Connect with us

Berita Bulungan

Ketua LAKB Minta Batu Bara Bulungan Diperhatikan Saat Pengapalan

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

– Jangan sampai ada yang tumpah kelaut atau sengaja ditumpahkan akibat menghindari bahaya kebakaran.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, menghimbau untuk setiap perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi di kabupaten Bulungan ketika melakukan pengapalan saat loading memperhatikan benar-benar agar batu yang dinaikan kekapal dengan menggunakan kompreyor tidak sampai terbuang kelaut, karena dampak nya akan berakibat fatal dengan ekosistem perairan laut dan dipastikan akan mengganggu kelangsungan makhluk hidup disekitarnya.

“Karena batu bara yang menumpuk di dasar laut itu sangat berpengaruh pada kehidupan biota air. Jika ekosistem laut rusak, ikan akan mati atau pindah ke tempat lain. Tentunya, akan merugikan masyarakat, khususnya nelayan kita sendiri, ” kata Datu Buyung, kepada media ini, Minggu 12/3/2023.

Yang lebih parah lagi lanjutnya, akibat kelalaian saat menaik kan batu bara keponton, suhu nya juga harus benar-bsnar diperhatikan. Bila dilakukan pengukuran suhu harus berkisar dibawah 50 derajat, bila suhunya diatas itu sebaiknya batu bara didinginkan terlebih dahulu, bila tidak didinginkan baru bara tersebut dipastikan akan Terbakar saat ditimpa terik matahari.

Maka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diiginkan baru bara yang terbakar tadi terpaksa harus dibuang kelaut, bila tidak maka kebakaran akan merembet keseluruh muatan pontoon.

“Nah otomatis batu bara yang dibuang kelaut akan menjadi limbah yang mengganggu ekosistem alam perairan disekitarnya, ” ujarnya.

Karena nya Datu menghimbau kepada masyarakat yang bermukim disekitar perairan tempat loading batu bara agar benar-benar mencermati saat kegiatan dilaksanakan. Bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu ekosistem perairan jangan segan-segan untuk segera melaporkan.

Supaya pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup bisa mengambil langkah-langkah konkret untuk antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat, khususnya masyarakat nelayan kita

“Pada tahun lalu saya ada pernah menerima info bahwa ada batu bara yang terbakar saat akan dikapalkan, maka terpaksa harus dibuang kelaut agar kebakaran nya tak meluas diseluruh muatan pontoon yang ada, ” tutup Datu Buyung Perkasa. * jk.

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji 1445 H

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 92 jamaah haji tahun 1445 Hijriah.

Bimbingan manasik haji ini, untuk membantu para calon jamaah memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun, wirid, doa, dan segala sesuatu tentang ibadah haji. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah, terutama mereka yang akan berangkat dari Kabupaten Bulungan tahun ini.

Melalui bimbingan diharapkan dapat membantu para jamaah haji Kabupaten Bulungan memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun haji. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan pemahaman dan keterampilan jamah.

Untuk kita ketahui Pemda Bulungan setiap tahun terus memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan haji tersebut, terutama pengalokasian anggaran kepada Kementerian Agama, Kabupaten Bulungan

Dan tahun 2024 ini Pemda Bulungan mengalokasi dana hibah sebesar 3,7 miliar dalam pelaksanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Dari total seluruh hibah yang di alokasikan kepada kementerian agama untuk seluruh rumah ibadah di kabupaten Bulungan sebesar 32 Miliar Rupiah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

Trending