Connect with us

Berita Bulungan

Pemerintah Diminta Serius Mendorong Serta Memperkuat Sektor Ketahanan Pangan

Published

on

Markus Juk ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Untuk memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Bulungan khususnya dan Provinsi Kalimantan Utara pada umumnya, ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bulungan, Markus Juk, mengajak semua pihak untuk fokus memperhatikan sekaligus mendorong pelaku pertanian dan perkebunan untuk diberi bantuan agar bisa terus memperluas areal tanam , supaya produksinya terus meningkat dari waktu ke waktu.

” Harapan nya kepada Pemerintah Daerah, baik Pemkab Bulungan maupun Pemprov Kaltara, sekaligus anggota-anggota dewan bisa lebih fokus memberikan angin perubahan dan perhatian kepada petani-petani kita untuk bisa terus meningkatkan hasil pertanian nya, ” ujar Markus Juk, ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bulungan kepada media ini, kemarin.

Kalau memungkinkan anggaran kepada Dinas Pertanian itu ditambah, agar mereka bisa leluasa memberi bantuan berupa pupuk, bibit, pestisida dan herbisida sesuai kebutuhan petani tersebut.

Dibagian lain, Markus Juk, juga menyikapi kebutuhan nelayan, terutama nelayan yang melakukan penangkapan udang atau ikan diperairan terbatas. “Nelayan ini juga merupakan urat nadi salah satu pendorong ketahanan pangan kita, jadi wajar bila mereka juga mendapat perhatian serius dari pemerintah, ” ujarnya.

Apalagi dengan kondisi Kabupaten Bulungan kedepan, yang kebetulan akan menjadi kawasan industri hijau atau pelabuhan internasional di Tanah Kuning kecamatan Tanjung Palas Timur. Harapan nya maka mulai sekarang Pemkab dan Pemprov Kaltara harus memberi dorongan yang maksimal kepada nelayan dan petani untuk mengembangkan usahanya nya.

Menyoal akan maju kembali sebagai calon anggota Legislatif di Pileg 2024 yang akan datang, Markus Juk mengatakan hanya ingin fokus untuk memberikan uji perhatian khusus disektor pertanian dan para nelayan, terutama nelayan tradisional.

Karena sebaik apapun infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah pusat, Pemkab maupun Pemprov, ketika para petani dan nelayan tidak diperhatikan, maka tujuan untuk menjadikan daerah sebagai sentra pangan akan sulit terwujud.

“Seharusnya sudah banyak sentra atau kebun contoh sebagai wahana tempat petani kita belajar, baik cara menanam maupun cara merawat tanaman yang benar, ” tukas Markus Juk.

Setelah mengunjungi beberapa satuan pemukiman (SP) Transmigrasi di Kabupaten Bulungan, menurut Markus Juk, dimana warga yang bercocok tanam bawang merah kondisi nya sangat memprihatinkan sekali.

“Kalau saya masih dipercaya dan terpilih sebagai anggota Legislatif di Provinsi Kalimantan Utara, siap mendorong dan membantu para petani dan nelayan itu, ” imbuh Markus Juk.

Mengingat betapa semangatnya petani yang ada di wilayah transmigrasi saat ini mengembangkan potensi pertanian, akan tetapi bendungan atau kanal yang ada sebagai aliran air tidak berfungsi maksimal. Sehingga saat air pasang air yang ada akan meluap sampai kelahan yang ditanam, akibatnya petani nya kerap gagal panen.

“Semoga saja ini akan menjadi perhatian pemerintah kita untuk perbaikan dan peningkatan dimasa-masa yang akan datang, ” tutup nya. * jk.

Bulungan

Butuh 1,8 Ton Perbulan, Bila Pabrik Coklat Batangan PT PKN Beroperasi

Published

on

Mesin pabrik pengolah coklat batangan milik PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

– Petani diharapkan terus memperluas areal kebun coklatnya.

TANJUNG SELOR – Hadirnya mesin pabrik pengolah biji coklat batangan milik PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, diyakini kedepan akan mampu mendongkrak ekonomi para petani kakao setempat atau nama latin buah tersebut adalah Theobroma cacao.

Pasalnya, selain tanaman ini cepat berbuah, harga jualnya pun tetap stabil. Artinya perkilogram biji kakao kering dihargai Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Menurut keterangan salah satu karyawan PT PKN, Agus melalu pesan WhatsAPP, kepada media ini, Kamis 27/4/2023 menyebut, bila sudah beroperasi normal pabrik pengolah coklat batangan butuh biji kakao kering lebih kurang 60 kg perhari, berarti perbulan kebutuhan mencapai 1,8 ton.

Saat ini lanjutnya, pasokan biji kakao selain dari Bulungan, sebagian nya dari Kabupaten Malinau.

Hasil investigasi wartawan media ini dilapangan, Kabupaten Bulungan sendiri sejak dua tahun terakhir sudah melakukan penanaman bibit kakao secara besar-besaran, diperkirakan saat ini sudah mencapai ratusan hektar.

Untuk sentra pengembangan nya ada di Laliw desa Antutan, Sekatak dan desa Sajau. Areal tanam nya juga terus diperluas oleh petani setempat.

Untuk itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bulunganterus mendorong perluasan tanaman coklat tersebut. “Pada tahun anggaran ini, kita akan membantu serta memberi pendampingan kepada petani untuk melakukan sambung pucuk jenis kakao MCC 02, ” cerita Kepala Dinas Petenian Tanaman Pangan Kabupaten Bulungan, H Syahruddin, beberapa waktu lalu

Selain berbuah besar, jenis kakao MCC 02 ini juga mudah tumbuh di segala medan, serta tahan terhadap serangan hama.

Karenanya, dengan konsen nya Pemkab Bulungan melalui OPD terkait mengembang kan tanaman tersebut, bukan tidak mungkin kedepan Bulungan akan menjadi sentra kakao terdepan di Provinsi Kalimantan Utara. * jk.

 

Continue Reading

DPRD Bulungan

Ketua DPRD Bulungan Minta Proses Lelang Tender Proyek di Percepat

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, minta agar proses lelang tender proyek tahun anggaran 2024 dipercepat, agar tidak terjadi SILPA.

“Seharusnya memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini seluruh proses lelang sudah selesai dilaksanakan, ” ujar Ketua DPRD Bulungan Kilat A Md, kepada media ini diruang kerjanya, Selasa 23/4/2024.

Di tanya perihal terkait perbaikan kerusakan jalan Teluk Selimau, Kelurahan Selimau, kecamatan Tanjung Selor, ia mengatakan sesuai pembicaraan dengan Pemkab Bulungan, ada 4 ruas jalan yang akan diperbaiki pada tahun anggaran ini. Diantaranya jalan Laing Usat, dan ruas jalan lain yang kerusakan nya sangat parah.

“Masyarakat sudah sering bertanya, kapan jalan mereka yang rusak diperbaiki, ” ujar Kilat.

Seharusnya, seluruh kegiatan sudah mulai bisa dilaksanakan, pada periode anggota dewan sekarang. “Begitu anggota yang baru dilantik mereka tinggal fokus pada ABPD perubahan saja, ” pungkas Kilat. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Tim Pansus LKPj Bupati Bulungan Rampungkan Evaluasi Lapangan

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

– Tinggal sinkronisasi dengan OPD terkait dijajaran Pemkab.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, optimis tim Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bulungan tahun anggaran 2023 berkerja selesai tepat waktu, yakni selama 30 hari kerja.

“Saat ini tim Pansus LKPj mulai menyusun undangan kepada pemerintah daerah, khususnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna sinkronisasi laporan dan realisasi dilapangan, ” kata H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan, kepada media ini, Senin 22/4/2024.

Selanjutnya setelah itu akan ditindaklanjuti dengan rekomendasi dari DPRD kepada Pemkab untuk ditindaklanjuti. “Hal ini mulai berjalan dan belum disimpulkan hasilnya, ” tambahnya.

Lebih lanjut H Hamka juga berharap semua tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Jadi begitu Paripurna semuanya bisa disepakati bersama.

Menyinggung soal percepatan lelang, H Hamka berharap memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini semuanya sudah selesai. Supaya tak ada lagi pekerjaan rumah yang tertunda.

“Harapan nya begitu anggota DPRD yang baru dilantik, mereka hanya tinggal membahas APBD Perubahan saja, ” tutupnya. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending