Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Pemerataan Pembangunan Jadi Prioritas Bupati Syarwani

Published

on

Bupati Syarwani meninjau sejumlah proyek di Bulungan.

TANJUNG SELOR – Dengan kondisi geografis Kabupaten Bulungan yang cukup luas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan, dari wilayah hulu hingga hilir Kabupaten Bulungan.

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengatakan, masih ada beberapa program pembangunan yang akan dilaksanakan Pemkab Bulungan, di Kecamatan Tanjung Palas Barat. Salah satunya, pembangunan Jalan Desa Long Beluah dengan panjang 3,6 kilometer, dengan alokasi anggaran Rp 12 Miliar.
Termasuk pembangunan jalan Desa Lokpon RT 09 dan RT 10 Desa Long Beluah dengan panjang sekira 100 hingga 200 Meter.

Secara teknis bupati merincikan, untuk pembangunan jalan semenisasi, ada tiga jalan yang akan ditingkatkan. Salah satunya Jalan Dermaga, Gang Mawar, gang wilayah RT 4 Desa Long Beluah. Termasuk peningkatalan jalan lingkungan Desa Mara Satu Dusun Kenarai, dan Desa Mara Hilir.
Termasuk peningkatkan sarana prasarana pendidikan di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Barat, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan. Akan di bangun sejumlah ruang kelas baru, ruang laboratorium, ruang perpustakaan, rehabilitas beberapa ruang kelas, hingga utilitas pendidikan.

Bupati menambahkan, tahun ini pembangunan sarana dan prasarana pendidikan diwilayah Tanjung Palas Barat juga dilaksanakan, terutama di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu (SMP1) dan SMPN 03.

“Meskipun dengan keterbatasan anggaran prioritas utamanya berupaya melakukan pemerataan pembangunan terutama wilayah terjauh dari akses perkotaan,”ungkapnya.

Dari data yang ada, alokasi anggaran infastruktur untuk Kecamatan Peso tahun 2023 melalui Anggaran Pendapatan dan Belaanja Daerah (APBD) senilai Rp 2,8 Miliar. Meliputi peningkatan Jalan Ibu Kota Peso sebesar 1,8 Miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 850 Meter.

Peningkatan Jalan Gang Muara Pangean senilai 200 Juta, Drainase Long Leju dan Long Pla’a Peso sebesar Rp 400 Juta. Semenisasi jalan menuju SMP Long Pleban senilai Rp 200 Juta, dan juga peningkatan Jalan lingkungan Desa Long Peso sejumlah Rp 200 Juta.

Peningkatan Jalan Dewaruci Bunyu senilai Rp 7,6 Miliar dengan konstruksi riget beton dengan panjang 1.8 kilometer dengan Lebar 6 meter. Jalan penghubung Salim Batu Tanjung Palas dianggarakan sebesar Rp 9,7 Miliar. Pembangunan oprit jembatan Salimbatu senilai Rp 9 Miliar Jembatan Antutan- Baratan senilai Rp 8 Miliar , pemeliharan jalan di dalam kota tanjung selor senilai Rp 2 Miliar.

Sedangkan pendanaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yaitu peningkatan jalan Meranti senilai Rp 6,7 Miliar, Jalan Rambai Padi Rp 1,5 Miliar, Jalan Cempedak Rp 1,6 Miliar, dan juga Jalan Binjai Rp 1,6 Miliar. Termasuk peningkatan ruas jalan Tanah Kuning dan Mangkupadi senilai Rp 6,018 Miliar.
“Peningkatan sejumlah infastruktur jalan sarana dan prasarana pendidikan termasuk kesehatan. Menjadi fokus utama Pemkab Bulungan agar masyarakat merasakan sentuhan pemerataan pembangunan diwilayahnya,”pungkasnya. * dkisp/jk/kjs.

Pemkab Bulungan

Menuju Bulungan Berdaulat Pangan

Published

on

Infografis.

TANJUNG SELOR – Upaya serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan sesuai visi “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera”. Salah satunya dengan pengembangan komoditas kakao yang memiliki nilai ekonomis tinggi, tiap tahun angka produksinya terus meningkat.

Dari data Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, angka luas lahan perkebunan kakao tahun 2021 Bulungan 533 hektar dengan angka produksi per tahun mencapai 53,72 ton. Tahun 2022 luas tanam kakao 636 hektar dengan produksi 63,03 ton, 2023 luas tanam 784 hektar, dengan angka produksi 100,58 ton.

Saat ini tiap wilayah kecamatan atau desa di Bulungan, telah dipetakan dan ditetapkan jenis komoditas yang sesuai potensi wilayah tersebut. Sehingga tiap desa atau kecamatan terdapat sentra-sentra komoditas tertentu.

Sejak 2021 Pemkab Bulungan secara konsisten telah membagikan jenis bibit kakao unggul bagi kelompok tani dan masyarakat.

Tahun 2021 sebanyak 7.000 polybag, tahun 2022 sebanyak 50.000 polybag, tahun 2023 sebanyak 110.000 polybag, tahun 2024 sebanyak 95.000 polybag.

Dalam jangka waktu 4 tahun terakhir Pemkab Bulungan melalui Dinas Pertanian telah membagikan sebanyak 262.000 polybag bibit kakao unggul. Selain itu dalam jangka waktu 4 tahun terakhir sedikitnya 83 ton pupuk organik telah dibagikan, termasuk 200 botol pupuk cair. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Syarwani Resmikan Rumah Produksi Biji Kakao Siap Saji di Desa Pejalin

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bersama perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si membuka secara resmi rumah produksi kakao menjadi produk siap konsumsi, berupa bubuk coklat hingga coklat batang yang berada di Desa Pejalin, kecamatan Tanjung Palas, Rabu (22/05/2024).

Peresmian itu dilaksanakan sebelum Bupati bersama rombongan melanjutkan Ke Desa Antutan

Yang didampingi l Wakil Bupati Ingkong Ala, S.E.,M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Risdianto S.Pi.,M.Si, pimpinan perangkat daerah serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dirumah produksi ini, kakao diolah menjadi bubuk coklat dan dikemas secara menarik sehingga siap dipasarkan.

Untuk kita ketahui Pemkab Bulungan melalui dana Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Tekhnologi (TAKE), telah memberikan 7 mesin pengolah coklat untuk rumah produksi coklat di Desa Pejalin.
Mulai dari mesin sangrai kakao atau coklat, mesin pemecah kulit, mesin pemasta kasar coklat, mesin pengempa minyak dan lainnya.

Proses hilirisasi produk kakao ini akan memberikan dampak ekonomi secara luas bagi masyarakat. Dan tentu akan memacu semangat para petani kita, karena ada jaminan pemasaran produk pertanian mereka. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Bulungan Apresiasi Penghargaan Kalpataru Untuk Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau

Published

on

SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

TANJUNG SELOR – Atas nama pribadi, dan juga Pemerintah
Kabupaten Bulungan, Bupati Syarwani S Pd M Si menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas diperolehnya penghargaan Kalpataru 2024 oleh Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau Sajau, kecamatan Sekatak.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan khususnya warga Punan Batu Benau, ” ujar Bupati Syarwani.

Keberhasilan itu sendiri, terverifikasi sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) Nomor 574 Tahun 2024, tentang Penganugerahan Penghargaan Kalpataru Tahun 2024.
yang masuk dalam Kategori Penyelamat Lingkungan. Raihan ini merupakan salah satu dari 10 penerima penghargaan Kalpataru tahun ini.

“Sekali lagi selamat, dan jadikan penghargaan ini untuk memicu semangat untuk terus berkarya, berinovasi dan semakin peduli terhadap lingkungan kita, ” tutup Bupati Syarwani. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending