Connect with us

Berita Bulungan

Mengintip Aktivitas Sekolah Rimba Punan Logpond Desa Apung Binaan PT PKN

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – Tim Comunity Development (Comdev) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) terus berupaya membangkitkan gairah atau semangat anak-anak suku Punan yang bermukim di logpond pinggiran desa Apung Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara untuk belajar disekolah rimba yang ada didesa tersebut.

Aktifitas belajar mengajar di sekolah Rimba warga Punan Logpond Desa Apung Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Diwawancarai media ini, Kun Prayogi Herlambang S Ikom, Eksternal PT PKN dan Agus yang membidangi urusan pendidikan, menjelaskan, kehadiran PT PKN disana secara langsung ingin berpartisipasi dengan masyarakat khususnya kepada saudara-saudara kita Punan Logpond. “Secara khusus kehadiran kita untuk kelompok percepatan Sumber Daya Manusia (SDM) warga minoritas seperti etnis Punan Logpond tersebut, ” kata Kun Prayogi Herlambang.

Secara kebetulan pemukiman mereka juga sangat dekat dengan site PT PKN. Maka sudah menjadi keharusan dari pihak perusahaan untuk hadir ditengah-tengah warga itu.

Ide awal hadirnya sekolah Rimba ini tambah Yogi, hanya melalui kedekatan-kedekatan individu yang merasa peduli.

“Akhirnya kita masuk kemasyarakat sekaligus melakukan pasilitasi apa saja yang bisa dibantu agar ide mendirikan sekolah Rimba bisa segera terwujud, ” tegasnya.

Awalnya belajar hanya melantai, secara perlahan pihak perusahan membantu menyiapkan meja, kursi, buku-buku dan peralatan menunjang dalam proses belajar mengajar dimaksud. “prinsipnya yang sederhana saja asal proses belajar bisa segera terlaksana sebagaimana mestinya, ” tambah Yogi.

Mencermati kondisi psikis anak-anak, sangat bervariasi sekali, mulai dari usia 5 tahun hingga 17 tahun. Mereka sangat tertinggal dari segi pengetahuan atau animo ingin belajarnya.

“Jadi langkah awal kita menyamakan persepsi dulu, mereka didorong untuk berkeinginan hadir disekolah saja sudah cukup, ” ungkapnya.

Yang sangat menggembirakan sekali lanjutnya, saat ini sudah banyak atensi-atensi dari luar, harapannya dalam hal ini kita tidak menginginkan adanya pengaruh negatif terhadap masyarakat Punan itu sendiri.

Karena sesuai keinginan awal nya bagaimana mereka ingin merubah tarap hidupnya melalui pola belajar yang dilaksanakan secara bertahap tapi tetap bisa mencapai sasaran yang sudah ditetapkan.

“Karena nya kedepan ada pemikiran untuk merubah konsep sekolah lebih luas lagi untuk peningkatan tarap pendidikan tersebut, ” kata Yogi lagi.

Berbicara target, yang penting mereka mau hadir disekolah saja sudah cukup bagus. Yang awal nya hanya 5 orang secara perlahan terus bertambah.

“Seiring berjalan nya waktu sekarang jumlah murid sudah mencapai 32 orang, ” imbuhnya.

Beberapa komunitas-komunitas lain juga mulai hadir membantu mengajar. dampak nya sangat signipikan sekali, yang dulunya anak-anak hanya hadir saja mereka sekarang sudah serius menyimak setiap pelajaran yang disampaikan oleh pengajar.

“Tidak hanya anak-anak, beberapa dari orang tua mereka juga kadang ikut kesekolah, ” tandas Kun Prayogi Herlambang.

Jadi konsep awal yang dibangun sudah mulai mengena, artinya untuk belajar tidak hanya anak-anak mereka akan tetapi orang tuanya juga sudah mulai ikut.

Harapan lain dengan pola ini kedepan warga dimaksud secara perlahan tapi pasti dapat merubah tarap hidupnya. Minimal bisa menetap secara terus menerus ditempat yang mereka huni saat ini.

