Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Kinerja Syarwani – Ingkong Ala Tuai Pujian Dari Mantan Bupati Bulungan

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si. (Kiri).

–Refleksi 3 tahun kepemimpinan, fokus penanganan layanan dasar

TANJUNG SELOR – Kegiatan selayang pandang 3 tahun kepemimpinan Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si dan Wakil Bupati Ingkong Ala.,SE.,M.Si yang digelar di Ruang Tenguyun Kantor Bupati Bulungan, Senin (26/2/2024).
Memaparkan capaian kinerja selama 1.065 hari (3 tahun) hingga langkah strategis yang terus dilakukan demi mewujudkan visi misi Kabupaten Bulugan berdaulat pangan maju dan sejahtera.

Potongan tumpeng oleh Bupati Syarwani S Pd M Si diserahkan kepada mantan Bupati Bulungan Drs H Budiman Arifin M Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut, wakil bupati, sekda, kepala OPD, kepala desa, camat serta seluruh perangkat daerah, termasuk mitra strtategis Kabupaten Bulungan dan juga Bupati Bulungan periode 2005 – 2015 Drs. H. Budiman Arifin, M.Si. Yang memberikan testimoni terkait keberhasilan pembangunan tiga tahun masa kepemimpinan Syarwani-Ingkong Ala.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bulungan, Syarwani.,S.Pd.,M.Si mengatakan masyarakat Bulungan tentu bisa melihat dan merasakan hingga memberi penilaian terhadap kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Bulungan saat ini.
“Sebagaimana saya sampikan raport penilaian salama 3 tahun berada di tangan masyarakat Bulungan. Jika berbicara capaian terbesar tentu subjektivitas kita,”ungkapnya, Senin (26/2/24).

“Tentu masih banyak PR (pekerjaan rumah) besar untuk melaksanakan pembangunan serta mencapai visi misi Bulungan dengan 15 program prioritasnya. Dengan agenda yang terus kita laksanakan,”sambungnya.

Bupati menjelaskan, ketika berbicara tentang ketahanan pangan, satu desa satu produk, peningkatan hasil mutu pertanian. Hal tersebut merupakan program yang di terjemahkan dari visi misi Bulungan berdaulat pangan maju dan sejahtera.

“Saya bersama pak wakil, tidak akan memberikan komentar terkait capaian. Tentu raport hari ini (3 tahun kepemimpinan) kami serahkan pada masyaralat Bulungan. Yang berhak menilai bersama seluruh jajaran pemerintah daerah,”jelasnya.
Dirinya berharap, seluruh jajaran perangkat daerah serta masyarakat bersama-sama melangkah, bergandengan tangan dengan semangat tenguyun. Bergotong royong bersinergi, dengan tagline Bulungan BISA (Berdaulat, Inklusif, Sinergi dan Adaptif).

“Kita ingin terus melangkah menciptakan kemajuan yang berdampak langsung bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan,”harapnya.

Tak lupa bupati, mengucapkan terimakasih serta apresiasi pada seluruh kepala desa, kelurahan serta camat se-Kabupaten Bulungan.
“Tanpa adanya dukungan para kepala desa, kelurahan dan kecamatan se-Kabupaten Bulungan. Kita tidak bisa mencapai apa yang kita rasakan hari ini,”tuturnya.

Menurutnya, segala capaian pembangunan hingga prestasi yang berhasil ditorehkan selama ini. Merupakan kerja kolektif bukan hanya kerja bupati dan wakilnya saja.

“Capaian ini bukan kerja bupati dan wakilnya saja, merupakan kerja kolektif seluruh jajaran Pemda. Sampai jajaran perangkat 74 desa, 7 keluarah dan 10 kecamatan,”terangnya.

Meski demikian, di usia 3 tahun kepemimpinanya masih ada Pekerjaan Rumah (PR) besar terutama berkaitan infrastruktur. Meski dengan keterbatasan yang ada, peningkatan infrastruktur terus dilakukan secara bertahap.
Salah satunya akses Jalan Salimbatu, 3 wilayah di Hulu Sungai Kayan, Pulau Bunyu dan seluruh wilayah di Bulungan. Termasuk pemenuhan kebutuhan layanan dasar, khusunya bidang kesehatan dan pendidikan yang terus dilakukan peningkatan.

“Kebutuhan layanan dasar bidang kesehatan, pendidikan termasuk ifrastruktur benar-benar menjadi atensi dan perhatian pemerintah daerah. Sekalipun dengan anggaran terbatas, kita kerjakan sesuai kemampuan,”katanya.

Dalam upaya mendukung kegiatan investasi di Bulungan, pihaknya mengajak seluruh jajaran perangkat daerah, termasuk kepala desa. Untuk ikut mengawal kegiatan investasi yang berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kita kawal kegiatan investasi di Bulungan saya yakin kehadiran investasi memberi dampak positif dalam percepatan pembangunan. Menciptakan peluang perputaran ekonomi di tengah masyarakat tanpa harus intervensi APBD,”jelasnya.

Pemenuhan kebutuhan dasar hingga infrastruktur merupakan gambaran besar yang harus dihadirkan di tengah masyarakat. Seperti yang disampaikan H. Budiman Arifin.
“Kita bukan melakukan hal baru tapi melanjutkan apa yang telah diletakan oleh pemimpin Bulungan sebelumnya. Kita lanjutkan, perbaiki dan sempurnakan. Sehingga keberlanjutan pembangunan dari pemerintahan satu ke yang lainya bener-benar berjalan baik,”terangnya.

Dirinya menambahkan, Pemda serta seluruh jajaranya, tidak akan melupakan sejarah dengan apa yang diletakan oleh para pemimpin Bulungan sebelumnya.

“Kita melanjutkan pembangunan yang telah diletakan oleh pemimpin Bulungan sebelumnya. Namun kita perbiki, sempurnakan mengikuti dinamika masyarakat saat ini,”pungkasnya. * jk/dkisp.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Menuju Bulungan Berdaulat Pangan

Published

on

Infografis.

TANJUNG SELOR – Upaya serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan sesuai visi “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera”. Salah satunya dengan pengembangan komoditas kakao yang memiliki nilai ekonomis tinggi, tiap tahun angka produksinya terus meningkat.

Dari data Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, angka luas lahan perkebunan kakao tahun 2021 Bulungan 533 hektar dengan angka produksi per tahun mencapai 53,72 ton. Tahun 2022 luas tanam kakao 636 hektar dengan produksi 63,03 ton, 2023 luas tanam 784 hektar, dengan angka produksi 100,58 ton.

Saat ini tiap wilayah kecamatan atau desa di Bulungan, telah dipetakan dan ditetapkan jenis komoditas yang sesuai potensi wilayah tersebut. Sehingga tiap desa atau kecamatan terdapat sentra-sentra komoditas tertentu.

Sejak 2021 Pemkab Bulungan secara konsisten telah membagikan jenis bibit kakao unggul bagi kelompok tani dan masyarakat.

Tahun 2021 sebanyak 7.000 polybag, tahun 2022 sebanyak 50.000 polybag, tahun 2023 sebanyak 110.000 polybag, tahun 2024 sebanyak 95.000 polybag.

Dalam jangka waktu 4 tahun terakhir Pemkab Bulungan melalui Dinas Pertanian telah membagikan sebanyak 262.000 polybag bibit kakao unggul. Selain itu dalam jangka waktu 4 tahun terakhir sedikitnya 83 ton pupuk organik telah dibagikan, termasuk 200 botol pupuk cair. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Syarwani Resmikan Rumah Produksi Biji Kakao Siap Saji di Desa Pejalin

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bersama perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si membuka secara resmi rumah produksi kakao menjadi produk siap konsumsi, berupa bubuk coklat hingga coklat batang yang berada di Desa Pejalin, kecamatan Tanjung Palas, Rabu (22/05/2024).

Peresmian itu dilaksanakan sebelum Bupati bersama rombongan melanjutkan Ke Desa Antutan

Yang didampingi l Wakil Bupati Ingkong Ala, S.E.,M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Risdianto S.Pi.,M.Si, pimpinan perangkat daerah serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dirumah produksi ini, kakao diolah menjadi bubuk coklat dan dikemas secara menarik sehingga siap dipasarkan.

Untuk kita ketahui Pemkab Bulungan melalui dana Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Tekhnologi (TAKE), telah memberikan 7 mesin pengolah coklat untuk rumah produksi coklat di Desa Pejalin.
Mulai dari mesin sangrai kakao atau coklat, mesin pemecah kulit, mesin pemasta kasar coklat, mesin pengempa minyak dan lainnya.

Proses hilirisasi produk kakao ini akan memberikan dampak ekonomi secara luas bagi masyarakat. Dan tentu akan memacu semangat para petani kita, karena ada jaminan pemasaran produk pertanian mereka. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Bulungan Apresiasi Penghargaan Kalpataru Untuk Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau

Published

on

SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

TANJUNG SELOR – Atas nama pribadi, dan juga Pemerintah
Kabupaten Bulungan, Bupati Syarwani S Pd M Si menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas diperolehnya penghargaan Kalpataru 2024 oleh Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau Sajau, kecamatan Sekatak.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan khususnya warga Punan Batu Benau, ” ujar Bupati Syarwani.

Keberhasilan itu sendiri, terverifikasi sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) Nomor 574 Tahun 2024, tentang Penganugerahan Penghargaan Kalpataru Tahun 2024.
yang masuk dalam Kategori Penyelamat Lingkungan. Raihan ini merupakan salah satu dari 10 penerima penghargaan Kalpataru tahun ini.

“Sekali lagi selamat, dan jadikan penghargaan ini untuk memicu semangat untuk terus berkarya, berinovasi dan semakin peduli terhadap lingkungan kita, ” tutup Bupati Syarwani. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending