Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Syarwani Sebut Literasi Jadi Program Unggulan Sekolah di Bulungan

Published

on

Bupati Syarwani S Pd M Si, menekankan pentingnya meningkatkan literasi.

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan Syarwani memberikan apresiasi kepada Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) yang sejak tahun 2017 sudah bermitra dalam menyelenggarakan literasi dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan melalu Dinas Pendidikan.

” Diharapkan Inovasi terus berperan aktif dan berkontribusi besar dalam percepatan pendidikan di Bulungan, ” ini katakan Sayrwani saat menggelar Audiensi berama tim Inovasi Kaltara, dan Disdikbud. Selasa, (28/09/21).

Syarwani mengatakan dimasa pandemi menjadi tantangan sendiri bagi Disdik juga termasuk teman-teman guru di Bulungan

” Kepada guru di Bulungan untuk tetap semangat dalam proses belajar mengajar, pmulihan pembelajar tahun depan harus di kerjakan lebih fokus, sehingga tidak terjadi loss generasi akibat tidak terselenggaranya pendidikan di Bulungan di tengah pandemi, ” ujar Syarwani.

Syarwani mengatakan bahwa literasi menjadi suatu hal yang wajib sehingga masuk dalam bagian program unggulan sekolah di Bulungan.

” Literasi, nomerasi, bagi siswa sekolah dasar secara legalitas juga sudah dituangkan kedalam RPJMD Bulungan, Ini menjadi bagian semangat Disdik Bulungan, Mudah mudahan ini bagian yang bisa kita hidupkan kembali seperti Budaya menulis, mengarang, sehingga inovasi anak didik dapat di tumbuhkan, ” ujar Syarwani.

Syarwani juga mengatakan bahwa Literasi nomerasi, dan karakter sangat penting, karena mampu mengajar dan memberikan pendidikan yang lebih baik.

” saya berharap tidak hanya sekolah atau guru yang terlibat, namun peran orang tua murid juga harus terlibat dalam pendidikan di bulungan,” ujar Syarwani.

Selain itu Manajer Inovasi Kaltara Handoko Didagdo menyatakan bahwa Kabupaten Bulungan Mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidkan dan kebudyaan RI atas presteasi kebijakan strategis Bupati Bulungan dalam upaya pemulihan pembelajaran akibat dampak pandemi.

” Bulungan menjadi salah satu contoh yang dianggap berhasil karena di masa pandemi bisa mengelola pembelajaran sangat baik, juga mampu memberikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, maka itu pada tanggal 1 Oktober 2021, bulungan kan berbagi pengalamnya dengan kementerian dalam upaya dan kebijakan menemani siswa di masa pandemi. sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain, ” ujar Handoko melalui Virtual.

” demikina juga bulungan juga sudah sangat baik memberikan akses pembelajaran kepada anak siswa yang tidak mendapatkan akses internet, ” tandasnya. * dkisp/jk/kjs.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

1 Unit Mobil Ambulance Dari Bupati Bulungan Untuk Kecamatan Peso

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Beberapa waktu lalu, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, menyerahkan langsung 1 Unit mobil Ambulance di Desa Long Bia, Kecamatan Peso.

Hal ini kata dia, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan, untuk meningkatkan akses medis di wilayah tersebut. Penggunaan mobil ambulan juga diharapkan dapat mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, serta dapat berperan secara inklusif dalam menjalankan tujuan pembangunan daerah.

“Karena kecepatan dan aksesibilitas perawatan medis sangatlah penting dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.” ujarnya

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, ia juga mengucapkan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Peso yang selama ini menjaga kondusivitas wilayah dengan baik, serta telah berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan daerah di Kabupaten Bulungan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Kapankah Rencana Pembangunan Gedung STAIN Kaltara di Tanjung Palas Bulungan Dimulai ?

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Rencana pembangunan gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, belum juga ada tanda-tanda-tanda akan dimulai, padahal untuk lahan rencana pembangunan sudah diserahkan oleh Pemkab ke Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketika.hal itu dikonfirmasikan ke Bupati Bulungan, menurutnya untuk pelaksanaan pembangunan ranah nya ada pada Kemenag, sementara Pemkab sifatnya hanya mensuport dokumen dan kelengkapan nya saja.

“Tapi yang sangat menggembirakan saat ini sudah ada yang koordinasi ke Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementrian Agama RI, ” tegas Bupati Syarwani melalui pesan WhatsAPP ke media ini, Kamis 25/4/2024.

Kendati demikian lanjut Bupati Syarwani, pihaknya tetap berharap pembangunan gedung STAIN tersebut segera untuk.dimulai.

“Tentu nya nanti kita juga mendorong sumber daya manusia (SDM) lokal dapat mengisi kebutuhan tenaga yang dipekerjakan di STAIN tersebut, ” ungkapnya.

Sesuai dengan kapasitas dns kompetensi yang dibutuhkan. “Artinya kita tetap berharap SDM lokal Bulungan dapat diberdayakan, ” tambah Syarwani. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending