Connect with us

Berita Nasional

Rakernis Gabungan 5 Divisi Satker Secara Resmi di Buka Oleh Kapolri

Published

on

Acara pembukaan Rakernis Satker 5 Polri.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo membuka rakernis gabungan sejumlah satker Polri hari ini. Rakernis tersebut dihadiri sejumlah perwakilan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda hingga polres jajaran secara daring.

Adapun tema rakernis pada tahun ini adalah Jajaran Divisi Polri Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan berkelanjutan.

“Saya kira tema ini memang benar-benar yang harus kita kawal, sehingga rangkaian agenda penting nasional maupun agenda kegiatan apa yang menjadi kebijakan pemerintah bisa kita kawal dengan baik sesuai tupoksi kita,” ujar Jenderal Sigit dalam pembukaan rakernis, Jumat (22/3/2024).

Menurut Kapolri, telah banyak kegiatan yang dilaksanakan setiap satker yang melakukan rakernis hari ini. Jenderal Sigit pun berharap semua terus dilakukan perbaikan demi memberikan yang lebih baik lagi.

Kadiv Propam Polri Irjen. Pol. Syahardiantono melaporkan kesiapan rakernis gabungan kepada Kapolri. Kadiv Propam Polri menyatakan, rakernis gabungan hari ini terdiri dari jajaran Divpropam, Divkum, Divhumas Polri, Divtik, dan Divhubinter.

“Dapat kami laporkan kepada bapak kapolri bahwa peserta rakernis yang hadir saat ini berasal dari lima divisi, yaitu Divpropam, Divhubinter, Divtik, Divkum, dan Divhumas Polri dengan jumlah peserta seluruhnya 589 orang,” jelas Kadiv. **.

Nasional

Program Pendidikan Siswa Qur’ani Cetak Polwan Berprestasi Dengan Keagamaan Kuat

Published

on

Polwan Hafizah Alqur'an.

JAKARTA – Sekolah Polisi Wanita bersama Lemdiklat Polri dan Quantum Akhyar Institute yang dipimpin oleh Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A., membuka program pelatihan pendidikan siswa Qur’ani. Program tersebut diperuntukan bagi siswa bintara Polwan.

Program di Sekolah Polisi Wanita memang tidak hanya memfokuskan pada pelatihan kepolisian, tetapi juga pada peningkatan iman dan taqwa, serta penguatan pondasi kehidupan melalui pengetahuan agama Islam. Para bintara polwan dididik bahwa moralitas yang kokoh adalah kunci dalam menjalankan tugas kepolisian dengan integritas dan keadilan.

Wakalemdiklat Polri, Irjen. Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si., menyampaikan, program ini dirancang untuk menciptakan kader-kader kepolisian yang tidak hanya terampil dalam bidang keamanan, tetapi juga memiliki kedalaman spiritual yang kuat.

“Hari ini kita menyaksikan sebuah langkah revolusioner dalam pembangunan karakter kepolisian wanita kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/4/24).

Menurutnya, dengan menyatukan pengetahuan kepolisian dan pemahaman yang mendalam tentang agama, diyakini bahwa para siswa Polwan peserta pelatihan akan menjadi pilar-pilar kekuatan positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pentingnya integrasi antara keilmuan kepolisian dan pengetahuan agama sebagai fondasi yang solid bagi seorang anggota polisi menjadi makna dari program ini. Oleh karenanya, program pendidikan siswa Qur’ani ini akan berlangsung di Sekolah Polisi Wanita sebagai upaya konkret untuk mewujudkan visi kepolisian yang profesional dan berintegritas, yang tidak hanya berkompeten dalam bidang teknis, tetapi juga berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

“Dengan demikian, Al Qur’an akan menjadi panduan hidup yang utama bagi para anggota polisi, memandu mereka dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan kebijaksanaan, keadilan, dan kecintaan kepada sesama,” ungkapnya.

Di antara bintara polwan yang menjadi peserta, terdapat sosok Salma Maria Naifa yang menarik perhatian. Dia merupakan siswa Sespolwan yang menghafal Al-Quran.

Salma Maria Naifa, seorang siswa dari Jawa Tengah yang telah menghafal 30 Juz Al-Qur’an. Dia saat ini tengah menjalani pendidikan pembentukan bintara polwan angkatan ke-55 di Sekolah Polisi Wanita, menjadi fokus perhatian ketika diuji bacaan Al-Qur’an oleh Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A. dalam kesempatan tersebut.

Dengan kepiawaian dan ketelitian yang luar biasa, Salma berhasil menjawab semua tantangan yang diberikan dan mendapatkan pujian langsung dari Ust. Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A. Kepiawaian Salma dalam menghafal Al-Qur’an serta kemampuannya dalam membaca dengan baik menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya di Sekolah Polisi Wanita.

Prestasinya juga menunjukkan bahwa pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan siswa, bahkan dalam lingkungan pendidikan kepolisian. Salma Maria Naifa, dengan keahlian dan dedikasinya, membawa semangat baru dalam program pelatihan pendidikan siswa Qur’ani di Sekolah Polisi Wanita, menjadi contoh bagi generasi muda untuk mengejar prestasi dan mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Program tersebut dan Salma menjadi bukti kepiawaian polwan sebagaimana yang diutarakan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Polwan dipandang telah menunjukkan kiprahnya yang luar biasa dalam berbagai bidang, baik operasional, pembinaan, pendidikan, maupun sosial.

“Polwan telah menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Polwan juga telah menjadi garda terdepan dalam melindungi perempuan dan anak,” jelas Jenderal Sigit. **.

Continue Reading

Nasional

Visa Jemaah Haji Reguler Bertahap Sudah Terbit, 12 Mei Jemaah Haji Mulai Diterbangkan

Published

on

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab.

JAKARTA – Jemaah haji Indonesia akan mulai terbang ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Saiful Mujab mengatakan hingga hari ini ada 75.572 visa jemaah haji reguler yang sudah terbit.

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 jemaah. Selain itu, Indonesia juga mendapat tambahan kuota sebanyak 20.000 jemaah. Sehingga total kuota haji Indonesia adalah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

“Alhamdulillah sampai hari ini sudah ada 75.572 visa jemaah haji reguler yang terbit. Proses pemvisaan terus berjalan hingga seluruh visa jemaah haji Indonesia terbit,” terang Saiful Mujab di Kantor Direktorat Pelayanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama RI di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Menurut Saiful Mujab, pemvisaan diawali dengan proses input data dan dokumen jemaah haji oleh tim di Kankemenag Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag Provinsi. Saat ini, data yang masuk sebanyak 216.692 jemaah. Dari jumlah itu, sebanyak 207.527 jemaah, datanya sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya. “Per hari ini (Rabu 24/3/2024-Red) , kita sudah mengajukan permohonan penerbitan visa untuk 134.960 jemaah,” sebutnya.

Jemaah haji Indonesia dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 11 Mei 2024. Mereka akan terbang sehari berikutnya, dari embarkasi menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Untuk penerbangan jemaah haji Indonesia dari Embarkasi menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah akan dimulai pada 24 Mei 2024.(hdi/jk*)

Continue Reading

Nasional

Jemaah Haji Diminta Peduli Lansia dan Disabilitas, Ciri Kemabruran ibadah Haji

Published

on

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat.

MAKASSAR – Jemaah haji Indonesia tahun 1445 H/2024 M untuk memiliki kepedulian sosial, khususnya kepada jemaah haji lanjut usia (lansia) dan disabilitas.

Imbauan ini disampaikan Arsad Hidayat, Direktur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI saat membuka Bimbingan Manasik Haji Jemaah Haji Kota Makassar di Auditorium KH Muhiddin Zain, Universitas Islam Makassar (UIM), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (22/4/2024).

“Tahun ini kita akan memberangkatkan jemaah lanjut usia sebanyak 45 ribu orang. Tagline kita masih sama dengan tahun 2023 yakni haji ramah lansia. Saya minta bantuan bapak ibu sekalian untuk saling peduli khususnya kepada jemaah lansia,” kata Arsad Hidayat,

“Salah satu kunci kemabruran itu adalah peduli kepada sesama. Mabrur juga adalah mereka yang memiliki kepedulian sosial,” tambah Arsad.

Dikatakan Arsad, kemabruran haji seseorang bukan hanya cukup dengan salat jemaah di Masjidil Haram, Masjid Nabawi atau prosesi ibadah lainnya. “Ciri mabrur itu salah satunya peduli kepada sesama. Saya menitipkan jemaah lansia kepada bapak ibu. Misal di Mina saat melontar jumrah. Kalau bapak dan ibu melihat ada jemaah lansia tidak mampu silahkan tawarkan saja (bantuan). Ambil inisiatif untuk membantu mereka, ” harap Arsad.

Arsad menambahkan prosesi pemberangkatan haji tinggal menghitung hari. Para jemaah diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan rajin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan menjaga pola makan.

“Kita sudah mulai manasik dan Insya Allah pada 11 Mei nanti menjadi awal kedatangan jemaah ke asrama haji dan pada 12 Mei awal keberangkatan. Waktu yang tersisa tinggal hitungan hari. Manfaatkan waktu yang tersisa ini dengan sebaiknya. Kalau masih ada yang sakit silahkan periksa kembali dengan menyiapkan obat dari sekarang,” ucap Arsad

Kepada jemaah haji, Arsad berpesan untuk beraktivitas dan berolahraga kecil seperti jalan kaki untuk melenturkan sendi-sendi biar kaki terlatih “Karena di tanah suci nanti aktifitas kebanyakan jalan kaki. Apalagi pada puncak haji, bapak dan ibu akan berjalan kaki sejauh 10 kilometer. Biasakan latih fisik dengan olahraga dan jalan kaki. Kami doakan bapak ibu sehat dan bisa berangkat ke tanah suci dan sehat kembali ke tanah air. Jaga kesehatan,” tandas Arsad.

Selain memberikan materi dan membuka gelaran Bimbingan Manasik Haji di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat juga melantik PPIH Embarkasi dan Debarkasi Haji Makassar (UPG) sekaligus Meal Test Menu Konsumsi Penerbangan Jemaah Haji 1445H / 2024M.

Proses pelantikan ini digelar di Asrama Haji Sudiang Makassar dan malamnya dilanjutkan dengan sertifikasi Pembimbing Manasik Haji.

Dalam kunjungan kerja ke Kota Angin Mamiri itu Arsad Hidayat juga didapuk mengisi Seminar Kewirausahaan dan kuliah umum di kampus II UIN Alauddin Makassar dengan tema Sinergi dan Kolaborasi Pembinaan Haji dan Umrah yang Moderat dan Berwawasan Global.

Seminar dan kuliah umum ini dihadiri ratusan mahasiswa program studi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah UIM Alauddin Makassar.

Kunjungan Kerja Direktur Bina Haji Arsad Hidayat di Provinsi Sulawesi Selatan dilanjutkan dengan meninjau PLHUT di Kabupaten Maros pada 23 April 2024.(hdi/jk*).

Continue Reading

Trending