Semoga kedepannya masyarakat Punan Logpond bisa berdaya saing dengan masyarakat -masyarakat yang lain nya. Bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah maupun nasional.

Mengingat sekarang ini untuk Punan Logpond hanya banyak disorot ketertinggalan nya. Padahal mereka sangat memiliki potensi yang baik ketika ada pendampingan secara terus menerus.

“Kepada pemerintah dan stake holder terkait maupun pihak-pihak swasta lain nya yang ada dilingkup desa Apung bisa seiring sejalan dengan konsep bersama yang matang dan terpadu supaya masuk nya tidak secara sporadis melainkan telah terpola dengan baik, ” tutup Kun Prayogi Herlambang.

Secara terpisah Siti Hajar, pengasuh sekolah Rimba yang juga disebut sebagai pondok belajar Punan Pesisir kepada media ini mengatakan, berawal dari rasa empati maka berdirilah pondok belajar dimaksud. “Dimana selama ini anak-anaknya berusia pendidikan tapi tidak pernah mengenyam artinya bangku sekolah, ” ujarnya.

Hajar, tenaga pendidik sekolah Rimba pondok belajar Punan Pesisir Logpond desa Apung kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Untuk anggaran operasional Hajar menambahkan, selain anggaran pribadi juga ada bantuan dari beberapa teman-teman komunitas, ” katanya.

Yang tidak kalah penting PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) sangat membantu sekali. Tidak hanya biaya akan tetapi beberapa tenaga Comdev dan Eksternal juga turut menjadi pengajar disana.

Untuk bangunan sekolah kata Hajar, merupakan milik pribadi, asal bisa dimanfaat kan. Tentu kedepan juga dibutuhkan sekali sebuah gedung sekolah yang representatif.

“Kita tetap butuh ruangan, kantor aula bermain dan ruangan untuk kegiatan lain nya, ” tambah Hajar.

Mengingat usia mereka beragam, tentu ada tingkat kesulitan dalam memberikan materi pelajaran. “Idealnya mereka harus dipisah perkelas sesuai usianya, ” kata Hajar lagi.

Termasuk kebutuhan tenaga pengajar yang spesifik dibidang nya juga sangat dibutuhkan sekali. “Semoga pondok belajar ini kedepan bisa berkembang pesat, ” harap Jaja sapaan akrab Hajar. * jk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

DPRD Bulungan

DPRD Mendukung Program Pemkab Untuk Menjadikan “Bulungan Berdaulat Pangan”

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – DPRD Bulungan mendukung penuh visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk program “Bulungan Berdaulat pangan”. Agar kesiapan stok pangan daerah selalu tersedia, sekaligus juga untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Perihal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, kepada media ini diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

“Intinya kita dari DPRD Bulungan tetap mendorong pemerintah untuk program ketahanan pangan ini, ” ujar Kilat.

Karena bagaimanapun soal stok pangan yang tercukupi merupakan kebutuhan yang tak bisa ditunda, dibutuhkan oleh semua orang.

Kilat menambah kan, untuk menunjang operasional petani, ia mengakui sejak beberapa tahun terakhir Pemkab Bulungan sudah berupaya membangun jalan usaha tani dan program percetakan sawah dibeberapa kecamatan. Hasilnya terlihat sangat memuaskan. Dimana saat ini produksi padi dan jenis pertanian lain nya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hanya saja untuk kelangsungan pertanian, pengkaderan terhadap petani remaja sejak sekarang sudah harus dimulai. Supaya kelak petani kita selalu ada dan alih generasinya tetap terjaga.

“Untuk menyiapkan petani remaja atau petani muda ini memang merupakan tugas yang berat, tapi bila kita sungguh-sungguh melakukan pembinaan semuanya bisa berjalan dengan baik, ” kata Kilat.

Dalam hal ini peran orang tua juga sangat diharapkan. Bagaimana meyakinkan anak-anak nya bahwa sektor pertanian tidak kalah menjanjikan bila diusahakan dengan sungguh-sungguh. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending