Connect with us

Berita Ekonomi

Perusahaan Swasta di Kabudaya Diminta Wajib Rekrut Naker Lokal

Published

on

Hendrawan (kiri) anggota Komisi II DPRD Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

NUNUKAN – Perusahaan swasta yang beroperasi diwilayah calon Kabupaten Bumi Daya Perbatasan (Kabudaya) diminta memprioritaskan untuk merekrut putra/i lokal sebagai tenaga kerja (Naker).

Perihal itu disampaikan oleh Hendrawan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, kemarin.

Menurut politisi Partai Nasdem itu menyebutkan, kenapa harus atau wajib merekrut naker lokal?, tujuannya agar dapat menekan angka pengangguran, serta menjadi sokuguru penguatan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah tiga.

Selain itu lanjutnya, pihak perusahaan dalam melaksanakan kegiatan baru wajib berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda. Agar kebersamaan dalam cara pandang kedepan dapat terbangun dengan baik.

Hendrawan yang terkenal dengan salam restorasinya (perubahan) itu mengingatkan, bahwa ditengah situasi seperti sekarang perlu ada solusi kongkrit bagi setiap perusahaan yang beroperasi diwilayah III tersebut, untuk cepat tanggap membantu masyarakat memberikan solusi terbaik ditengah pandemik Covid – 19 yang berdampak langsung pada ekonomi masyarakat.

“Oleh karena itu menurut saya di masa kondisi pandemi ini, keberadaan perusahaan swasta di lingkungan wilayah III harus terasa kehadirannya, artinya mampu menjadi solusi kongrkit bagi masyarakat di wilayah III Nunukan,”bebernya

Intinya kita ingin perusahaan menjadi bagian dari motor penggerak ekonomi masyarakat lokal di wilayah III Nunukan. Tujuannya hanya satu, agar perusahaan yang ada bisa menciptakan peluang pekerjaan untuk kesejahteraan masyarakat lokal.

Kedepannya Ia akan terus berkeliling di semua perusahaan yang beroperasi di lingkungan wilayah III khususnya kabudaya untuk terus mengawasi dan memastikan agar masyarakat lokal betul-betul bisa diberi peluang dalam bekerja.*

Reporter : MDF.
Editor      : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

Dengan Rp 5,5 Juta, Anda Sudah Punya Lahan Sultan Kavling di Lokasi KIPI

Published

on

Solusi peluang Bisnis untuk kelas menengah kebawah.

TANJUNG SELOR – Hadirnya Sultan Kavling di desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, merupakan solusi bagi kelas menengah kebawah memiliki lahan membangun rumah tinggal sekaligus peluang berinvestasi untuk masa depan.

Lahan berukuran 15 m x 30 m, terbilang murah, hanya dengan DP 1 juta rupiah dicicil secara angsuran hingga Rp 5,5 juta maka lahan tersebut sudah menjadi milik kita.

Letaknya hanya sekitar 8 km dari bibir pantai dan 4 kilometer dari lokasi kawasan pelabuhan internasional (KIPI), sangat cocok untuk membuka berbagai usaha jasa, seperti warung sembako, warung makan, bisnis air galon dan jasa lain nya.

Bagaimana tidak menjanjikan untuk peluang usaha atau bisnis, proyek KIPI tersebut digadang-gadang mulai beroperasi secara bertahap pada tahun 2023, diperkirakan tahun 2024 sebagian sudah rampung dan mulai dioperasi kan, diperkirakan ada ratusan ribu orang yang akan berkerja disana.

Tentu kebutuhan makan bagi karyawan yang berkerja dan lain-lain akan terus meningkat. Artinya posisi lahan sultan kavling satu-satunya solusi bagi warga setempat untuk meraih masa depan dilokasi KIPI yang disebut pintu masa depan Kalimantan Utara.

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Ekonomi

Berkah Usaha Parut Kelapa Ditengah Pandemi Covid – 19

Published

on

Ibu Salamah Sedang Memarut Kelapa di Tempat Usaha Eumahannya.

MALINAU – Ibu Salamah salah satu pengusaha kelapa parut (Usaha rumahan), yang beroperasi di jalan A Kosasih Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, mendapat rejeki yang cukup baik, pada H – 1 idul Adha 1442 H.

Sejak pagi buta, para pemesan kelapa parut hingga menjelang sore hari terus berdatangan, ia pun nyaris kewalahan melayani pembeli.

“Sejak tengah malam menjelang pagi kelapa nya sudah dikupas sebagian, kalau tidak begitu yakin tak mampu melayani pembeli, ” ujarnya saat berbincang dengan media ini, Senin 19/7/2021.

Terpaksa, agar memudahkan ia memperkerja kan orang untuk mengikuti kelapa tersebut.

“Alhamdulillah dari pagi hingga menjelang sore sekitar lebih kurang 300 butir kelapa parut terjual, ” imbuhnya.

Untuk buah kelapa yang besar dihargai Rp 12.000/buah dan yang ukuran sedang Rp 10.000/buah.

Kalau hari-hari biasa bisa laku hingga mencapai 100 buah lebih. Terkadang bisa juga mencapai 150 an.

“Kalau sebelum Pandemi Covid – 19 penjualan agak meningkat, ” tutur nya. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Ekonomi

Mengais Rejeki Ditaman Tepian Kayan Bulungan Kaltara

Published

on

Suasana Taman Tepian Kayan Tanjung Selor Bulungan Kaltara malam hari.

TANJUNG SELOR – Keberadaan taman Tepian Kayan, di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Berbagai kegiatan bisa dilakukan disana, mulai menjadi tempat arena bersantai, olahraga hingga mengais rejeki bagi para penjual jajanan ringan serta wahana tempat bermain anak-anak.

Tidak lah berlebihan bila saat ini Taman Tepian Kayan, menjadi wadah banyak orang untuk “mengais rejeki ditengah pandemi Covid – 19 yang belum kunjung teratasi”.

Diketahui, taman kebanggaan warga Tanjung Selor ini, mulai dibangun diperiode kedua masa kepemimpinan mantan Bupati Bulungan, Drs H Budiman Arifin M Si.
Dengan pelaksana konstruksi kontraktor lokal.

Wajar saja bila saat ini beberapa bagian lantainya yang menggunakan keramik ada yang mulai rusak, tentu membutuhkan perbaikan supaya Taman Tepian Kayan tetap indah.

Dimasa Budiman Arifin, juga dibangun Kuliner Tepian Kayan (Kulteka) yang berada di Sabanar Lama.

Selain Kulteka menjadi sarana tempat menjual makanan, tempat ini juga berfungsi sebagai pelabuhan keberangkatan speed boat kecil muatan 20 orang tujuan Tanjung Selor – Tarakan. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending