Connect with us

Berita Bulungan

Infrastruktur Jalan Diwilayah Pedalaman Bulungan Kaltara Belum Maksimal

Published

on

Fransiscus Hendi Kuswanto SH.

– Mengakibatkan perekonomian warga lamban untuk berkembang.

TANJUNG SELOR – Buruknya infrastruktur jalan dari desa menuju ibukota kecamatan selanjutnya menuju ibukota Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara disebut jadi pemicu utama lamban nya ekonomi masyarakat di pedesaan berkembang.

“Lamban nya perekonomian masyarakat berkembang di Kabupaten Bulungan khususnya di wilayah pedalaman dikarena kan terbatas dan buruk nya infrastruktur jalan yang baik, ” kata Fransiscus Hendi Kuswanto SH atau yang akrab disapa Frans di Tanjung Selor, Kepada media ini, Selasa 30/5/2023.

Terutama warga yang berdomisili di pehuluan Sungai Kayan, kebutuhan akan infrastruktur jalan yang vital sangat penting sekali diperhatikan. Agar para petani disana bisa dengan mudah mengangkut hasil pertanian nya untuk dijual disejumlah pasar tradisional yang ada di Tanjung Selor.

“Karena rata-rata ruas jalan yang ada belum maksimal untuk dilintasi terpaksa kebanyakan warga di pedalaman mengangkut hasil buminya nya menggunakan alat transportasi sungai seperti perahu ketinting, ” kata Fransiscus Hendi Kuswanto.

Sehingga biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat kita cukup lumayan besar. Akibatnya keuntungan dari menjual hasil pertanian juga terbatas.

Seharusnya pemerintah melihat ini secara arif dan bijaksana. Karena bagaimanapun warga yang ada dipedalaman itu notabene juga adalah masyarakat kabupaten Bulungan yang wajib menikmati hasil pembangunan.

Selain itu, Frans juga berharap seluruh perusahaan swasta baik perkebunan maupun pertambangan wajib seyogyanya bisa berperan aktif untuk membantu pemerintah menjaga serta merawat ruas jalan yang dilintasi oleh masyarakat. Karena biar bagaimanapun distribusi hasil pertanian dan perkebunan warga biaya angkutnya bisa ditekan sekecil mungkin hanya melalui jalur darat tersebut. * jk.

Bulungan

PT Pesona Kathulistiwa Nusantara Salurkan 11 ekor Sapi dan 9 Ekor Kambing Untuk Qurban 1445 H

Published

on

Penyerahan hewan qurban dari PT Energi Nusa Mandiri (ENM) group kepada salah satu desa binaan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Sejumlah 20 desa dampingan dan 4 kecamatan di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara pada lebaran Idul Adha 1445 atau tepatnya tanggal 17 Juni 2024 besok, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) mendistribusikan hewan qurban sebanyak 11 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

Adapun perusahaan yang tergabung dalam perusahaan Energi Nusa Mandiri (ENM) Group tersebut antara lain, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN), PT Sumber Alam Sekurau (SAS) dan PT Megah Energi Khatulistiwa (MEK).

Serta kontraktor pelaksana, PT Mitra Indah Lestari, PT Aulia Jaya Kaltara, PT Tanjung Makmur, PT Mitra Kemakmuran Line, PT Anugerah Wana Perkasa, PT Sukses Inti Solusindo dan PT Risdianto Bersaudara

Kegiatan berbagi hewan qurban ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dalam suasana hari raya Idul Adha.

“Kami mewakili manajemen dan direksi Energi Nusa Mandiri (ENM) group bersama kontraktor mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Djulhijah 1445 H mohon maaf lahir dan batin, ” tutup Kun Prayogi Herlambang S Ikom, Humas PT PKN. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Meraih 5 Kali WTP, DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab Bulungan

Published

on

H Hamka S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka M,.S, IP, MH, mengapresiasi atas perolehan WTP kali ke 5 dari BPK RI kepada Pemkab Bulungan.

“Selamat kepada Pemkab Bulungan atas raihan WTP yang ke 5 kalinya, ” ujar H Hamka kepada media ini, Minggu 1/6/2024.

Kendati demikian ia juga mengingatkan, dengan raihan itu jangan berpuas diri. Akan tetapi masih banyak lagi yang sangat perlu di evaluasi, agar pengelolaan sistem yang ada kedepan lebih baik lagi.

“Harapan saya teruslah meningkatkan kinerja, supaya tercapai apa yang kita cita-citakan untuk kesejahteraan kabupaten Bulungan secara menyeluruh, ” imbuhnya.

Di bagian lain, Hamka juga meminta kepada pemerintah untuk terus memperhatikan sektor pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti pembangunan dan peningkatan jalan, membuka aksesbilitas dari desa-desa menuju ibukota kecamatan.

“Yang tidak kalah penting adalah perhatian terhadap kebutuhan dasar masyarakat, seperti penerangan listrik, air bersih, pelayanan kesehatan dan pendidikan, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Agar Tidak Kumuh PKL Perlu Disiapkan Tempat Berjualan

Published

on

Mustafah anggota DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pedagang kaki lima yang mangkal di Tanjung Selor menuai sorotan, lantaran kurang perhatian terhadap kerapian lapak atau gerobak yang digunakan saat berjualan.

“Seharusnya kalau sudah selesai berjualan tempat nya dirapikan, agar tidak terkesan kumuh, ” kata Mustafah anggota DPRD Bulungan, belum lama ini.

Oleh sebab itu lanjutnya, untuk mengatasi ini Pemkab harus menyiapkan tempat khusus berjualan kepada para PKL tersebut, Barulah persoalan bisa sedikit teratasi.

Di ketahui para pedagang kaki lima juga merupakan pelaku UMKM, mereka harus mendapat dorongan dan tempat berjualan yang baik, supaya peningkatan ekonomi daerah terus bergerak dinamis.

Mendapat pembinaan dan bantuan permodalan. Bila hal ini dilakukan disektor penguatan ekonomi akan terus berkembang sesuai harapan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending