Connect with us

Berita Kaltara

Jalan Perbatasan, Pelabuhan Sebawang KTT dan Malinau Dibangun Tahun Ini

Published

on

Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA anggota DPR RI (kanan) dan Menteri PUPR Ir Muhammad Basoeki Hadimoeljana M Sc Phd Menteri PUPR Republik Indonesia (kanan).

TANJUNG SELOR – Bermula dari percakapan singkat dengan Presiden Republik Indonesia, Ir H Jokowidodo saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang di Kabupaten Malinau beberapa waktu lalu, Ir Dedy Yevri Hanteru Sitorus MA anggota Komisi VI DPR RI Dapil Kaltara berkesempatan menyampaikan apa saja pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh Provinsi Kalimantan Utara kepada Presiden.

“Disela acara peresmian bapak Presiden memanggil saya, beliau bertanya bang Torus apa yang penting disini, lalu saya bilang pak Presiden, bahwa satupun PLBN kita di Kaltara belum punya jalan tembus kecuali yang di Sebatik Kabupaten Nunukan sudah selesai dan posisinya ada di pulau, akan tetapi dua lagi yang satunya melalui sungai dan hampir selesai posisinya ada didesa Labang sementara dua lagi yang satu itu jalan nya rusak parah belum ada jalan nasional dan belum nyambung sementara yang didesa Long Midang , Krayan sama sekali sudah dibatalkan, ” kata Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus saat diwawancarai media ini, Jumat Malam, 10/3/2023 di sekretariat DPC PDIP jalan Pinus Tanjung Selor.

Terkait hal itu, setiba kembali di Jakarta Dedy Sitorus mengaku langsung mendapat telpon dari Menteri PUPR Ir Muhammad Basoeki Hadimoeljana M Sc Phd, beliau menanyakan perihal yang disampaikan ke Presiden. “Lalu saya menunjuk kan data-data dan video serta poto tentang kondisi disana, dan beliau faham, berjanji akan segera mencari solusi termasuk pembangunan jembatan gantung, ” kata Dedy.

Untuk ruas jalan Malinau – Krayan dari 203 kilo meter masih ada sekitar 32 kilometer antara Binuang dan Long Bawan belum nyambung, namun ada anggaran yang direncanakan yaitu lewat ADB, tapi itu belum fiks, oleh sebab itu disini saya minta tolong kalau memang benar ini segera di fiks kan. Selanjutnya ada perbaikan geometri sekitar 6 kilo meter didaerah Semamu ditambah ruas jalan Binuang ke Long Bawan sekitar 30 an, ditambah lagi satu jembatan dan masih ada sekitar 40 kilo meter yang harus di kerjakan supaya itu segera bisa fungsional, ” ujarnya.

Untuk Labang – Mansalong Dedy Sitorus mengaku sudah mendapat update dari Balai bahwa AMDAL sudah dilakukan. Sekarang sudah memasuki tahap Detail Engineering Design (DED), lalu proses ijin. Nya sedang berlangsung.

“Kalau semuanya sudah selesai baru boleh dimasukan ke anggaran, ” ucap Deddy Sitorus.

Untuk kepastian nya belum bisa dipastikan, oleh sebab itu Dedy Yevri Hanteru Sitorus dijadwalkan Senin depan bertemu kepala kepala Balai PJN Kaltara. Untuk mendetailkan supaya bisa segera diajukan ke Jakarta.

“Ini juga akan saya kawal lagi di Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI ” imbuh Deddy.

Karena proses.penggaran nya ada disana. Demikian juga jalan Nasional yang ada.di Apo Kayan kabupaten Malinau, yaitu jalan yang dari Long Bangun ke Long Pahangai.

Itu pembangunan nya memang harus begitu karena wilayah nya dari sana dan terkoneksi dengan Kalimantan Barat maupun Kalimantan Timur akan melewati Long Pahangai tersebut dan itu terus nyambung hingga ke Krayan.

Selain jalan perbatasan menurut Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA, pihak nya juga sudah ada komitmen dengan Kementerian Perhubungan RI, untuk pembangunan pelabuhan-pelabuhan kecil di Sebawang Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Malinau.

“Kita juga ada mengajukan ditempat Helikopter Presiden mendarat kemarin akan dibangun pelabuhan, tapi semuanya masih berproses, ” pungkas Deddy Sitorus. * Jk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Bulungan

Usai Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Askab PSSI Bulungan Gelar Pelatihan Wasit

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

— dilanjutkan dengan kompetisi antar klub untuk mencari bibit pesepakbola handal masa depan.

TANJUNG SELOR – Setelah pelaksanaan ibadah Puasa bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Askab PSSI Kabupaten Bulungan akan melaksanakan Diklat Wasit, yang terbuka untuk siapa saja yang berminat menjadi pengadil dilapangan hijau tersebut.

Perihal itu disampaikan oleh Askab Kabupaten Bulungan H Hamka S IP kepada media ini, Senin 26/2/2024 kemarin.

“Para wasit juga akan diberi sertifikat, ” ujarnya.

Lebih lanjut H Hamka S IP yang juga wakil ketua DPRD Bulungan ini menambahkan, dengan diikutinya peserta pelatihan dari seluruh kecamatan tersebut, ketersediaan wasit pada setiap even akan tercukupi, artinya tidak perlu lagi mendatangkan keuntungan wasit dari luar daerah.

Setelah pelatihan wasit, Askab PSSI Bulungan juga sudah menjadwalkan pertandingan antar klub. Guna mencari bibit handal pesepakbola di Kabupaten Bulungan yang nantinya dipersiapkan bila ada even provinsi digelar.

Harapannya, dengan kontinyunya pertandingan kedepan tim Bulungan bisa berkompetisi ditingkat nasional. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Bupati Bulungan Terus Gencarkan Operasi Pasar

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si melaksanakan Sidak ke pasar tradisional beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah yang sebentar lagi dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan Sembako dipasaran bagi warga masyarakat.

“Sampai nanti menyambut hari raya Idul Fitri kita akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan nya, ” kata Bupati Syarwani, Minggu 25/2/2024.

Tentunya hal ini tidak semuanya menjadi beban pemerintah, melain kan dunia usaha juga diharapkan bisa menjaga ketersediaan tersebut.

Kendati demikian, pemerintah senantiasa terus membangun koordinasi komunikasi terutama dari Kementerian lembaga yang ada melalui Bulog untuk menjamin ketersediaan pasokan-pasokan daripada pemenuhan kebutuhan pokok yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan.

Lebih lanjut Bupati juga siap mendorong mereka untuk menjaga stabilitas harga barang kepada dinas terkait, melalui asisten 2 dan Disperindagkop, Dinas Pertanian maupun juga dari Badan Ketahanan Pangan untuk selama bulan Ramadhan tetap menggelar kegiatan kegiatan operasi pasar.

Nah melalui kegiatan operasi pasar ini paling tidak kita harapkan ada akses kemudahan yang didapatkan warga masyarakat dalam pemenuhan 9 bahan pokok nya. Di sisi lain juga dalam rangka untuk memastikan menjamin stabilitas harga sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang terlalu signifikan ketika memasuki bulan puasa Ramadhan maupun maupun menyambut hari raya Idul Fitri yang akan datang.

Disisi lain, ia juga mendorong kepada perangkat daerah khususnya melalui kegiatan kegiatan APBD Bulungan yang bisa segera untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan partisipasi masyarakat yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan APBD itu akan memberi manfaat terutama dari sisi pendapatan masyarakat.

Misalnya seperti pembangunan semenisasi yang ada dan dialokasikan di APBD itu dengan melibatkan masyarakat secara langsung pula.

Otomatis dengan ini masyarakat punya pendapatan dari kegiatan tersebut. Demikian juga dengan pemanfaatan sumber sumber bahan lokal seperti batu, pasir dan lain sebagainya. Ini juga dalam rangka menjaga sehingga masyarakat mendapatkan pendapatan dari aktivitas kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di tahun 2024 yang bersumber dari APBD Bulungan. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Safari Ramadhan1445 H, Bupati Bulungan Dijadwalkan Berkunjung ke 10 Kecamatan

Published

on

Kunjungan kerja Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si kekecamatan beberapa waktu lalu.

– Sekaligus menyerahkan bantuan kemasyarakat secara simbolis.

TANJUNG SELOR – Memasuki bulan Ramadhan tahun 20204 atau tahun 1445 H, Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si akan menggelar safari di 10 kecamatan. Rangkaian safari itu dimulai pada H plus 5.

“Syafari Ramadhan tahun ini kita awali pertama di Kecamatan Tanjung Palas Timur, ” kata Bupati Syarwani mengawali wawancaranya dengan media ini, Minggu 24/2/2024.

Untuk itu, asisten bidang pemerintahan dan kabag kesra telah menyusun jadwal untuk kegiatan kegiatan safari Ramadhan yang akan dilaksanakan.

“Insya allah kita mulai sekitar 5 hari setelah memasuki bulan Ramadhan. Dan itu akan dimulai dari kecamatan Tanjung palas timur, ” sebut Bupati berulang-ulang.

Kegiatan tersebut, disamping bersilaturahmi dengan warga masyarakat yang ada di 10 kecamatan, untuk mendengarkan masukan pandangan dan juga pada saat bersamaan Bupati Syarwani akan menyerahkan beberapa bantuan baik itu dalam bentuk hibah kepada rumah, ibadah, kelompok sosial, masyarakat maupun juga kepada sektor-sektor di bidang pertanian, peternakan dan perikanan , khususnya yang mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui apbd Kabupaten bulungan tahun 2024.

Dimana saat kegiatan sampai Ramadhan akan di salurkan secara simbolis kepada para penerima melalui kelompok-kelompok sesuai dengan keputusan Bupati Bulungan terkait dengan para penerima hibah bantuan yang melalui alokasi APBD tahun 2024.

“Ya tentu ini merupakan bagian daripada upaya kita mendorong percepatan pembangunan Kabupaten bulungan melalui kelompok-kelompok strategis masyarakat dalam bentuk kegiatan kegiatan pemberian bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga kondisi perekonomian masyarakat yang ada, termasuk kegiatan pemberian bantuan kepada UMKM, ” pungkas Bupati Bulungan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending