Connect with us

Berita Ragam Kaltara

Makna Padaw Kesarag Orang Tidung Kaltara

Published

on

“Padaw” dalam bahasa Tidung yang berarti perahu atau sampan sangat memiliki arti yang dalam. Dimana pada saat tertentu keberadaan “Padaw” ini bisa menciptakan keakraban yang mendalam.

Seperti istilah “Kesarag Padaw” atau perahu kandas, biasanya ini kerap terjadi saat warga Tidung yang notabene banyak berprofesi sebagai nelayan tradisional ingin melaut, biasanya setiap perahu yang kandas akan ditarik secara bersama untuk menuju perairan yang dalam.

Belajar dari pola inilah secara langsung keakraban sesama orang Tidung terus tumbuh dan berkembang hingga sekarang.

Tidak hanya itu, setiap melaut juga pasti ada yang dituakan dalam kelompok, yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Tradisi ini juga terus dipertahan kan hingga sekarang, bahwa setiap generasi muda Tidung wajib taat kepada pemimpin maupun calon pemimpin yang dituakan.

Untuk diketahui, di Kalimantan Utara sendiri orang Tidung yang merupakan salah satu penduduk asli di Utara pulau Borneo tersebar mulai dari pesisir pantai hingga kewilayah pedalaman.

Faktanya diantara Muara Sungai Tubu dan Giram (Riyam) Mentarang Kabupaten Malinau terdapat salah satu sungai yang bernama sungai Tidung. Sedangkan diperbatasan Nunukan dan Tawau Sabah Malaysia terdapat salah satu monumen berupa batu yang disebut batu Tinagad yang dalam bahasa Indonesia Batu Ditebang.

Artinya secara turun temurun orang Tidung sudah lama menyebar luas, hingga kemanca negara.

Istilah “ULUN PAGUN NYAPUL ANAK PAGUN” yang artinya Orang Tidung Wajib Membantu Anak Tidung juga masih relevan hingga sekarang. *

Penulis : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam Kaltara

Ini dia pembangunan inftastruktur diera Dr H Irianto Lambrie di Provinsi Kalimantan Utara

Published

on

Dr H Irianto Lambrie.

– Dua Unit Bangunan Kantor Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara.

– Gedung Kantor Gabungan Dinas (Gadis).

– Gedung Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perkim.

– Gedung Kantor Dinas Kesehatan.

– Gedung Kantor Perpustakaan.
Balai Gudang Obat.

– Kantor Inspektorat.

– Kantor BIN di Tarakan.

– Guest Hous di Tarakan.

– Hanggar Speedboat Kaltara 1,2 dan 3.

– Perluasan Pelabuhan SDF Tarakan.

– Pelabuhan Fery Bunyu.

– RS Pratama Sebuku.

– RS Pratama Krayan.

– Hadirnya Korem dan Polda Kaltara.

– Meminimalisir Blank Spot Area di Kaltara.

– Menjalin kerja sama dengan beberapa Sekolah Kedinasan.

– Pembangunan jalan lingkar Tarakan, Nunukan dan Bunyu.

– Pelebaran jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor.

– Pelebaran jalan Durian Tanjung Selor.
Pengadaan Speed Operasional Kaltara 1,2 dan 3.

– Pembangunan jalan tembus dari RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo menuju jalan Jelarai.

– Pembangunan jalan manunggal dengan konsruksi Rigid beton bertulang.

– Pembangunan Taman Tepian Kayan (Samping Pelabuhan Speed boat Sabanar.

– Perluasan Bandara Tanjung Harapan di Kabupaten Bulungan.

– Gedung SMAN 1 Tanjung Selor.

-Menghadir kan PLBN.

– Pelebaran jalan Skip II Tanjung Selor dengan sistem drainase box culvert.

Oleh : Sahriansyah dari berbagai sumber

Continue Reading

Ragam Kaltara

Bag Psikologi Biro SDM Polda Kaltara Berikan Pembekalan Psikologi

Published

on

Pembekalan psikologi kepada personel Polda Kaltara yang diterjunkan pada Ops Ketupat Kayan 2024 oleh Biro SDM.

— Kepada personil Ops Ketupat Kayan 2024.

TANJUNG SELOR  – Operasi Ketupat Kayan 2024 akan dilaksanakan oleh Polda Kaltara dan Polres Jajaran mulai tanggal 04 April 2024 sampai dengan 16 April 2024.

Dalam rangka mendukung keberhasilan operasi tersebut, Bag Psikologi Biro SDM Polda Kaltara memberikan pembekalan psikologi kepada Personil yang terlibat Ops Ketupat Kayan 2024 bertempat di gedung rupatama Kayan Polda Kaltara dan secara daring diikuti oleh Polres Jajaran. Selasa (02/04/2024).

Adapun materi Psikologi yang disampaikan oleh Ipda Raditya Tri Atmaja, S.Psi yaitu terkait kesehatan mental, rasa jenuh dan cara mengatasinya, gejala stress dan pengelolaannya serta cara menghadapinya.

” Personel yang terlibat dalam Ops Ketupat Kayan tahun 2024 diharapkan setelah mendapatkan pembekalan ini, Personel mampu lebih berkonsentrasi, bekerjasama dan dapat mengambil keputusan dengan baik pada saat di lapangan ” Tutur PS. Paur Subbagpsipol Bag Psi Biro SDM Polda Kaltara Ipda Raditya Tri Atmaja, S.Psi. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Bid Dokkes Polda Kaltara Laksanakan Pemeriksaan Kesling Untuk  Personel Yang Terlibat Pam TPS

Published

on

Pengecekan kesehatan untuk personel Pam TPS dilapangan.

TANJUNG SELOR – Bid. Dokkes Polda Kaltara melaksanakan Kegiatan Pelayanan dan Pemeriksaan Kesehatan keliling (Kesling) Terhadap Personel Polri yang terlibat Pengamanan TPS di wilayah Tanjung Palas dan sekitarnya, Kamis (15/02/2024)

Kegiatan yang dilakukan berupa Pemeriksaan kesehatan ( tensi ) terhadap Personel dan Pemberian vitamin ataupun obat sesuai dengan keluhan jika ditemukan Personel yang sakit.

Personel Bid. Dokkes memberikan pelayanan kesehatan kepada Personel yang sedang melaksanakan rangkaian kegiatan penjagaan dan pengamanan kegiatan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 khususnya Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu 2024.

Upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Kaltara khususnya Bid. Dokkes mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

Kesehatan adalah aset berharga, Dengan memberikan bekal kesehatan dan pemeriksaan kesehatan, Kami berharap Personel yang bertugas dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dengan kesehatan yang prima.

Kesejahteraan dan kesehatan Personel diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat dan memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan tertib. **.

Continue Reading

Trending