Connect with us

Berita Tana Tidung

Indahnya Taman Bibil Kelimbang Pagun Sesayap KTT

Published

on

Taman Bibil Kelimbang Desa Sepala Dalung Kabupaten Tana Tidung.

TIDENG PALE – Selain indah, taman Bubuk Kelimbang Pagun Sesayap yang membentang disepanjang perkampungan Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, juga berfungsi untuk mengamankan tepian sungai dari bahaya abrasi.

Diketahui, sebelum terbangunnya pengaman abrasi tepian sungai oleh Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) sepanjang tepian Desa Sepala Dalung (dulu Sesyap, red) selalu tergerus oleh air, baik oleh arus sungai maupun ombak yang diciptakan oleh speed boat cepat yang setiap saat lalu lalang melayari sungai Sesayap tersebut.

Maka atas inisiatif pemerintah kabupaten Tana Tidung, yang dipimpin oleh Bupati Dr Undunsyah, maka beberapa tahun lalu sepanjang perkampungan Desa Sepala Dalung dibangun sheet pile sebagai pengaman abrasi.

Selain itu pada sisi bagian dalam juga dibuat taman yang diberi nama Siring TAMAN BIBIL KELIMBANG PAGUN SESAYAP, cukup indah dan bermanfaat karena dilengkapi dengan fasilita jogging track atau lintasan untuk olahraga marathon.

“Kami pantas berterima kasih kepada Pemkab KTT, wabil khusus kepada pak Undunsyah sebagai Bupati yang sudah membangun sheet pile dan taman, ” ujar salah satu warga Desa Sepala Dalung. * Nina AF.

Tana Tidung

Kabupaten Tana Tidung Welcome Kepada Investor

Published

on

Pertemuan Pemkab KTT dengan DPMPTSP Provinsi Kalimantan Utara di Tideng Pale, kemarin.

TIDENG PALE – Berharap kedepan, Kabupaten Tana Tidung (KTT), dapat menjadi salah satu tujuan berinvestasi yang paling banyak dilirik oleh Infestor, karena potensinya dinilai sangat luar biasa sekali.

Disampaikan Ibrahim Ali, Bupati KTT, saat pertemuan dengan rombongan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Utara, (6/4/2021), kemarin, bahwa sebagai kabupaten paling bungsu Pemprov Kaltara perlu memperhatiakan. Mengingat KTT masih jauh tertinggal dibandingkan kabupaten dan kota yang ada di Provinsi ke 34 di Indonesia itu.

Disampaikan Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dalam pertemuan itu, Kabupaten Tana Tidung sebagai kabupaten bungsu perlu menjadi perhatian utama pemerintah provinsi kalimantan utara. Hal ini dikarenakan KTT masih jauh tertinggal dari kabupaten lain di Kaltara, ungkapnya.

Sejauh ini, daerah lain sudah banyak investasi yang masuk, sementara KTT masih tergolong sangat kecil dan bahkan hampir luput dari perhatian investor. Makanya dia berharap pemprov kaltara kedepan mampu mewujudkan pemerataan investasi di Kaltara, khususnya di KTT.

“Kami melihat arah investasi selama ini belum seberapa ke tana tidung, saya berharap pemprov bisa mewujudkan pemerataan iklim investasi nantinya, ” urai Ibrahim.

Selain investasi besar, sebenarnya KTT juga sangat potensial untuk pengembangan komoditas jagung. Apalagi jagung ini mudah pengelolaanya dan relatif cepat, selain itu harga dan buyernya sudah jelas.

Disisi lain, Wakil Bupati Hendrik menuturkan, kami sangat setuju dan support dengan apa yang disampaikan Plt kepala DPMPTSP Kaltara tadi. KTT sangat potensial untuk dikembangkan jagung dan pariwisata, kedua sektor itu sangat memungkinkan untuk segera direalisasikan karena akan mendukung perekonomian rakyat, tinggal bagaimana strategi dan kebijakannya kedepan.

Editor : Sahri.

Continue Reading

Tana Tidung

Menelisik Persiapan Pelantikan Ibrahim Ali sebagai Bupati Tana Tidung

Published

on

Ibrahim Ali Bupati Terpilih KTT.

TARAKAN, Kaltaraaktual.com- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Ibrahim Ali- Hendrik, jika tak ada halangan akan dilaksanakan Rabu, 17 Februari 2021 di Kantor Gubernur, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Nantinya Ibrahim Ali -Hendrik akan dilantik oleh gubernur terpilih Kaltara, yakni Drs.H.Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum, bersamaan dengan Bupati dan Waki Bupati terpilih Kabupaten Bulungan.

Tak ada persiapan khusus Bupati KTT terpilih ini, semua sudah dipersiapkan untuk keperluan prosesi pelantikan.

“Insya Allah, jadwal pelantikan tidak ada perubahan tetap 17 Februari nanti. Alhamdulillah persiapan sudah kita lakukan,” kata Bram sapaan akrabnya, Jumat malam (12/2) saat didatangi awak media.

Ibrahim Ali yang juga Ketua DPW PAN Kaltara, saat disinggung terkait baju pelantikannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung Untuk sudah dipersiapakan keseluruhan Pemkab Tana Tidung, termasuk kelengkapan baju dan atribut lainnya.

“Saya kira sudah dipersiapkan secara matang oleh Protokol Pemkab, baik untuk saya bersama keluarga dan Wakil Bupati saya beserta keluarganya,”terang Bram.

Memang pelantikan kepala daerah tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Bram mengatakan pelantikan dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Artinya pelantikan tersebut haruslah sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, membatasi kerumunan.

“Saat pelantikan, yang bisa hadir hanya Bupati dan Wakil Bupati beserta istri dan kekuarga saja, karena SOP dari Pemerintah Provinsi sudah seperti itu,” ungkap Ibrahim.

Namun ia menjelaskan walaupun proses pelantikan berjalan ketat, tapi nantinya dapat disaksikan pula secara virtual.

“tetap bisa, unsur pemerintahan daerah termasuk Fokorpimda Tana Tidung bisa menyaksikan pelantikan kami (Ibrahim-Hendrik) secara virtual zoom,” jelas Ibrahim.

Selain itu bagi masyarakat Upun Taka (KTT) dapat juga menyaksikan pelantikannya secara virtual, karena Pemkab KTT melalui Diskominfotik akan memakaibaplikasi yang bisa rigunakan untuk menyaksikan moment sakral tersebut.

“Masa pandemi Covid-19 ini kita tetap harus patuh terhadap prokes, mencegah terjadinya kerumunan massa, jelasnya setiap Kecamatan di Tana Tidung akan dipasangkan layar besar, agar masyarakat bisa menyaksikan pelantikan,”demikian. (***)

Continue Reading

Tana Tidung

KPUD KTT Tetapkan Ibrahim Ali – Hendrik, Bupati Wabup Terpilih

Published

on

Ibrahim Ali Bupati Terpilih KTT.

TIDENG PALE – Usai ditetapkan dalam pleno KPU Tana Tidung kamis malam (21/1) di Pendopo Japaruddin, Tideng Pale, sebagai Pasangan Terpilih Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dan Hendrik langsung menyampaikan pesan yang menyejukkan, sekaligus menebar optimisme dan mendorong partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan program pembangunan di Tana Tidung.

Selain menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan pada seluruh tim dan relawan, Bram, sapaan akrab Ibrahim Ali juga menyampaikan ucapan yang sama, sekaligus penghargaan, pada semua pihak terkait, mulai penyelenggara, para tokoh agama, adat dan masyarakat, termasuk para kompetitornya, yang telah ikut mensukseskan pesta demokrasi 9 Desember 2020 yang lalu.

Bagi Bram, menjadi kepala daerah adalah amanah besar yang akan dijalankannya sebaik mungkin. “Insya Allah, amanah ini akan saya jalankan sebaik mungkin,” pungkasnya. Tak lupa, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk melupakan perbedaan-perbedaan yang pernah hadir selama masa pemilihan, baik di dunia nyata, maupun di media sosial.

“Tidak perlu ada euforia berlebihan dalam menyambut kemenangan ini. Apalagi, Pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetap patuhi protokol kesehatan” tambahnya. “Sejatinya, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat Tana Tidung, yang rindu pada perubahan.” Karena itu, Bram berjanji untuk mendorong program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Melalui Program Desa Cermat, maka seluruh OPD harus sinergis, serta membantu pemerintah desa untuk meningkatkan pelayanan publik dan melaksanakan pembangunan desa, sesuai dengan potensi wilayahnya masing-masing.

Selain itu, “pembangunan infrastruktur harus tepat sasaran, serta memperhatikan fungsi dan kemanfaatan. Tidak boleh ada yang mubazir dalam pemanfaatan anggaran”. Do’akan saya,” tutupnya. *

Reporter : DDF.

Editor.     : Sahri.

 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 JurnalKaltara.com, Web Design by Ciptamedia Kreasi