Connect with us

Berita DPRD Kaltara

Catatan Fraksi Gerindra Untuk APBD Perubahan Tahun 2022

Published

on

Penyerahan dokumen pemandangan umum fraksi Gerindra.

TANJUNG SELOR – Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kalimantan Utara (Kaltara), memberi banyak catatan terhadap nota pengantar Ranperda APBD Perubahan Tahun 2022. Catatan disampaikan dalam rapat paripurna terkait pemandangan umum fraksi, Selasa (30/8/22).

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kaltara Yancong mengatakan, Fraksi yang terdiri dari legislator Partai Gerindra dan PKS ini mengapresiasi peningkatan pendapatan yang ada dalam Nota APBD Perubahan Tahun 2022.

Kendati demikian, Yancong berharap komponen belanja di dalam APBD Perubahan bisa memberi stimulan terhadap perkembangan ekonomi dan kesejahteraan secara merata. Belanja Pemprov Kaltara juga diharap lebih efektif dan efisien ke depan.

“Dengan kenaikan pendapatan yang ada, Fraksi Gerindra juga memandang penting adanya pengawasan ketat terhadap program dan kegiatan,” kata Yancong.

Disamping itu, Fraksi Gerindra juga meminta kinerja penyerapan anggaran tidak hanya berdasarkan realisasinya saja. Melainkan juga berpatokan kepada indikator implikasi positif terhadap perkembangan daerah.

“Belanja pemerintah perlu diidentifikasi melalui matrikulasi. Sehingga pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan dalam tahun berjalan, bisa digeser ke program lain yang lebih diprioritaskan,” papar mantan Anggota DPRD Kota Tarakan.

Lanjut Yancong, penambahan komponen pendapatan juga perlu dibelanjakan untuk perbaikan dan peningkatan akses jalan. Ini harus dilakukan secara merata pada lima kabupaten dan kota.

“Setiap program dan kegiatan harus bisa maksimal, tepat waktu dan tepat sasaran. Baik kegiatan fisik dan non fisik harus sesuai yang ada dalam perencanaan, rampung dalam  batas waktu ditentukan dan tidak menyebabkan persoalan,” beber Yancong.

Sementara itu, Pemprov Kaltara diminta menggali secara luas potensi pendapatan yang dapat dimiliki Pemprov Kaltara. Sehingga potensi tersebut bisa dioptimalkan untuk kebutuhan masyarakat.

“Kami tekankan agar belanja bisa efektif dan efisien, sehingga anggaran dapat dirasakan masyarakat, memiliki multiplier effect dalam pembangunan sosial ekonomi yang berkeadilan,” tambah Yancong.

Fraksi Gerindra turut meminta Pemprov Kaltara memberi penjelasan terkait program PT. Migas Kaltara Jaya (Perseroda) yang memiliki bisnis pengelolaan sumber daya alam berbasis ekstraktif.

“Dalam kajian PT. Migas Kaltara Jaya disebutkan bisa memberi pendapatan besar bagi Pemprov Kaltara. Ini perlu diketahui sudah sejauh mana progres nya,” ujar Yancong. * jk/kjs.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Kaltara

Monev DPRD Kaltara Fokus di Kabupaten Bulungan

Published

on

Tim Pansus LKPj Gubernur Kaltara tahun anggaran 2023.

–  Terkait LKPJ Gubernur Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2023.

TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara yang tergabung dalam Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2023, telah melaksanakan serangkaian kegiatan monitoring yang mengfokuskan pada pembangunan di Kabupaten Bulungan.

Kegiatan ini, yang berlangsung dari tanggal 2-4 Mei 2024, menyoroti sejumlah proyek pembangunan yang berada di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Pansus tersebut telah mengunjungi beberapa lokasi pembangunan Yang berada di Kabupaten
Bulungan, antara lain:

1. Pembangunan Gedung Kantor Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara Tahap IX.

2. Pembangunan Asrama Diklat Provinsi Kalimantan Utara.

3. Peningkatan Jalan Bukit Indah Perum Korpri Tanjung Selor.

4. Pembangunan Rumah Jabatan Gubernur.

5. 5 Pembangunan Jalan Pendukung Pelabuhan Baru Tanjung Selor Ruas Jalan Selimau III –

Pesawan – Manjuaring.

6. Pembangunan Infrastruktur Pengendalian Banjir Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi

Kalimantan Utara Tahap I.

7. Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Pesantren Ulul Albab Kabupaten Bulungan.

8. Pembangunan Ruang Perpustakaan SMA Bulungan, Pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMA BULUNGAN, Pembangunan ruang kelas baru (RKB) Tahap 1 SMA BULUNGAN, Pembangunan

Ruang Laboratorium Komputer SMA Bulungan.

9. Pembangunan Pagar SMAN 1 Tanjung Palas, Pembangunan Mushola SMAN 1 Tanjung Palas,

Pembagunan Pagar SMAN 1 Tanjung Palas, Pembangunan Lanjutan Ruang Kelas Baru (RKB)
SMAN 1 Tanjung Palas, Pengawasan Pembangunan Lanjutan Ruang Kelas Baru (RKB).

10. Pembangunan Istana Kesultanan Djalaluddin Tanjung Palas.

11. Pembangunan Gedung Laboratoruim Lingkungan Hidup Tahap III.

Monev Pansus pembahas rekomendasi DPRD atas LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2023 itu merupakan wujud tugas dan fungsi DPRD untuk mengawasi pelaksanaan APBD TA. 2023 sesuai dengan UU 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan DPRD Kaltara Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan demikian, langkah-langkah ini menunjukkan komitmen DPRD Kalimantan Utara dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pembangunan di wilayah tersebut.

Adapun hasil Monitoring ini akan disampaikan dalam Rapat Pansus untuk memutuskan Rekomendasi DPRD atas LKPj dan bila diperlukan akan dilakukan konfirmasi dan pembahasan dengan OPD terkait. (hms/jk/kjs).

Continue Reading

DPRD Kaltara

Giat Apel Pagi Staf Sekretariat DPRD Kaltara

Published

on

HM Fandi SH M AP (kanan) Sekretaris DPRD Kaltara.

TANJUNG SELOR – Apel Pagi Pegawai ASN dan Non ASN Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Utara dilaksanakan di Kantor DPRD Prov. Kaltara yang berada di Jalan Poros Bulungan-Malinau Gunung Seriang.

Apel pagi ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPRD Prov. Kaltara H. Mohammad Pandi, SH., M.AP.

Adapun tujuan apel pagi yang dilakukan ini secara rutin memiliki manfaat bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai.

Selain itu juga sebagai sarana bagi pimpinan memberikan pembinaan, arahan dan melakukan pengawasan, serta untuk menyampaikan berbagai informasi pelaksanaan program dan kegiatan dalam satu minggu kedepan.(hms/jk/kjs).

Continue Reading

DPRD Kaltara

Ketua DPRD Kaltara Hadiri Rapat Pemantapan Ketahanan Pangan

Published

on

Ketua DPRD Kaltara Albertuus Stefanus Marianus ST (baju hitam).

— dan Pembukaan pembekalan pendamping Sekolah Lapang Padi tahun 2024.

TARAKAN – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara menghadiri Rapat Pemantapan Ketahanan Pangan dan Pembukaan Pembekalan Pendamping Sekolah Lapang Padi Tahun 2024, Senin (06/05/24).

Dalam acara ini dihadiri langsung Staf khusus Menteri Bidang Kebijakan Pertanian serta Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Royal Tarakan ini bertujuan untuk membahas bersama untuk meningkatan ketahanan pangan di Provinsi Kalimantan Utara.(hms/jk/kjs).

Continue Reading

Trending