Connect with us

Berita PEMPROV KALTARA

Berlangsung Meriah, Wagub Sebut Festival Sungai Kayan Bagian dari Promosi Wisata

Published

on

MERIAH : Wagub Kaltara, Dr Yansen TP, M.Si didampingi Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si dan Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Aditya melihat kemeriahan Festival Sungai Kayan 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 233 dan Kabupaten Bulungan ke 63, Rabu (4/10).

TANJUNG SELOR – Pelaksanaan Festival Sungai Kayan 2023 berlangsung meriah. Perhelatan ini diperingati setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 233 dan Kabupaten Bulungan ke 63.

Kemeriahannya dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Bulungan. Di mana terdapat kompetisi olahraga tradisional yang diharapkan dapat menumbuhkan perputaran ekonomi.

Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr Yansen TP, M.Si yang turut menghadiri Festival Sungai Kayan 2023 mengungkapkan perhelatan ini sebagai bagian dari promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Bulungan.

Ia mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan yang rutin menggelar event serupa.
“Satu keberuntungan bagi Kabupaten Bulungan khususnya Kalimantan Utara memiliki sebuah potensi besar yang menopang kehidupan masyarakat dan juga menopang peluang pembangunan kedepan,” kata Wagub Yansen di Pelabuhan VVIP Tanjung Selor, Rabu (4/10).

Menurutnya, Festival Sungai Kayan merupakan rangkaian pesta budaya yang harus dimeriahkan. Sehingga masyarakatpun harus merasakan dampaknya dari segala sektor.

“Ini adalah peluang karena dari sungai ini akan banyak dampak – dampak positif yang bisa menghadirkan kesempatan kerja bagi masyarakat. Di samping digunakan untuk mobilisasi orang dan barang juga bisa menjadi aset wisata,”bebernya.

Ia menilai, Festival Sungai Kayan 2023 memiliki geliat yang cukup signifikan. Di mana jumlah pesertanya kini cukup banyak.
“Jadi saya kira inilah peluang yang besar untuk Kabupaten Bulungan bisa meningkatkan akselerasi pembangunan melalui kondisi Sungai Kayan,” ujarnya.

Karena itu, Wagub meminta pemerintah kabupaten/kota khususnya Kabupaten Bulungan bisa memanfaatkan potensi wisatanya di samping menggunakan alur sungainya. Seperti, bantaran sungai atau pinggirannya dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat.

“Harapan saya kedepannya, kegiatan tradisional di sungai ini tidak akan pernah hilang. Kita berharap kegiatan seperti ini dapat berjalan secara berkesinambungan,”tuntasnya.

Turut hadir Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd., M.Si., Wakil Bupatib (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E., M.Si., beserta unsur Forkopimda Bulungan, anggota DPRD Bulungan. * dkisp/jk/kjs.

PEMPROV KALTARA

Popda ke-1 Kaltara, 8 Cabor Dipertandingkan

Published

on

RESMI DIGELAR : Gubernur Kaltara, DR (HC) H Zainal A Paliwang, M.Hum membuka pelaksanaan Popda ke-1 Kaltara di Tarakan, Rabu (24/7) malam.

TARAKAN – Sebanyak 8 cabang olahraga dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-1 Tingkat Provinsi Kalimantan Utata. Pelaksanaannya dimulai dari 24-29 Juli 2024 di Kota Tarakan.

Gubernur Kaltara DR. (HC). H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum mengungkapkan, gelaran ini merupakan ajang mencari bibit atlet di provinsi ke 34 ini.

“Popda ini merupakan ajang olahraga antar pelajar tingkat tertinggi di Kaltara, yang bertujuan untuk membina serta mengasah potensi yang dimiliki pelajar dalam bidang olahraga,”kata Gubernur, Rabu (24/7) malam.

Menurutnya, sebagai event olahraga pelajar tertinggi di tingkat Provinsi, Popda ke – I ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, maka dari itu Pemprov Kaltara memberi dukungan penuh atas terselenggaranya event ini.

“Nantinya, para juara dalam pelaksanaan Popda ini nantinya akan mewakili Provinsi Kaltara dalam ajang pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (pra-Popnas) 2024 yang akan digelar pada oktober mendatang di Kota Solo, Jawa Tengah,” katanya.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta, panitia serta wasit agar menjunjung tinggi semangat, sportifitas dan profesionalisme. Tunjukkan yang terbaik, jangan menghalalkan segala cara demi meraihnya dan jagalah kejujuran,”sambungnya.

Turut hadir dan mendampingi Gubernur, Sekprov Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP., unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltara, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltara.(dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

SPBE Diharap Dapat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Published

on

PENINGKATAN KUALITAS : Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymart Sijabat, SKM, M.AP membuka Sosialisasi Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) bertempat di Ruang Rapat Benuanta, Rabu (24/7).

TANJUNG SELOR-Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kaltara, Pollymart Sijabat, SKM., M.AP membuka kegiatan sosialisasi arsitektur dan peta rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) bertempat di Ruang Rapat Benuanta, Rabu (24/07/24).

Ia mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kaltara ini. Menurutnya perkembangan teknologi,informasi, dan komunikasi tidak dapa tidak dapat dipungkiri. Terlebih bagi pegawai pemerintahan yang mengabdikan diri pada sektor pelayanan publik, sehingga diperlukan adaptasi perubahan teknologi.

Berdasarkan pengalamannya beberapa waktu lalu melakukan pendampingan PIM IV di Bandung dan di Kaltim dalam rangka studi penjabaran TPP, ia menyaksikan proses dan pelayanan telah berbasis teknologi/ IT.

“Jadi segala sesuatu harus berbasis eletronik/ IT. Kalau kita masih bermain-main dengan situasi ini kita pasti ketinggalan. Padahal visi-misi Gubenur Berubah, Maju, dan Sejahtera. Ini yang mau kita kejar. Untuk perwakilan OPD yang diutus bisa meneruskan ke OPD-nya karena ini (SPBE,red) adalah hal yang fundamental,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Baginya perkembangan teknologi ini memberikan peluang bagi sektor pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah Government to Government (G2G), Government to Business (G2B), dan Government to Citizen (G2C) melalui SPBE.

Arsitektur dan peta rencana SPBE adalah landasan penting dalam menyusun dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi. Matangnya perencanaan dan implementasi yang tepat memberikan manfaat maksimal bagi organisasi dan masyarakat.

Ia juga membacakan pesan Sekprov agar arsitektur dan peta rencana ini tidak hanya menjadi sebuah tumpukan kertas yang tidak bermanfaat. Sekprov meminta kepada Kepala OPD atau perwakilan OPD yang diutus untuk memastikan bahwa setiap rencana dan arsitektur yang telah disusun dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Hadir dalam sosialisasi Kepala DKISP H. Iskandar S.IP,M.Si, Kepala Dinas Sosial Obed Daniel LT, S. Hut., M.M, Direktur Utama PT Digitama Sinergi Indonesia, Pradiptya Setyahadi. (dkisp)

Continue Reading

PEMPROV KALTARA

PWRI Diharap Berkontribusi Bagi Pembangunan Kaltara

Published

on

PWRI : Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltara, H Datu Iqro Ramadhan, S.Sos, M.Si menghadiri peringatan HUT ke-62 PWRI Tarakan, Rabu (24/7).

TARAKAN – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kalimantan Utara (Kaltara) H. Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Tarakan, Rabu (24/7) pagi.

Dengan mengusung tema Dengan Semangat Baru, PWRI Berdaya dan Bermartabat. Peringatan HUT PWRI ini dihadiri ratusan para Purnawirawan Aparatur Sipil Negara (ASN) anggota PWRI.

Datu Iqro mengparesiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada para anggota PWRI yang telah memberi kontribusi besar bagi bangsa dan negara. Terkhususnya Kota Tarakan dan Provinsi Kalimantan Utara.

“PWRI adalah wadah bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk terus berkarya, berbagi pengalaman dan berperan aktif dalam pembangunan daerah. Dan ini adalah bukti bahwa pensiun bukan akhir dari pengabdian, tetapi babak baru untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap H. Datu Iqro Ramadhan.

Menurutnya, di tengah perkembangan zaman dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, perubahan iklim, hingga dinamika ekonomi global yang bergejolak. PWRI dengan pengalamannya dapat memberikan masukan berharga bagi para ASN yang masih aktif mengabdi.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak kepada anggota PWRi untuk aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat untuk sama-sama bekerja keras untuk mewujudkan Kaltara yang maju dan sejahtera,” terangnya.

Di akhir, pemotongan tumpeng dalam rangka peringatan HUT PWRI yang dilakukan bersama oleh para pengurus, anggota serta para tamu undangan yang hadir. PWRI merupakan salah satu organisasi mitra strategis pemerintah dalam mengawal pembangunan di Kota Tarakan dan Provinsi Kalimantan Utara. (dkisp)

Continue Reading

Trending