Connect with us

Berita Kaltim

PWI Kaltim Gelar Konferprov, Memilih Ketua Periode 2024 – 2029

Published

on

Achmad Shahab, Plt Ketua PWI Kaltim.

SAMARINDA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Timur menggelar Konferensi Provinsi (Konferprov) yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal mewakili Sekdaprov Sri Wahyuni, Sabtu (27/04/2024). Bertempat di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pengurus PWI pusat yakni Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sekedang, Ketua Bidang Pembinaan Daerah M. Harris Sadikin, dan Wakil Sekretaris 1 Raja Parlindungan Pane bertujuan untuk penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus PWI Kaltim pada periode 2019-2024 dan pemilihan Ketua PWI Kaltim yang baru serta Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut Faisal menuturkan pers sebagai pilar keempat demokrasi yang menfasilitasi pertukaran informasi dan menjadi mitra penting bagi pemerintah. Dengan sinergi yang sudah dibangun selama ini, dirinya berharap kepengurusan yang baru agar tetap menjalankan program-program lama yang baik dan berinovasi kedepannya.
“Jadi, tidak mulai dari nol lagi, melainkan terus lanjutkan program-program dan sinergi yang sudah terbangun dengan baik, dan ciptakan program-pogram baru yang bermanfaat, terutama penting dan manfaatnya bisa Iangsung dirasakan oleh seluruh anggota,” ujar Faisal.

Sebelumnya Pllt Ketua PWI Kaltim, Achmad Shahab menjelaskan, konferprov PWI Kaltim ini diadakan dengan dua agenda utama. Pertama, adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus PWI Kaltim periode 2019-2024. Kedua, adalah pemilihan Ketua PWI Kaltim yang baru serta Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim.

“Pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya menjadi fokus utama acara, diikuti oleh pemilihan Ketua PWI untuk periode 2024-2029,” ujar Shahab kepada Jurnalborneo.com di sela-sela acara.

Ia juga menjelaskan bahwa pemilihan tersebut dipercepat karena kekosongan kepemimpinan yang terjadi setelah Ketua sebelumnya, Endro S Effendi, diangkat menjadi pengurus di PWI Pusat di Jakarta.

“Total pemilih dalam Konferprov ini mencapai 188 orang berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah terverifikasi dari anggota PWI se Kalimantan Timur yang ada beberapa cabang seperti Berau, Kutim, Kubar, Balikpapan dan daerah lainnya,” lanjutnya.

Menurut Shahab , proses verifikasi dilakukan untuk memastikan keaktifan anggota PWI, dengan memberikan kesempatan bagi anggota yang tidak aktif untuk mengaktifkan kembali keanggotaannya.

“Dengan diadakannya Konferprov ini, diharapkan literasi dan partisipasi anggota PWI Kaltim semakin meningkat, serta terjaga keberlangsungan organisasi wartawan,” pungkasnya.(jb/jalia/jk).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim

Ika Pakarti Siapkan Kader terbaiknya Bangun Kaltim

Published

on

Rusmadi Wongso (tengah) bersama keluarga Ika Pakarti.

SAMARINDA – Keluarga besar Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ika Pakarti) dibentuk untuk mengedepankan 3 aspek yakni kebangsaan, nilai luhur bangsa dan gotong royong sehingga dapat guyub rukun dan saling menguatkan satu sama lain.

Hal ini kembali diingatkan Rusmadi Wongso, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ika Pakarti Kalimantan Timur, saat acara halal bihalal Ika Pakarti yang berlangsung di UPTD. Taman Budaya, jalan Kemakmuran Sungai Pinang Dalam Samarinda, Sabtu, (11/5/2024).

“Ika Pakarti merupakan organisasi kemasyarakatan yang tidak berafiliasi ke politik, tetapi Ika Pakarti tetap akan menyiapkan tokoh terbaiknya karena Ika Pakarti tidak buta akan politik,” tegas Rusmadi Wongso yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Samarinda, saat disinggung suksesi Kepemimpinan di Provinsi Kalimantan Timur di tahun ini.

Sejauh ini, menurut Rusmadi, banyak nama-nama yang muncul berasal dari Ika Pakarti Kaltim seperti Seno Aji, Samsun dan Nidya Listiyono di DPRD Kaltim, juga Syarifatul Sa’diyah yang juga di gadang-gadang oleh Golkar untuk maju sebagai Bupati Kabupaten Berau.

“Saya kira banyak pihak yang menghendaki tokoh-tokoh Jawa dan sudah kewajiban kami untuk menyiapkan tokoh yang dianggap partai politik siap untuk memberikan pengabdian terbaik untuk daerah,” tambah Rusmadi.

Dalam berbagai kegiatan, menurut Rusmadi tokoh Jawa dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Timur ini banyak melakukan diskusi dan internalisasi untuk mempersiapkan tokoh-tokoh asal Tanah Jawa yang mengabdi untuk Provinsi Kalimantan Timur ini. Salah satunya menggelar acara halal bihalal, guna mempererat tali silaturahmi antar paguyuban Tanah Jawi di Kalimantan Timur.

Acara halal bihalal dengan mengangkat tema “Pesta Seni Budaya & Kuliner Tradisional Tanah Jawi”, berlangsung meriah dengan ragam penampilan seni dan kuliner khas tanah jawi yang telah disiapkan.

DISIAPKAN SATU BULAN LALU

Ketua Panitia Halal bi halal Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi, Achmad Zaini mengatakan halal bihalal Ika Pakarti ini telah disiapkan kurang lebih 1 bulan sebelumnya dan dijadikan momentum untuk mengumpulkan seluruh paguyuban Tanah Jawi di Kalimantan Timur.

“Ika Pakarti memang dari paguyuban kedaerahan dan paguyuban seni sehingga kita rekatkan kembali melalui momentum halal bihalal,” kata Achmad Zaini disela-sela pagelaran Seni Reog dengan menampilkan 7 Sanggar Seni Reog.

Lebih lanjut Acmad Zaini menjelaskan, acara yang merupakan langkah awal untuk kegiatan yang akan digelar kedepannya. “Hari ini mungkin hanya kuliner dan hanya beberapa yang menampilkan seni, kita usahakan kedepannya dari 36 paguyuban daerah itu bisa menampilkan seni ciri khas masing-masing,” jelas Zaini.

Sementara itu, Jainuri warga dari Ikatan Paguyuban Banyuwangi (Ikawangi) mengaku bahagia dengan diadakannya acara ini karena semakin membuat guyub seluruh paguyuban yang berada dibawah naungan Ika Pakarti Kaltim.

Dari stan makanan tradisional tampak paguyuban Ngapak menyuguhkan sroto dan mendoan untuk dinikmati secara gratis, dari Paguyuban Pati menyajikan Masakan Gandul dan Mangut ikan cucut, dan beberapa daerah menyuguhkan makanan ciri khasnya masing-masing dengan gratis dinikmati siapa saja yang hadir menyaksikan acara hiburan halal bI halal.

“Kami mengapresiasi dengan adanya hal ini, cukup alhamdulillah berkesannya itu pokoknya senang dan bahagia karena halal bihalal yang diadakan oleh Ika Pakarti,” ucap Bejo warga asal Gombong sumringah.

Sementara itu Anti pengunjung stan kuliner gratis menyampaikan sangat suka dengan berbagai makanan masakan khas Jawa. “Tadi kami habis perpisahan anak kami di gedung sebelah, mampir ke sini makan gratis,” pungkasnya sambil berlalu membawa rebusan jagung dan ubi jalar. *(mn/jk).

Continue Reading

Kaltim

RSUD AWS Samarinda Digeledah Kejaksaan Tinggi Kaltim, Sejumlah Dokumen dan barang Elektronik Disita

Published

on

Tim Penyidik Bidang Tindak Pidana KHusus Kejaksaan Tinggi Kaltim saat melakukan penggeledahan di RSUD AWS Samarinda.

SAMARINDA – Penggeledahan dan penyitaan paksa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda dilakukan Tim Penyidik Bidang Tindak Pidana KHusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, Selasa 7 Mei 2024.

Toni Yuswanto, SH, MH – Kasi Penerangan Hukum Kejati Kaltim mengatakan Penggeledahan ini berdasarkan Surat Perintah Penggeledahan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Nomor : Print-02/O.4.5/Fd.1/04/2024 tanggal 29 April 2024.

Dikatakan, proses penggeledahan dilakukan selama kurang lebih 3 jam sejak pukul 11.00 Wita s/d 14.00 Wita dan dari kegiatan penggeledahan, telah didapati beberapa dokumen dan barang bukti elektronik berupa 2 (dua) unit CPU;

“Terhadap Dokumen/Surat/Barang Bukti Elektronik (BBE) selanjutnya telah dilakukan penyitaan berdasarkan Surat Perintah Penyitaan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Nomor : Print-01/O.4.5/Fd.1/04/2024 tanggal 2 April 2024 dan seluruhnya dibuatkan Berita Acara Penyitaan dan Tanda Terima,” tulis Toni.

Dijelaskan, kegiatan penggeledahan dan penyitaan tersebut dilakukan, sehubungan dengan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam pembayaran tambahan penghasilan pegawai (TPP) tahun anggaran 2019 – 2022 pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Kota Samarinda berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Nomor : Print-05/O.4/Fd.1/02/2024 tanggal 29 Februari 2024.

Disebutkan, kasus. di RSUD AWS Samarinda setiap tahunnya merealisasikan Belanja Pegawai yang bersumber dari APBD, dimana salah satunya digunakan untuk membayar gaji pokok pegawai yang berstatus PNS, dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk pegawai yang berstatus PNS.

Diduga dalam kurun waktu tahun 2018 s/d 2022 telah terjadi manipulasi data penerima TPP sehingga pembayaran TPP (Tambahan penghasilan Pegawai) dilingkungan RSUD AWS yang ujungnya dipergunakan untuk kepentingan pribadi, dimana akibat perbuatan tersebut didapatkan potensi kerugian keuangan Negara sebesar lebih kurang 6 Milyar

“Tujuan dilakukannya penggeledahan dan penyitaan adalah untuk mencari dan mengumpulkan alat bukti dalam rangka kepentingan pembuktian perkara serta guna membuat terang tindak pidana yang terjadi,” pungkasnya.(*/mn/jk).

Continue Reading

Kaltim

Ketua PWI Kaltim Buka Konferensi PWI Kabupaten Berau

Published

on

Penyerahan Pataka dari ketua PWI Kaltim tanda dimulainya konferensi.

– Ingatkan pentingnya organisasi profesi, 

TANJUNG REDEB. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Berau menggelar konferensi untuk mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus lama sekaligus memilih ketua yang baru. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Parama, Tanjung Redeb pada Minggu (5/5) malam lalu, dibuka secara resmi oleh Ketua PWI Kaltim Abdurrahman Amin.

Dalam sambutannya, Rahman, sapaan Abdurrahman Amin kembali memamparkan program prioritas PWI Kaltim yang akan dilaksanakan selama periode kepemimpinannya. Rahman yang baru terpilih pada Konferensi Provinsi (Konferprov) di Samarinda pada 27 April 2024 lalu menyatakan bahwa program prioritas tersebut adalah mewujudkan hadirnya wartawan spesialis di Kaltim.

“Kalau dokter ada dokter spesialis, maka wartawan juga ada wartawan spesialis. Kita tahu kalau dokter spesialis itu sangat dicari-cari dan memiliki tingkat kesejahteraan yang baik. Maka wartawan yang sudah spesialis pun harus memiliki kemampuan dan kesejahteraan yang juga baik,” kata Rahman.

Rahman menambahkan, untuk mewujudkan hadirnya wartawan spesialis di Kaltim, pihaknya akan segera membentuk Lembaga Litbang PWI Kaltim. Lembaga ini bersifat semi otonom yang berada di bawah tanggung jawab PWI Kaltim. Lembaga yang nantinya fokus untuk menjalankan program wartawan spesialis tersebut.

“Kami akan mengelompokkan wartawan sesuai passion dan minatnya. Wartawan yang kegemarannya di hukum, akan kita fasilitas untuk mendalami ilmu hukum. Begitu juga jenis bidang lainnya, seperti bidang politik, olahraga dan kebudayaan,” kata Rahman.

Dalam konferensi ini, Yudhi Perdana kembali dipercaya memimpin PWI Berau untuk tiga tahun ke depan. Sebelumnya, Yudhi yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) surat kabar harian Berau Post ini juga memimpin organisasi tersebut di periode sebelumnya (2021-2024). Untuk diketahui, masa periodesasi PWI di tingkat kabupaten/kota dibatasi hanya 3 tahun. Sedangkan periodesasi PWI di tingkat provinsi hingga lima tahun.

Kepada Yudhi, Rahman berharap agar semua wartawan khususnya yang beraktivitas di Kabupaten Berau dapat bernaung di sebuah organisasi profesi, khususnya PWI. Jangan sampai ada wartawan di Berau yang tidak tergabung di organisasi. Karena organisasi itu penting sebagai wadah untuk terus meningkatkan kapasitas wartawan maupun sebagai bentuk perlindungan jika sewaktu-waktu terjadi masalah atau perselisihan yang dialami oleh wartawan di lapangan.

“Pengurus PWI di kabupaten/kota yang harus pro aktif. Menjemput bola. Memastikan wartawan di lapangan sudah bernaung di organisasi profesi,” katanya. (jb/jk*)

Continue Reading

Trending