Connect with us

Berita Tokoh Kaltara

Sebaiknya Kegiatan Pemprov Dan DPRD Lebih Banyak di Tanjung Selor

Published

on

TANJUNG SELOR – Ditengah lesunya ekonomi dampak dari wabah Pandemi Covid – 19 di Tanjung Selor Ibukota Provinsi Kalimantan Utara, Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB), Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, mengimbau kepada pemerintah maupun DPRD harus lebih banyak melakukan kegiatan ditempat, baik bentuk kegiatan pertemuan maupun kegiatan dalam bentuk rapat-rapat.

“Di Tanjung Selor sendiri saat ini sudah cukup memiliki fasilitas, berupa hotel maupun ruang pertemuan, baik yang ada diperkantoran milik pemerintah, termasuk sarana angkutan maupun rumah makan, jadi tak ada alasan untuk melakukan kegiatan diluar ibukota, “ ujar Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, Kamis, 15/4/2021.

Kalau kegiatan banyak difokuskan di Tanjung Selor, dengan sendirinya ekonomi akan bergerak, seperti rumah makan, maupun hunian hotel termasuk sector jasa lain nya juga akan bergairah.
Kalau pun mau, sebaiknya jangan hanya dilaksanakan disatu tempat misalnya di Tarakan, kalau bisa digilir di setiap  kabupaten yang ada di Kalimantan Utara, seperti Nunukan, Malinau dan Tana Tidung.

Dengan demikian, setiap tempat otomatis ada perputaran ekonomi, walaupun peredaran tidak banyak yang pasti bisa membantu pergerakan perekonomian local.

Lebih lanjut Datu Buyung mencontohkan perlombaan balap ketinting yang digelar oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kaltara belum lama ini, sangat berdampak positif sekali terhadap ekonomi local Tanjung Selor. Dimana rata-rata para pengunjung berbelanja makanan ringan yang banyak dijaja disekitar lokasi perlombaan.

“Ekonomi bergerak, rakyat senang, para penjual mendapat laba, ini lah yang harus menjadi focus semua pihak untuk mendukung pemulihan ekonomi ditengah masih belum teratasinya wabah Pandemi Covid – 19, “ tutup Datu Buyung Perkasa. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tokoh Kaltara

Datu Buyung Perkasa Menilai Pembangunan Asrama Mahasiswa di Tarakan dan Bulungan Lebih Prioritas

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd. ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan.

TANJUNG SELOR – Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara bisa membangun asrama mahasiswa yang representatif di Tarakan dan Bulungan.

“Kota Tarakan dan Bulungan adalah tujuan pertama calon mahasiswa dari 3 kabupaten untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik yang ingin kuliah di Universitas Borneo Tarakan (UBT) maupun yang ingin kuliah di Universitas Kaltara Tanjung Selor (Unikaltar), ” kata Datu Buyung kepada media ini, Senin, 22/4/2024.

Alasan nya, kata datu Buyung Perkasa yang juga mantan pendidik (Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Palas) ini mengatakan, bahwa saat ini baik UBT maupun Unikal kian banyak mahasiswa dari daerah yang kuliah disana. Sementara belum ada asrama sebagai tempat tinggal mereka selama menuntut ilmu.

Seyogyanya tambah nya, hal ini sudah menjadi pemikiran mendasar bagi pemerintah baik Pemprov Kaltara maupun Pemkab 4 kabupaten kota untuk menyiapkan sarana asrama tersebut. Agar sedikit membantu meringankan biaya adik-adik mahasiswa dari daerah karena tak perlu lagi memikirkan biaya kos atau biaya kontrak tempat tinggal.

“Saran saya kalau ada rencana membangun asrama diluar Kaltara sebaik nya ditunda dulu, prioritaskan yang dalam wilayah Kaltara dulu, ” imbuh Datu Buyung.

Artinya lanjut dia, boleh saja membangun asrama mahasiswa diluar Provinsi, namun kearifan lokal juga harus diperhatikan karena tak ada yang namanya Provinsi Kalimantan Utara bila tak ada 4 Kabupaten dan 1 kotanya. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Datu Buyung Perkasa : “Ini Kriteria Sosok Pemimpin #2024KaltaraBaru”

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd.

TANJUNG SELOR – Kriteria sosok Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara 2024-2029 menurut Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, adalah figur yang siap menerima kritikan dan memahami alur administrasi pemerintahan.

Karena soal administrasi sangat berkorelasi dengan pembangunan infrastruktur didaerah. “Termasuk yang bersangkutan pernah menduduki jabatan di birokrat seperti kepala dinas, badan dan kantor, ” kata Datu Buyung.

Karena bila administrasi yang ada tidak tebenahi dengan baik, maka untuk membangun infrastruktur tidak bisa berkembang sesuai harapan.

Artinya begitu star dilantik, yang bersangkutan sudah memiliki konsep dalam membangun lima kabupaten dan kota di Kalimantan Utara, ” ujarnya.

Yang tidak kalah penting sangat faham tentang organisasi, “harapan saya untuk pemimpin Kaltara kedepan mau menerima kritikan dan saran, ” katanya.

Ia mencontohkan semasa Gubernur Kaltara periode 2016 – 2020 Dr H Irianto Lambrie, sangat menerima kritikan, beliau langsung meminta solusi apa langkah yang harus dilakukan. ” jadi wajar apabila pada masanya infrastruktur terbangun dengan pesat, ” tutup Datu Buyung. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Tokoh Masyarakat Kembali Mendukung HM Nasir Pimpin KONI Kaltara

Published

on

H Batto.

TANJUNG SELOR – Berbagai dukungan terus mengalir kepada H Muhammad Nasir SE agar kembali terpilih memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk kedua kalinya.

Dukungan tersebut kembali datang dari H Batto,.salah satu pengusaha dan tokoh masyarakat Kalimantan Utara.

“Bapak H Batto sudah memberikan dukungan kepada saya untuk bisa kembali memimpin KONI Kaltara, ” terang HM Nasir SE, kepada media ini, Senin 6/2/2023.

Harapan lain H Batto memberikan dukungan, karena menilai figur HM Nasir mampu membawa KONI Kaltara lebih baik lagi kedepan, asal ada dukungan yang kuat dari seluruh cabor, Termasuk dari jajaran pengurus yang bisa berkerjasama dan sejalan untuk memajukan prestasi olahraga ini.

Menilik kepemimpinan HM Nasir selama menakhodai KONI Kaltara cukup lumayan berhasil baik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan mengikuti PON di Papua beberapa waktu lalu.

TIdak hanya itu, pelaksanan Porprov 1 Provinsi Kalimantan Utara juga cukup sukses pelaksanaan nya. Sejak dimulainya pelaksanaan hingga akhir semua Pengcab dan Cabor merasa terlayani dengan baik.

“Harapan saya kelak bila mendapat kepercayaan kembali memimpin KONI Kaltara, akan berkerja semaksimal mungkin untuk kemajuan olahraga didaerah, ” tutup nya. * jk

Continue Reading

Trending