Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Kapolda Kaltara Bantu Sumur Bor dan Fasilitas Air Bersih ke Ponpes Fatimah Az Zahra

Published

on

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren Fatimah Az Zahra yang diterima langsung oleh pimpinan pondok Jimy Nasrun SP.

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara menggelar kegiatan bakti sosial sebagai bentuk kehadiran Polri di tengah-tengah Masyarakat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan mendasar, Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, menyerahkan bantuan pembuatan sumur bor dan pemasangan instalasi air bersih kepada Santri Pondok Pesantren Az Zahra, Desa Gunung Sari Tanjung Selor, Kamis (24-08-2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol. Yusup Rahmanto, S.I.K, M.H, Karolog Polda Kaltara Kombes Pol. Dahana, S.H, dan Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat, S.I.K, M.Si,.

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud nyata dari komitmen Polda Kalimantan Utara untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akses air bersih, terutama dalam kondisi kekeringan yang diperparah oleh fenomena El Nino.

Bantuan berupa sumur bor ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi Santri – santri Pondok Pesantren Az Zahra yang selama ini mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air yang memadai.

“Kami bersama-sama seluruh elemen membantu sumur bor dan pompa air kepada Santri di Pondok Pesantren Az Zahra” kata Kapolda Kaltara.

Selain pembuatan sumur bor, Polda Kaltara juga memberikan peralatan dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk pompa air, tangki penyimpanan, instalasi pipa dan pengecetan keramik kamar mandi WC agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh santri – santri. Hal ini diharapkan akan memudahkan akses masyarakat terhadap air bersih, terutama selama periode musim kemarau.

Kapolda Kaltara berharap bahwa bantuan sumur bor air bersih dan perbaikan kamar mandi ini dapat membantu meringankan beban para santri – santri yang sedang menghadapi kesulitan air akibat cuaca yang ekstrem. Pihaknya juga menegaskan bahwa Polri tidak hanya hadir dalam tugas-tugas penegakan hukum, tetapi juga turut berkontribusi dalam membantu masyarakat melewati berbagai tantangan dan kesulitan yang dihadapi.

“Saya sering mendapatkan informasi dari personil Polda yg sering lewat dan melihat adik-adik santri berjalan sambil membawa peralatan mandi dan mandi di sungai. Sehingga kami berfikir bahwa bantuan berupa sumur bor dan perlengkapannya adalah yang sangat dibutuhkan oleh adik-adik santri.” ungkapnya.

Kapolda menambahkan, “Mudah-mudahan di fase musim kemarau sekarang ini sumur bor dan pompa air ini bisa dimanfaatkan masyarakat di sekitar sini.”

Kegiatan bakti sosial ini juga menjadi contoh positif tentang bagaimana aparat kepolisian dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di luar tugas-tugas penegakan hukum. Polda Kaltara menegaskan bahwa kegiatan serupa akan terus dilakukan di masa depan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. **.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POLDA KALTARA

Acara Pisah Sambut 5 PJU Polda Kaltara dan 3 Kapolres Jajaran

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si. menyalami para PJU yang akan pindah ketempat tugas yang baru.

TANJUNG SELOR – Begitu singkat waktu ini berlalu mengantarkan perjalanan tugas pejabat di Polda Kaltara Begitu banyak hal baik yang telah diberikan untuk Polda Kaltara Datang membawa harapan, pergi meninggalkan kenangan.

Begitu bunyi pepatah yang disampaikan oleh MC dalam acara kenal pamit terhadap 5 ( lima ) Pejabat Utama Polda Kaltara dan 3 ( tiga ) Kapolres Jajaran bertempat di Pojok Lensa Gedung B Mapolda Kaltara, Selasa (23/07/2024).

Adapun pejabat utama Polda Kaltara yang mengalami pergantian yaitu Karo Ops (Kombes Pol. Prasodjo Wibowo), Dirresnarkoba (Kombes Pol. Agus Yulianto, S.Sos, S.I.K, M.Si), Dansat Brimob (Kombes Pol. Yohanes Jalung Siram, S.I.K ), Kabid TIK (Kombes Pol. Budi Rochmat, S.I.K) dan Kabid Dokkes (Kombes Pol. Drg. Nanang Mulyadi, MM) sedangkan Kapolres Jajaran yaitu Kapolres Tarakan (AKBP Ronaldo Maradona Siregar, S.H., S.I.K), Kapolres Nunukan (AKBP Taufik Nurmandya, S.I.K., M.H.) dan Kapolres KTT (AKBP Didik Purwanto, S.H.,S.I.K.,M.H.)

Para Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran yang mengalami rotasi jabatan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama bertugas di Polda Kaltara dihadapan Bapak Kapolda Kaltara, Wakapolda Kaltara, Irwasda Polda Kaltara, PJU lainnya dan Personil Polda Kaltara.

Tak kenal maka tak sayang Tak sayang maka tak cinta Maka dari itu diberikan kesempatan bagi Pejabat baru untuk memperkenalkan diri yaitu Kombes Pol. Yohanes Jalung Siram, S.I.K sebagai Karo Ops Polda Kaltara, Kombes Pol. Erlin Tangjaya, S.H., S.I.K sebagai Dirresnarkoba Polda Kaltara, Kombes Pol. Sarly Sollu, S.I.K., M.H sebagai Dansat Brimob Polda Kaltara, Kombes Pol. Yudhistira Midyahwan, S.H., S.I.K., M.Si sebagai Kabid TIK Polda Kaltara dan Kombes Pol. dr. Cornelius Bambang Widhiatmko, Sp.F sebagai Kabid Dokkes Polda Kaltara.

Sedangkan Kapolres baru di Jajaran Polda Kaltara yaitu AKBP Adi Saptia Sudirna, S.I.K, M.H sebagai Kapolres Tarakan, AKBP Bonifasius Rumbewas, S.I.K,. sebagai Kapolres Nunukan dan AKBP Erwin Syahputra Manik, S.H., S.I.K., M.H sebagai Kapolres KTT.

Dalam kesempatan kenal pamit tersebut Bapak Kapolda dan Wakapolda Kaltara memberikan cinderamata kepada pejabat lama.

Dalam amanat Kapolda Kaltara menyampaikan ucapan trimakasih kepada Pejabat lama dan Kapolres Jajaran atas dedikasi dan kinerja yang baik yang telah diberikan selema bertugas di Polda Kaltara dan kepada pejabat baru agar cepat beradaptasi dengan Polda Kaltara maupun Polres Jajaran demi menghadapi tugas – tugas ke depan yang semakin kompleks, tutupnya. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Kapolda Kaltara Pimpin Serah Terima Jabatan Sejumlah Pejabat Utama

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si.

TANJUNG SELOR – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, memimpin langsung upacara serah terima jabatan Pejabat Utama Polda Kaltara serta Kapolres Jajaran di daerah Kalimantan Utara yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolda Kaltara, Selasa (23/07/2024).

Dalam upacara serah terima jabatan tersebut Kapolda Kaltara turut membacakan sumpah jabatan serta pemasangan tanda jabatan.

Kapolda Kaltara menyebutkan rotasi jabatan merupakan suatu hal yang biasa bergeser dari satu jabatan ke yang lain di tubuh Polri.

“Serah Terima Jabatan merupakan bagian dari proses penyegaran, Regenerasi serta Manifestasi dari Tour of Duty maupun Tour of Area yang sangat penting bagi Organisasi maupun Pejabat yang bersangkutan dan Kami berharap pejabat yang baru bisa membantu tugas tugas-tugas Polda Kaltara maupun Polres jajaran agar bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Adapun pejabat yang dilantik adalah Karo Ops Polda Kaltara yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Prasodjo Wibowo dimutasi menjadi Auditor Kepolisian Madya TK. II Itwasum Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Pol Yohanes Jalung Siram, S.I.K. yang sebelumnya bertugas di Dansatbrimob Polda Kaltara dan juga digantikan oleh Kombes Pol Sarly Sollu, S.I.K., M.H. dengan Jabatan sebelumnya Wakapolres Metro Jakbar Polda Metro Jaya Diangkat dalam jabatan baru sebagai Dansatbrimob Polda Kaltara.

Selanjutnya Dirresnarkoba Polda Kaltara Kombes Pol Agus Yulianto, S.Sos., S.I.K., M.Si. dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Madya TK. III Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri Posisinya digantikan oleh Kombes Pol Erlin Tangjaya, S.H, S.I.K, yang jabatan Sebelumnya Dirresnarkoba Polda Lampung.

Kemudian Kabid TIK Polda Kaltara Kombes Pol Budhi Rochmat, S.I.K,. dimutasi menjadi Dirbinmas Polda Kaltara yang posisinya di gantikan oleh Kombes Pol Yudhistira Midyahwan, S.I.K, S.H, M.Si,. yang jabatan sebelumnya yaitu Auditor Sispamobvitnas TK. III Baharkam Polri.

Lalu Kabiddokkes Polda Kaltara Kombes Pol. Drg. Nanang Mulyadi, M.M, dimutasi menjadi Kabiddodontopol Rodokpol Pusdokkes Polri yang digantikan Kombes Pol dr. Cornelius Bambang W, Sp.F. jabatan sebelumnya Karumkit Bhayangkara TK. III Tulungagung Biddokkes Polda Jatim.

Sedangkan untuk pejabat Kapolres Tana Tidung yang sebelumnya dijabat AKBP Didik Purwanto, S.H., S.I.K. dimutasi menjadi Kasubbagnevdalpuanpers Baganev Rojianstra SSDM Polri. Dia digantikan oleh AKBP Erwin Syahputra Manik, S.H., S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 4 Dirtreskrimsus Polda Kaltara.

Berikutnya Kapolres Nunukan yang dijabat oleh AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H. digantikan AKBP Bonifasius Rumbewas, S.I.K, yang sebelumnya sebagai Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda Kaltara.

Lalu yang terakhir ada Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar, S.I.K., S.H. yang dimutasi menjadi Wadirpolairud Polda Metro Jaya. dan di gantikan oleh AKBP Adi Saptia Sudirna, S.I.K., M.H. yang jabatan sebelumnya adalah Kasubditregident Ditlantas Polda Kaltara

“Saya ingin mengucapkan Selamat dan Sukses Kepada Pejabat Utama yang Mutasi, semoga sukses di dalam pelaksanaan tugas, Terima Kasih telah mengabdi dan memberi warna pada Polda Kalimantan Utara” ucap Kapolda Kaltara.

Agenda sertijab ini dihadiri oleh pejabat utama Polda Kaltara, Kapolresta/Kapolres dan jajaran serta Personel Polda Kaltara. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Wakapolda Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri Gel.II TA.2024 SPN Polda Kaltara

Published

on

Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.H., S.I.K., M.H.

MALINAU– Kepolisian Daerah Kalimantan Utara menggelar Upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri (Diktukba) Gelombang II TA 2024 di Lapangan SPN Polda Kalimantan Utara Kabupaten Malinau, Senin (22/07/2024).

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Wakpolda Brigjen Pol. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.H, S.I.K, M.H, serta dihadiri Kepala BNN Provinsi Kaltara Brigjen. Pol. Hisar Siallagan, S.I.K, Ketua DPRD Kab. Malinau Ibu Ping Ding, Pejabat Utama Polda Kaltara, Komandan Kodim 0910 Malinau, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo S.H., S.I.K., M.H, Perwakilan BIN Daerah Kalimantan Utara, Komandan Pos AL Malinau, Sekda Kab. Tana Tidung, Perwakilan Lembaga Adat Malinau, Orang tua siswa polri dan tamu undangan lainnya.

Sebanyak 121 siswa akan menjalani pendidikan selama 5 bulan di SPN Polda Kalimantan Utara. Pembukaan pendidikan ditandai dengan pembacaan pernyataan pembukaan pendidikan dan penyematan tanda pangkat siswa oleh Wakapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.H, S.I.K, M.H,.

Wakapolda Kaltara saat membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si, mengatakan bahwa keberhasilan para siswa yang telah dinyatakan lulus dan ditetapkan sebagai peserta didik merupakan hasil dari perjuangan panjang, tekad, dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk keluarga.

“Pendidikan di lingkungan kepolisian memiliki peran yang sangat penting, dalam mempersiapkan para calon anggota Polri untuk menghadapi tugas dan tanggung jawab yang kompleks. Di sini, kita tidak hanya membentuk sikap profesionalisme, tetapi juga mengasah sikap kepemimpinan, etika, dan keterampilan interpersonal yang diperlukan untuk melayani masyarakat dengan baik,” ucap Wakapolda Kaltara.

Wakapolda Kaltara menambahkan, di SPN ini saudara-saudara akan dididik, di tempa dan dilatih untuk menjadi insan Bhayangkara yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik.

“Oleh karena itu laksanakanlah seluruh tahapan pendidikan secara profesional. Tanamkan nilai nilai disiplin dan integritas sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai tribrata dan catur prasetya dengan penuh keteladanan,” ungkap Wakapolda.

Pendidikan pembentukan bintara dan tamtama polri gelombang II tahun anggaran 2024 diselenggarakan secara serentak di beberapa tempat di Indonesia, dengan total peserta didik sebanyak 14.288 orang.

Beliau juga menambahkan Pendidikan di SPN Polda Kaltara bukan hanya proses belajar mengajar, tetapi juga sebuah perjalanan untuk membentuk karakter sebagai seorang Polisi yang memiliki jiwa pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Seluruh proses pendidikan diharapkan dapat berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diharapkan”, harapnya.

Wakapolda berharap agar para peserta didik dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan baik dan lancar serta menjadi anggota Polri yang berkualitas dan dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Diharapkan bahwa melalui tiga elemen ini, para calon Bintara Polri dapat menjadi insan Tri Brata yang profesional, bermoral, dan memiliki integritas yang baik,” ungkap Wakapolda Kaltara. **.

Continue Reading

Trending