Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Polda Kaltara Gelar Rakor Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024

Published

on

Peserta Rakor kesiapan pengamanan Pemilu Serentak tahun 2024 yang digelar Polda Kaltara, Selasa 10 Oktober 2023.

TANJUNG SELOR – Dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak 2024, Polda Kalimantan Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Ruang Rupatama Mapolda Kaltara. Selasa (10-10-2023).

Rakor tersebut dibuka dan dipimpin oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Kasmudi, S.I.K, mewakili Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si,

Rakor ini dihadiri oleh Asisten 1 Prov. Kaltara Datu Iqro Ramadhan, S.Sos, M.Si yang mewakili Gubernur Kaltara, Kasi Intel Korem 092/Maharajalila Kolonel Arh Abraham Kalelo, S.Sos, yang mewakili Danrem 092/Maharajalila, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo, S.H, M.H, yang mewakili KPU Provinsi Kaltara, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Fadliansyah, S.H, M.H, yang mewakili Bawaslu Kaltara, Pejabat Utama Polda Kaltara, Kapolresta dan Kapolres Jajaran Polda Kaltara, Kabag Ops, Kabag Ren, Kasat Samapta dan Kasat Intelkam Polres sejajaran.

Wakapolda Kaltara saat membacakan amanat Kapolda Kaltara menyampaikan, dalam rapat Koordinasi ini membahas persiapan pelaksanaan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu 2024.

Diketahui bersama, pada tahun 2024 Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak, dimana saat ini kita sudah berada dalam tahapan pemilu dan segera akan memasuki tahapan inti, meliputi pendaftaran dan penetapan calon presiden, wakil presiden, calon legislatif, dan calon anggota DPD.

Terkait Pemilu serentak 2024, Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya momen politik ini sebagai pesta demokrasi terbesar yang diselenggarakan serentak ditahun yang sama. Presiden menyadari bahwa ini adalah pekerjaan besar yang akan sangat mempengaruhi masa depan bangsa dan negara Indonesia, Pemilu 2024 dianggap sebagai titik persimpangan sejarah Indonesia dalam mewujudkan visi “INDONESIA EMAS 2045”.

“Polri sebagai pemelihara kamtibmas dan penegak hukum membutuhkan dukungan semua pihak untuk menciptakan rasa aman, mengatasi potensi kerawanan, dan memastikan pemilu berkualitas,” katanya.

Langkah-langkah yang perlu diambil, termasuk menjalin kerjasama erat dengan seluruh instansi pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu sangat penting dan esensial, sehingga dengan komitmen bersama, kita semua dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan peranan secara lebih efektif untuk mewujudkan kamtibmas yang terpelihara dan memastikan pemilu yang aman damai dan adil.

Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama pemilu dan menciptakan Pemilu yang jujur dan adil, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Mantap Brata” akan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dengan sasaran mengamankan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu mulai partai politik, calon perorangan, hingga kegiatan masyarakat.

“Operasi kepolisian tersebut akan dilaksanakan selama 222 hari terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2023. Kegiatan Operasi ini melibatkan instansi dan lembaga terkait dengan membentuk Satgas-satgas yakni Satgas Preemtif, Preventif, Gakkum, Humas, Tindak dan Satgas Bantuan Operasi,” ujarnya.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian paparan oleh Asisten 1 Prov. Kaltara Datu Iqro Ramadhan, S.Sos, M.Si yang mewakili Gubernur Kaltara, Kasi Intel Korem 092/Maharajalila Kolonel Arh Abraham Kalelo, S.Sos, yang mewakili Danrem 092/Maharajalila, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Teguh Dwi Subagyo, S.H, M.H, yang mewakili KPU Provinsi Kaltara, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Fadliansyah, S.H, M.H, yang mewakili Bawaslu Kaltara, Karoops Polda Kaltara Kombes Pol. Prasodjo Wibowo, dan Dirintelkam Polda Kaltara Kombes Pol. Sigit Ari Widodo, S.I.K,. **.

POLDA KALTARA

Dit Binmas Polda Kaltara Ajak Warga Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Published

on

Giat sambang Dit Binmas Polda Kaltara ke masyarakat.

TANJUNG SELOR – Dalam rangka mencegah terjadinya tindakan kriminal dan gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman kepada masyarakat, Dit. Binmas Polda Kaltara rutin sambangi masyarakat. Senin (26/02/2024).

Guna mewujudkan keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Kaltara, Personel Dit. Binmas selalu meningkatkan kegiatan sambang untuk menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas secara langsung kepada warga.

Sudah menjadi kewajiban sebagai anggota Polri untuk memberikan informasi-informasi dan himbauan kepada warga agar ikut membantu menciptakan situasi yang kondusif dan saling menjaga kerukunan antar warga masyarakat agar terciptanya keharmonisan di lingkungan masyarakat.

Dengan menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat bisa mewujudkan kamtibmas yang aman, nyaman juga kondusif sehingga kehadiran Polri dapat dirasakan oleh masyarakat yang mempunyai tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Hadirnya Polri  di tengah-tengah masyarakat mendapat respon yang positif dari masyarakat. Masyarakat juga dihiimbau apabila ada yang melihat atau mengetahui adanya suatu hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kamtibmas diminta segera untuk menghubungi Bhabinkamtibmas atau melapor ke Polsek terdekat supaya dapat segera diantisipasi sedini mungkin. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Wakapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri

Published

on

Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

JAKARTA – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Agus Andrianto memimpin upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport empat perwira tinggi (Pati) di Rupatama Mabes Polri, Senin (26/2/2024).

“Bahwa siang tadi sekitar pukul 13.30 WIB, Bapak Wakapolri telah memimpin kenaikan pangkat empat Pati Polri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis.

Trunoyudo menuturkan kenaikan pangkat para pati yang mendapatkan promosi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor:STR/472/II/KEP/2024 tanggal 22 Februari 2024.

Keempat Pati Polri naik setingkat lebih tinggi dari Kombes menjadi Brigjen. Mereka sambung Truno, adalah Brigjen Pol Adang Suherman dengan jabatan Agen Intelijen Baintelkam Polri, kemudian Brigjen Pol Hisar Siallagan yang saat ini Pati Lemdiklat Polri dengan penugasan di Badan Narkotika Nasional (BNN), lalu Brigjen Pol Rudi Hananto Nugroho menjabat sebagai Analis dan Advokasi di Divisi Hukum Polri, dan terakhir Brigjen Pol Edfrie R Maith saat ini menjabat Pati Lemdiklat Polri yang ditugaskan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

“Selamat kepada para Pati Polri yang mendapat kenaikan pangkat semoga amanah mengemban tugasnya,” kata Trunoyudo. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Dua Dari Tiga Difabel Lolos Tes Tingkat Akhir SIPSS Polri

Published

on

Dua orang penyandang Difabel lolos masuk SIPSS.

JAKARTA – Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen. Pol. Dedi Prasetyo menyatakan dua dari tiga peserta difabel dalam rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) lolos hingga tahap akhir. Dua difabel tersebut berlatar pendidikan sarjana kedokteran dan sarjana pendidikan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi dan informasi.

 

“Dari tiga peserta yang tes pusat ini, sampai saat ini masih lanjut dua orang,” ujar As SDM di Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (25/2/24).

 

As SDM mengatakan, kedua peserta difabel tersebut memperoleh hasil tes yang baik hingga tahap akhir.

 

Nantinya, ujar As SDM, satu difabel akan bertugas sebagai dokter. Kemudian, satu lainnya sebagai operator di bidang IT.

 

“Pekerjaannya lebih banyak ke staf, staffing, maupun kelompok-kelompok operator,” ungkap As SDM.

 

Selanjutnya, calon siswa yang dinyatakan lolos seleksi, termasuk difabel, akan memulai pendidikan pada 5 Maret 2024. Dalam tahap ini, siswa difabel dan reguler diperlakukan setara.

 

Diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo membuat kebijakan inklusif dengan membuka rekrutmen SIPSS untuk kalangan difabel. Proses seleksi masuk dan kegiatan pendidikan para difabel dengan siswa reguler dilakukan bersamaan.

Polri juga akan membuka kesempatan bagi kalangan difabel untuk mengikut seleksi pendidikan pembentukan Bintara mulai tahun ini. SSDM Polri menggencarkan sosialisasi pengumuman pembukaan rekrutmen Bintara ke kelompok-kelompok disabilitas. **.

Continue Reading

Trending