Connect with us

Berita Nasional

Presiden Jokowi Menerima Perwakilan Tokoh Adat, Penajam Paser Utara, 14 Maret 2022

Published

on

*Para Tokoh Adat Sampaikan Harapan Pengembangan SDM di Kalimantan*

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak termasuk tokoh adat dan agama setempat. Saat bertemu Presiden Joko Widodo di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin, 14 Maret 2022, para tokoh adat mengutarakan harapannya agar pembangunan IKN tidak hanya mengenai infrastruktur, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Dalam proses pemindahan IKN kami berharap tidak hanya pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang dilakukan, tapi kami berharap agar diutamakan terlebih dahulu yaitu pembangunan SDM,” ujar Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Penajam Paser Utara Helena. Helena menambahkan, pemindahan IKN menjadi momentum penting untuk pembangunan SDM di Kalimantan. Oleh karena itu, Helena berharap pemerintah dapat membangun baik institusi pendidikan maupun balai pelatihan di sana.

Nasional

ASN yang dipindah ke IKN harus Punya Literasi Digital, Multitasking, dan Nilai Berakhlak

Published

on

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satunya adalah memiliki literasi digital.

“Syarat kompetensi ASN yang dipindahkan ke IKN ini cukup ketat. Pertama, mereka harus memiliki literasi digital sesuai dengan penilaian dari BKN. Jadi, BKN telah menilai ribuan pegawai untuk menentukan siapa yang layak dipindahkan dan siapa yang tidak. Hal ini dilakukan karena kita tidak hanya memindahkan orang, tetapi juga mengubah budaya kerja dan tata kelola sesuai harapan presiden,” kata Anas di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Selain literasi digital, pegawai yang memiliki kemampuan multitasking dan nilai-nilai berakhlak juga dianggap layak untuk dipindahkan ke IKN.

“Kedua, mereka harus bisa melakukan multitasking, yaitu mampu menyelesaikan beberapa tugas sekaligus. Jadi, ketika bekerja mereka dapat menangani banyak hal secara bersamaan. Selain itu, mereka juga harus memiliki nilai-nilai berakhlak seperti akuntabilitas, kompetensi, kolaborasi dan adaptabilitas dalam menghadapi prinsip-prinsip IKN,” tambahnya.

Anas menjelaskan bahwa pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap. Pada bulan Juli 2024, sejumlah menteri dan staf akan mulai dipindahkan ke IKN. “Salah satunya, kemarin kami bertemu dengan Menteri PUPR yang akan menjadi salah satu yang pertama dipindahkan pada bulan Juli 2024,” jelas Anas.

Pada bulan Agustus 2024, IKN akan menjadi tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang melibatkan sekitar 1.500 personel.

“Kemudian pada bulan September 2024, pemindahan ASN akan dilakukan secara lebih luas, dengan prioritas yang sudah ditentukan berdasarkan data eselon I dari berbagai Kementerian / Lembaga (K/L),” lanjut Anas.

Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan, Anas mengungkapkan beberapa unit kerja yang menjadi prioritas untuk dipindahkan secara bertahap.

Adapun Prioritas pertama mencakup 179 Unit Eselon I dari 38 K/L; Prioritas kedua mencakup 91 Unit Eselon I dari 29 K/L; dan Prioritas ketiga mencakup 378 Unit Eselon I dari 59 K/L.(*)

Continue Reading

Nasional

SIWO PWI Kota Malang Raih Gelar Juara Lomba Tenis Meja Pemerintah Kota Malang 2024

Published

on

Atlet SiWO PWI kota Malang.

MALANG – Atlet Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Malang PWI Malang Raya berhasil meraih gelar juara dalam Lomba Tenis Meja Pemerintah Kota Malang 2024. Kejuaraan yang menjadi bagian dari peringatan HUT Kota Malang itu digelar di Lobby Stadion Gajayana Kota Malang, Senin (22/4/2024).

Dalam partai final yang sengit, atlet SIWO PWI Malang Raya berhasil mengalahkan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang dengan skor 2-0.

Kedua tim menampilkan permainan yang menarik dengan adu teknik dan kekuatan. Empat atlet SIWO PWI Malang yang berlaga dalam kejuaraan tersebut, yaitu Hendro Sumardiko dari wartawan ANTV, Jotok Adam dari wartawan Surabayaonline, Romi Susanto dari wartawan VIVA Malang, dan Abdul Muntolib dari wartawan Siarindo, berhasil memberikan kontribusi besar dalam meraih gelar juara.

Sebelum mencapai partai final, tim SIWO Kota Malang telah berhasil mengalahkan tim dari Ikatan Notaris Indonesia Malang, Perumda Tugu Tirta Kota Malang, dan perwakilan dari Kecamatan Blimbing.

Lomba tenis meja ini diikuti oleh 30 tim dari berbagai instansi, termasuk ASN, non-ASN di lingkungan Pemkot Malang, BUMD, dan instansi vertikal.

Ketua SIWO Kota Malang, Lucky Aditya Ramadhan, menyatakan bahwa kemenangan ini menjadi motivasi bagi tim dalam menghadapi Porwarnas pada 19-26 Agustus 2024 mendatang di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

“Raihan juara ini menjadi motivasi kami menghadapi Porwarnas pada Agustus 2024 nanti. Sebab, selain berlatih kejuaraan seperti ini juga melatih mental tanding atlet. Sejak babak penyisihan awal semua lawan memberikan perlawanan yang sulit,” kata Lucky Aditya Ramadhan.

Dukungan dari KONI Kota Malang, Primaland, Papa Udang, Dea Bakery, dan UD Sinar Gadang juga turut memberikan sumbangan penting dalam kesuksesan tim SIWO Kota Malang PWI Malang Raya.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh atlet SIWO Kota Malang tersebut, yang turut mengharumkan nama organisasi dalam kejuaraan tersebut.

“Tentu kami bangga pada atlet yang membawa nama SIWO Kota Malang PWI Malang Raya. Mereka mengharumkan nama organisasi di kejuaraan tersebut,” kata Ketua PWI Malang Raya, Cahyono.(buang supeno/jk).

Continue Reading

Nasional

Pimpin Rakernis, Kadiv Humas Minta Jajaran Jaga Kepercayaan Masyarakat ke Polri

Published

on

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menggunting pita tanda dimulainya Rakernis Polri tahun 2024.

JAKARTA – Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho meminta seluruh jajaran agar dapat menjaga kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara.

Hal tersebut disampaikan Sandi dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Humas di Hotel Wyndham, Surabaya, Jawa Timur pada Senin (22/4) hari ini.

“Kepercayaan kepolisian oleh masyarakat adalah adalah harga mati yang harus kita jaga,” ujar Sandi dalam sambutannya.

Sandi mengingatkan untuk menghadapi pelbagai tantangan di masa depan, Humas tidak bisa lagi hanya berperan sebagai public speaking tetapi juga harus sebagai public relation.

Pasalnya, kata dia, Humas merupakan garda terdepan Polri dalam mengelola dan menyampaikan informasi kepada publik. Khususnya terkait kinerja dan capaian yang dilakukan Polri.

“Sehingga dapat membangun kepercayaan atau public trust serta reputasi agar Polri Presisi dapat terwujud dengan baik,” jelasnya.

Sandi menegaskan Humas Polri merupakan salah pilar penting untuk membangun kepercayaan publik dalam rangka memelihara ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Ia mewanti-wanti apabila kepercayaan publik menjadi menurun bukan tidak mungkin justru akan menyebabkan gangguan ketertiban masyarakat.

Oleh karenanya, Sandi memerintahkan seluruh jajaran Humas agar dapat hadir mengawal dan ikut hingga akhir dalam setiap agenda kepolisian baik yang bersifat rutin maupun khusus.

“Ini peran dari divisi humas untuk bisa menjaga, baik memulai, menjaga, menyertai kegiatan, maupun mengakhiri kegiatan, sehingga polisi tetap dipercaya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan Rakernis Humas tersebut turut dihadiri oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Kapolri Bidang Logistik Irjen Argo Yuwono, Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto. **.

Continue Reading

Trending