Connect with us

Berita DPRD Bulungan

Rencana Kebun Demplot Kelapa Pandan di Salimbatu Disambut Gembira Masyarakat

Published

on

H Ilhamsyah anggota DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Kabar ada nya rencana salah satu perusahaan swasta yang ingin membangun kebun demplot atau kebun contoh kelapa pandan di desa Salimbatu, kecamatan Tanjung Palas Tengah disambut gembira oleh masyarakat, salah satunya H Ilhamsyah, anggota DPRD Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

“Kelapa pandan ini potensi nya sangat menjanjikan serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena air dan rasa daging buahnya yang mempunyai ciri khas tersendiri dan sangat digemari oleh banyak orang, ” kata H Ilhamsyah saat berbincang dengan media ini, Selasa 14/3/2023 kemarin.

Apalagi permintaan akan kelapa muda di Bulungan maupun Tarakan sekarang terus meningkat. Tentu kelak bila tanaman Kelapa Pandan di Salimbatu ini berhasil, otomatis akan dapat menambah penghasilan masyarakat nya.

Harapan nya kata H Ilhamsyah, pihak perusahaan yang akan membangun kebun demplot kelapa pandan jangan hanya sampai pada pembangunan kebun contoh saja. Yang tidak kalah penting bagaimana bisa bersama masyarakat yang memiliki lahan dapat memberikan bantuan bibit dan pembinaan yang berkelanjutan kepada setiap warga yang berminat mengembangkan tanaman tersebut.

Bukan mustahil kelak bila tanaman kelapa pandan ini sudah mencapai ratusan hektar buah dan airnya tidak hanya semata dijual kesetiap warung makan saja. Akan tetapi akan muncul ide bagaimana membuat minuman kelapa pandan kemasan, maka akan berdiri industri baru di Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Mencermati struktur lahan atau tanah di Salimbatu, H Ilhamsyah mengaku optimis dapat tumbuh dengan baik. “Kelapa itu selain suka pada lahan yang kering, namun juga sangat membutuh kan aliran air yang cukup, ” ujarnya.

Kalau saja potensi buah kelapa ini kita kembang kan dengan sungguh-sungguh, Bulungan atau Kaltara dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa menyaingi potensi pertanian negara Thailand. * jk/kjs.

DPRD Bulungan

Ketua DPRD Bulungan Sepakat Rumah Singgah Segera di Bangun di Tarakan

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

— Khusus untuk keluarga pasien yang dirujuk ke RS Yusuf SK Tarakan.

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, mendukung penuh keinginan masyarakat agar Pemkab Bulungan atau Pemprov Kaltara segera membangun rumah singgah untuk keluarga pasien dari Bulungan yang mendampingi keluarganya kalau dirujuk ke RS Yusuf SK Tarakan.

“Agar pembangunan rumah singgah itu cepat terwujud sebaiknya Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara bisa bersinergi untuk mewujudkan pembangunan nya, alasan nya karena masyarakat Bulungan juga adalah masyarakat Provinsi Kalimantan Utara, ” kata Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, kepada media ini, Selasa 23/4/2024 kemarin diruang kerjanya.

Selain itu, untuk mensiasati cara lain adalah melalui Forum Corporate Social Responsibiliti (CSR) beberapa perusahaan swasta yang beroperasi di Kabupaten Bulungan. “Saya pikir kalau kita melibatkan swasta untuk membangun maka prosesnya bisa lebih cepat, ” ungkapnya.

Di ketahui wacana agar rumah singgah bagi keluarga pasien yang mendampingi rujukan ke Tarakan ini sudah lama dirindukan masyarakat. Supaya nantinya mereka lebih mudah dan sedikit meringankan biaya kala mendamlingi keluarga nya berobat.

Di mana keinginan masyarakat tersebut agar kelak bila dibangun, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari rumah sakit dimaksud.

“Artinya hanya dengan berjalan kaki dari rumah singgah maka sudah bisa menjenguk keluarganya yang dirawat, ” tutup Kilat Bilung. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Ketua DPRD Bulungan Minta Proses Lelang Tender Proyek di Percepat

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, minta agar proses lelang tender proyek tahun anggaran 2024 dipercepat, agar tidak terjadi SILPA.

“Seharusnya memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini seluruh proses lelang sudah selesai dilaksanakan, ” ujar Ketua DPRD Bulungan Kilat A Md, kepada media ini diruang kerjanya, Selasa 23/4/2024.

Di tanya perihal terkait perbaikan kerusakan jalan Teluk Selimau, Kelurahan Selimau, kecamatan Tanjung Selor, ia mengatakan sesuai pembicaraan dengan Pemkab Bulungan, ada 4 ruas jalan yang akan diperbaiki pada tahun anggaran ini. Diantaranya jalan Laing Usat, dan ruas jalan lain yang kerusakan nya sangat parah.

“Masyarakat sudah sering bertanya, kapan jalan mereka yang rusak diperbaiki, ” ujar Kilat.

Seharusnya, seluruh kegiatan sudah mulai bisa dilaksanakan, pada periode anggota dewan sekarang. “Begitu anggota yang baru dilantik mereka tinggal fokus pada ABPD perubahan saja, ” pungkas Kilat. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Tim Pansus LKPj Bupati Bulungan Rampungkan Evaluasi Lapangan

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

– Tinggal sinkronisasi dengan OPD terkait dijajaran Pemkab.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, optimis tim Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bulungan tahun anggaran 2023 berkerja selesai tepat waktu, yakni selama 30 hari kerja.

“Saat ini tim Pansus LKPj mulai menyusun undangan kepada pemerintah daerah, khususnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna sinkronisasi laporan dan realisasi dilapangan, ” kata H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan, kepada media ini, Senin 22/4/2024.

Selanjutnya setelah itu akan ditindaklanjuti dengan rekomendasi dari DPRD kepada Pemkab untuk ditindaklanjuti. “Hal ini mulai berjalan dan belum disimpulkan hasilnya, ” tambahnya.

Lebih lanjut H Hamka juga berharap semua tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Jadi begitu Paripurna semuanya bisa disepakati bersama.

Menyinggung soal percepatan lelang, H Hamka berharap memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini semuanya sudah selesai. Supaya tak ada lagi pekerjaan rumah yang tertunda.

“Harapan nya begitu anggota DPRD yang baru dilantik, mereka hanya tinggal membahas APBD Perubahan saja, ” tutupnya. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending