Connect with us

Berita Kaltara

Untuk Keselamatan, Personil Ditlantas Tegur Pengendara Yang Tak Pakai Helm

Published

on

Personel Ditlantas Polda Kaltara tengah memberikan teguran kepada pengendara motor yang tak menggunakan helm.

TANJUNG SELOR – Polda Kaltara melaksanakan pelayanan prima kepada masyarakat yaitu dengan melaksanakan patroli kemudian melakukan pengaturan lalu lintas pagi, khususnya untuk mengantisipasi rawan laka lantas dan kemacetan di Wilayah Tanjung Selor, Rabu 7/06/2023.

Kegiatan pengaturan lalu lintas ini sudah merupakan rutinitas yang dilaksanakan oleh personil Polda Kaltara dari jajaran dari Dilantas Polda Kaltara disejumlah lokasi titik-titik rawan kecelakaan.

Pada kegiatan tersebut kemudian menemukan pengendara tanpa mengenakan Helm pengaman, kemudian memberikan teguran lisan kepada pengguna kendaraan khususnya pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm.

Kegiatan patroli dan gatur lalin dilaksanakan guna menjaga situasi aman dan membantu keamanan dan kelancaran arus lalulintas serta membantu masyarakat pengguna jalan agar lebih memahami perlunya menjaga ketertiban dan menjadi pelopor dalam keselamatan berlalu lintas guna terciptanya kamseltibcar lantas di lingkungan masyarakat serta menciptakan rasa aman dan nyaman. **.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Mini Tanjung Palas Oleh Bupati Bulungan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan syarwani S Pd M Si bersama jajaran OPD terkait, dan Tokoh masyarakat, tokoh agama, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Stadion Mini di Alun-alun Kecamatan Tanjung Palas, Minggu (24/3/24) Kemarin.

Stadion ini akan menjadi salah satu ikon kebanggaan bagi masyarakat Tanjung Palas dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan sarana olahraga, seni, budaya, serta hal-hal positif lainnya di kawasan tersebut.

Perencanaan pembangunan stadion mini selaras dengan salah satu misi pembangunan di Kabupaten Bulungan yaitu meningkatkan kualitas SDM yang sehat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing.

Dalam konteks ini, pembangunan stadion juga akan menjadi salah satu faktor yang berperan dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bermartabat.

Selain sarana untuk kegiatan olahraga, stadion mini tersebut juga dapat digunakan untuk kegiatan seni, budaya serta hal-hal positif lainnya. Dengan demikian, stadion mini ini diharapkan akan menjadi pusat kegiatan masyarakat Tanjung Palas dan mendorong adanya kegiatan positif yang dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat.

“Saya mohon doa dan dukungan segenap unsur masyarakat, agar pembangunan stadion mini tersebut dapat berjalan lancar, terwujud dengan baik serta memberikan manfaat yang optimal ke masyarakat. ” Kata Syarwani.

Pembangunan stadion ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa bagi kawasan ini dan merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakatnya.

Mari kita dukung dan kawal pembangunan stadion mini di Tanjung Palas dan berharap agar stadion tersebut dapat menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat di kawasan tersebut serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat kabupaten Bulungan khususnya Tanjung Palas. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Langkah Strategis Pemkab Bulungan Tekan Angka Inflasi

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

— Gelar Pasar Murah jingga jamin kelancaran distribusi.

TANJUNG SELOR – Pelaksanaan pasar murah di berbagai wilayah hingga pemantauan stok bahan kebutuhan pokok penting masyarakat, dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) melalui tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bulungan guna mengantisipasi lonjakan harga menjelang datangnya perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Infografis.

Dari laporan yang diterima Bupati Bulungan Syarwani.,S.Pd.,M.Si dari tim TPID Kabupaten Bulungan ada beberapa langkah strtategis yang dilakukan untuk menekan lonjakan harga mejelang Hari Raya Idul Fitri.
“Ada beberapa hal yang telah kita laksanakan yang pertama pasar murah, kegiatan yang paling penting dalam rangka stabilisasi harga pasar,”terang bupati, Selasa (26/3/24).

Menurutnya selama Ramadan 1445 Hijriah ada 5 kegiatan pasar murah yang akan digelar. Salah satunya kegiatan pasar murah yang telah dilaksanakan pada 13 Maret 2024 di Desa Wono Mulyo Tanjung Palas Timur bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Agen Tina. Dengan komoditas yang digelar berupa beras, minyak goreng, gula pasir, telur.
“Barang yang dijual di pasar murah merupakan komoditas yang paling dibutuhkan masyarakat,”terangnya.
Pada 20 Maret lalu juga digelar pasar murah oleh Disperindagkop Bulungan di Halaman Kantor Bupati Bulungan. Bekerjasama dengan agen dan Bulog sebagai supliernya, berupa beras SPHP, minyak goreng, hingga gula pasir.

Selain itu, kata bupati pada Selasa 26 Maret 2024 di Aula DKUMPP Disperindagkop Bulungan juga digelar pasar murah. Dengan melibatkan banyak distributor seperti Bulog, Agen Tina, Panen Raya dan juga Agen Sembako Bintang Borneo.
Dengan menjual Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) seperti beras, minyak goreng, tepung, margarin, susu, bawang merah, bawang putih hingga tepung.

“Laporan yang saya terima 2 titik pasar murah juga akan digelar pada 28 Maret di Kecamatan Sekatak dan 4 April di Tanjung Palas Timur di wilayah Mangkupadi,”jelasnya.
Selain pasar murah upaya Disperindagkop menjaga stabilitas harga. Dengan melakukan pemantauan stok kebutuhan pokok secara berkala di beberapa agen besar termasuk menjaga agar penjualan tidak melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET).
Disperindagkop juga melakukan sosialisasi belanja bijak, salah satu permasalahan menjelang Hari Raya Idul Fitri mulai marak oknum yang melakukan penimbunan. Termasuk prilaku panic buying masyarakat menjelang hari raya.

Langkah strategis lainya dengan dibukanya Toko Murah Benuanta TPID di Pasar Induk. Kerjasama antara Pemda Bulungan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltara dan juga Bulog.
“Dengan adanya Toko Murah Benuanta yang beroprasi di Pasar Induk adalah langkah strategis menjaga stabilitas harga,”terangnya.

Untuk menjaga pasokan bahan kebutuhan pokok yang selama ini masih di pasok dari wilayah Samarinda dan Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim). Disperindagkop juga telah menjalin komunikasi khusus dengan pihak SPBU untuk memprioritaskan truk pengangkut Sembako terutama yang telah memiliki surat rekomendasi dari Disperindagkop Bulungan.
“Jangan sampai truk pengangkut kebutuhan pokok ini mengantri berhari-hari hanya untuk dapat Solar. Yang berakibat pasokan Sembako jadi langka memicu terjadinya inflasi,”jelasnya.

Dengan tingginya angka permintaan daging ayam di Kabupaten Bulungan yang selama ini sebagian besar dikirim dari Berau. Bupati Bulungan melalui Disperindagkop juga telah menjalin kerjasama dengan PT Japfa.
Untuk memfasilitasi kerjasama dengan para peternak lokal untuk meningkatkan produksinya sehingga kebutuhan ayam potong dari Berau bisa dikurangi.
“Kebutuhan ayam potong di Tanjung Selor sekitar 7000 ekor per hari. Jadi cukup besar kebutuhanya sehingga kita upayakan kebutuhan ini bisa dipenuhi oleh peternak lokal kita,”pungkasnya.

Sebagai informasi dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2024 inflasi Kaltara year on year (y-o-y) sebesar 2,33 persen. Dengan inflasi bulanan month to month (m-t-m) sebesar 0,19 persen, inflasi tahun kalender year to date (y-t-d) sebesar 0,24 persen. Dengan angka inflasi Kabupaten Bulungan sebesar 1,96 persen menempatkan Bulungan menjadi wilayah dengan urutan ke 8 dengan angka inflasi terendah secara nasional. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, DPRD Bulungan Minta TPID Terus Melakukan Pemantauan

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

– Pemkab juga diminta segera gelar pasar murah di wilayah tertentu.

TANJUNG SELOR – H Hamka S IP Wakil ketua DPRD Bulungan, Kalimantan Utara, meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk terus melakukan pemantauan, agar lonjakan harga barang kebutuhan pokok menjelang lebaran Idul Fitri 1445 H terkendali sesuai harapan.

“TPID Bulungan termasuk kategori baik di Kaltara, harapan kita juga agar inflasi terhadap harga sembako tetap stabil, ” kata H Hamka S IP kepada media ini, Rabu, 273/2024.

Artinya tidak hanya menjelang hari raya, akan tetapi pada hari-hari biasa harga juga tetap stabil, agar daya beli masyarakat kita tidak terganggu.

Lebih lanjut H Hamka berharap, ada operasi pasar yang rutin dilaksakan, termasuk harus menggelar pasar murah untuk rakyat di wilayah tertentu. Terutama barang-barang kebutuhan pokok masyarakat untuk melaksanakan hari raya idul Fitri nanti.

“Jenis barang seperti minyak makan, telur, susu, syrup dan margarine serta gula pasir, bila memungkin kan beras juga ada pada pasar murah dimaksud, ” tegas H Hamka.

Intinya lanjut dia, masyarakat kita harus bergembira bersama keluarganya ketika merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending