Connect with us

Berita DPRD Bulungan

Melalui Pendidikan Vokasi dan BLK Solusi Menjawab Kesiapan Tenaga Kerja di Bulungan

Published

on

H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Menyongsong beroperasinya kawasan industri hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur dan PLTA Kayan, di kecamatan Peso, Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara H Hamka S IP, mendorong Pemkab untuk segera mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal agar nantinya bisa direkrut sebagai tenaga kerja disana.

“Jangan sampai karena kita tidak mempersiapkan SDM putera puteri Bulungan sejak sekarang, akibatnya kelak mereka kesulitan untuk menjadi tenaga kerja baik di KIHI (Kawasan Industri Hijau Indonesia) maupun di proyek PLTA Kayan, “terang H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan, kepada media ini, Minggu 16/4/2023.

Solusi nya untuk menjawab semua itu, Pemkab Bulungan harus berupaya menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi Vokasi, sesuai bidang atau kebutuhan kedua perusahaan tersebut, termasuk membuka Balai Latihan Kerja (BLK), “minimal setiap tahun anggaran banyak pemuda kita dikirim untuk mengikuti pelatihan kerja sesuai bidang nya masing-masing keluar daerah, ” ujarnya.

Soal percepatan SDM ini, kepedulian dari pihak perusahaan swasta juga sangat diharapkan, melalui program CSR mereka wajib memberi beasiswa kepada anak-anak Bulungan untuk kuliah keluar daerah.

“Saya yakin, bila mereka kelak selesai kuliah atau selesai mengikuti pelatihan keterampilan, tidak hanya siap sebagai tenaga skill di perusahaan yang ada, tapi pasti ada yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, yang terpenting support yang diberikan harus terus berlanjut, ” kata H Hamka.

Artinya sektor pengembangan usaha mandiri juga perlu dilakukan. Guna memperkuat sendi-sendi ekonomi kerakyatan.

“Apa.lagi setiap tahun kelulusan SMA dan SMK yang tidak melanjutkan pendidikan cukup banyak. Oleh sebab itu, melalui pelatihan keterampilan lah satu-satunya solusi untuk mempersiapkan mereka didunia kerja, ” tukas H Hamka. *jk/kjs.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Bulungan

Usai Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Askab PSSI Bulungan Gelar Pelatihan Wasit

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

— dilanjutkan dengan kompetisi antar klub untuk mencari bibit pesepakbola handal masa depan.

TANJUNG SELOR – Setelah pelaksanaan ibadah Puasa bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Askab PSSI Kabupaten Bulungan akan melaksanakan Diklat Wasit, yang terbuka untuk siapa saja yang berminat menjadi pengadil dilapangan hijau tersebut.

Perihal itu disampaikan oleh Askab Kabupaten Bulungan H Hamka S IP kepada media ini, Senin 26/2/2024 kemarin.

“Para wasit juga akan diberi sertifikat, ” ujarnya.

Lebih lanjut H Hamka S IP yang juga wakil ketua DPRD Bulungan ini menambahkan, dengan diikutinya peserta pelatihan dari seluruh kecamatan tersebut, ketersediaan wasit pada setiap even akan tercukupi, artinya tidak perlu lagi mendatangkan keuntungan wasit dari luar daerah.

Setelah pelatihan wasit, Askab PSSI Bulungan juga sudah menjadwalkan pertandingan antar klub. Guna mencari bibit handal pesepakbola di Kabupaten Bulungan yang nantinya dipersiapkan bila ada even provinsi digelar.

Harapannya, dengan kontinyunya pertandingan kedepan tim Bulungan bisa berkompetisi ditingkat nasional. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Mendesak Peningkatan Jalan Tanjung Palas – Salimbatu Berlanjut di Tahun Anggaran 2024

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Pembangunan peningkatan jalan Tanjung Palas – Salimbatu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara berlanjut pada tahun anggaran 2024 ini, perihal itu disampaikan oleh H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan saat menyampaikan sambutan nya di acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), kemarin.

“Saya minta peningkatan jalan Tanjung Palas – Salimbatu terus berlanjut pada tahun ini hingga tuntas, ” kata H Hamka.

Selain jalan lanjutnya, jembatan juga harus menjadi perhatian, agar keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melintas dapat terjamin dengan baik.

“Bila ruas jalan selesai ditingkatkan otomatis akan berpengaruh dengan peningkatan perekonomian masyarakat, ” imbuhnya.

H Hamka yang juga politisi PDI Perjuangan ini mendesak, supaya ruas jalan bisa bertahan lama, untuk saluran pembuangan air juga wajib diperhatikan dan dibangun disana. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

H Hamka : “Terima Kasih Masyarakat Bulungan “

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Wakil ketua DPRD Kabupaten Bulungan, H Hamka S IP, mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu tahun 2024.

“Suksesnya Pemilu digelar pada tanggal 14 Februari 2024 lalu tak terlepas dari peran serta para penyelenggara yang bahu membahu untuk menyukseskan nya, ” ujar H Hamka S IP mengawali perbincangan nya kepada media ini, Jumat, 16/2/2024.

Selain itu lanjutnya, ia juga memuji antusiasme warga untuk berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak pilih nya.

“Alhamdulillah semuanya berjalan aman damai dan lancar, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending