkaian HUT ke-9 Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang menghadiri acara penutupan Pesta Budaya Sungai Kayan yang diselenggarakan di Taman Kaltara Abadi, Kamis (02/12/2021).

Acara penutupan ini juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara sekaligus Ketua KORMI Kaltara, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Ketua DPRD Kaltara, Bupati Bulungan, serta jajaran Forkopimda lainnya.

Didampingi oleh Wagub Yansen, Gubernur Zainal menyaksikan eksebisi jetski yang dilakukan oleh salah satu juara dunia jetski, Aero Sutan Anwar serta eksebisi perahu dayung dari para pemenang mata lomba tersebut. Gubernur Zainal pun menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan kegiatan ini dalam rangka HUT ke-9 Kaltara.

“Acara yang kita gelar ini adalah sesuai dengan janji saya pada acara penutupan yang dilaksanakan oleh Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalu, bahwa kita akan melaksanakan Pesta Budaya Sungai Kayan selama dua bulan,” ujarnya mengawali sambutan.

Zainal juga menambahkan bahwa berkat rangkaian kegiatan festival budaya ini, seluruh masyarakat Kaltara dapat menyaksikan juga menikmati olahraga-olahraga tradisional yang masih erat dengan aktivitas masyarakat sehari-hari.

Ia mengatakan selanjutnya akan tetap ada lomba olahraga tradisional seperti ini, sehingga seluruh masyarakat bisa turut berpartisipasi dan mendukung kemajuan olahraga tradisional milik Kaltara.

Tidak lupa, ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Mengingat pandemi yang masih melanda dunia, serta hadirnya varian baru Omicron di beberapa negara, Gubernur Zainal menegaskan agar selalu waspada.

“Kita harus tetap bersama-sama berupaya untuk memutus mata rantai Covid-19 ini sehingga status Covid di Kalara bisa turun ke level 1,” jelasnya.

Terakhir, ia menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat serta pihak-pihak yang turut mendukung kesuksesan rangkaian kegiatan HUT Kaltara ini. Ia pun berharap agar tahun depan pelaksanaan pesta budaya akan lebih baik lagi.

“Tahun depan kita akan laksanakan event yang lebih baik lagi. kita evaluasi kegiatan Pesta Budaya Sungai Kayan yang pertama ini, kita perbaiki untuk pelaksanaan pesta budaya yang selanjutnya,” tutupnya. (gg/dkispkaltara)

Continue Reading

Pariwisata

Taman Tepian Kayan, Kini Jadi Salah Satu Ikon Ibukota Kaltara

Published

on

Warga lagi asik bersantai ria ditaman tepain Kayan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Disadari atau tidak taman tepian Kayan mulai dari kampung Arab hingga simpang jalan Sengkawit, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, satu-satunya ikon di Ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Taman serba guna ini selesai dibangun lebih kurang 7 tahun silam, diakhir masa jabatan mantan Bupati Bulungan, Drs H Budiman Arifin M Si.

Keberadaan taman tepian Kayan di Tanjung Selor, sudah multifungsi, tidak hanya sebagai pengindah kota, namun sudah beragam kegiatan bisa disaksikan disana.

Misalnya, menjadi jogging track masyarakat, sarana bersantai hingga menjadi sentra berjualan dan beragam permainan. Mulai dari permainan anak-anak yang gratis hingga yang dikonersial kan oleh warga.

Kegiatan Harian Warga Tanjung Selor di Taman Tepian Kayan.

Artinya keberadaan taman tepian Kayan, sudah menjadi sentra berusahanya banyak warga. Bahkan saat ini ada ratusan “mulut” yang menggantungkan terhadap keberadaan taman itu.

Sampai ada saja orang yang berkata, untung dimasa akhir jabatan mantan Bupati Bulungan H Budiman Arifin membangun taman tepian Kayan, kalau tidak bagaimana wajah Tanjung Selor sebagai ibu kota provinsi sekarang. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Pariwisata

Indahnya Wisata Air Terjun Sulok Desa Pimping

Published

on

TANJUNG SELOR – Masih ingat air TERJUN SULOK, yang berlokasi di Desa Pimping, Tanjung Palas Utara, Kabuapaten Bulungan, Kaltara?. Saat ini sudah mulai menarik minat pengunjung untuk menikmati keindahan nya, walaupun kondisi medan menuju kelokasi itu masih berupa semak belukar serta jalan setapak saja.

Tidak hanya itu, untuk menjangkau AIR TERJUN SULOK, kita harus rela menyeberang Sungai Pimping, melintasi pohon besar yang sudah rebah membentangi sungai itu yang berfungsi sebagai jembatan darurat.

Keindahan AIR TERJUN SULOK kembali diunggah oleh akun Facebook Liena Karlina, dimana sepertinya sekelompok pemuda dari Tanjung Palas tampak berwisata menikmati keindahan air terjun tersebut.

Jumlah mereka cukup banyak, diperkirakan lebih dari sepuluh orang. Ini menandakan lokasi menuju air terjun itu sudah layak untuk segera dibenahi oleh pemerintah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi. Agar bisa memudahkan siapa saja yang ingin berwisata menikmati air terjun alam tersebut.

Sebenarnya, dikabupaten Bulungan sendiri sangat banyak dan beragam objek wisatanya, sayangnya belum dikelola secara maksimal. Misalnya wisata alam Gunung Putih di Tanjung Palas, Wisata air panas di KM 18 Tanjung Selor, pantai Tirta Kuning di Tanjung Palas Timur, Wisata Duplikat Keraton Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas. Wisata Arung Jeram di Tanjung Palas Barat. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending