Connect with us

Berita Bulungan

Bulungan Siap Jadi Pusat Sorgum Kalimantan Utara

Published

on

Assisten II Pemkab Bulungan Erin Wiranda SE dan Kadis Petenian saat meninjau kebun Sorgum di Tanjung Buyu, kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan.

– Panen perdana sudah dimulai, Pemkab Bulungan bersama kelompo tani Tanjung Berlian siap mendistribusikan bibit kepada petani yang berminat.

TANJUNG SELOR – Masih ingat usaha pengembangan tanaman Sorgum yang dikembangkan oleh kelompok tani Tanjung Berlian, di Tanjung Buyu, kecamatan Tanjung Palas, kabupaten Bulungan, akhir tahun 2022 lalu, kini tanaman itu sudah berhasil baik dan disebut-sebut para petaninya akan melakukan pengiriman perdana ke Provinsi Jawa Barat.

Belum lama ini, Pemkab Bulungan yang diwakili oleh Asisten II, Erin Wiranda SE dan Dinas Pertanian berkesempatan menyaksikan potensi kebun Sorgum dilahan 26 hektar tersebut. Pada tinjauan itu juga mereka didampingi oleh ketua kelompok Tani Tanjung Berlian, Markus Juk.

Dalam sambutan nya seusai menyaksikan kebun, Asisten II Pemkab Bulungan, sangat mengapresiasi kelompok tani Tanjung Berlian, yang sudah sukses mengembangkan Sorgum di Kabupaten Bulungan khsusunya dan di Provinsi Kalimantan Utara pada umumnya.

“Alhamdulillah saat ini Sorgum yang ditanam sudah mulai panen, atas nama pemerintah saya sangat mengapresiasi sekali atas upaya kelompok tani Tanjung Berlian untuk mengembangkan tanaman tersebut, ” ucap Erin Wiranda.

Untuk itu lanjutnya, bagaimana kedepan Pemkab Bulungan akan mempasilitasi.

“Saya berharap juga bagaimana Dinas Pertanian bisa bersinergi dengan para petani Sorgum kita, baik yang ada di Tanjung Buyu saat ini maupun ditempat-tempat lain nantinya, ” ucap Erin Wiranda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, mengaku bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh kelompok tani Tanjung Berlian, khususnya kepada saudara Markus Juk atas upaya nya bersama petani setempat. Harapan nya Sorgum yang ada sekarang dapat menjadi modal untuk pengembangan nya kedaerah lain di Kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara pada umum nya.

Harapan lain imbuh nya, kebun Sorgum yang ada sekarang dapat dijadikan kebun induk. Dimana nanti bisa disebarkan penanaman nya kepetani yang berminat dan memiliki lahan untuk pengembangan nya.

Untuk itu Dinas Pertanian akan mensuport dan menyiapkan penyuluh. Untuk penanaman kedepan akan dibantu alat tanam untuk memudahkan kerja petani.

Sementara itu Markus Juk, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Bulungan. Dimana baik Asisten II dan Kadis Pertanian mau meluangkan waktu untuk melihat dari dekat tanaman Sorgum yang dikembangkan oleh kelompok tani Tanjung Berlian.

“Saya berharap kunjungan ini tidak berhenti sampai disini saja melainkan akan terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang, ” ucap Markus Juk.

Kepada petani yang berminat mengembang kan nya agar berkoordinasi dengan Pemkab Bulungan
, melalui stake holder terkait. “Semoga nanti Sorgum ini dapat menjadi komoditas yang baru dan mampu mendorong perekonomian petani kita, ” ungkap Markus Juk.

Sementara itu, Apri Jhon, dalam.paparan nya mengatakan, bahwa jenis Sorgum yang dikembangkan di Tanjung Buyu merupakan jenis super. Dimana jenis ini bila dikembangkan akan mampu memberikan keuntungan bagi petani nya.

Karena jenis tanaman ini sangat mudah tumbuh diberbagai kondisi iklim. Selain buahnya, batang Sorgum juga bermanfaat, diantaranya bisa dibuat gula, bio ethanol, bahan bakar untuk memasak dan pakan hewan.

Sementara itu, untuk usia tanam tidak terlalu lama, sejak penanaman hanya memakan waktu tiga bulan sudah bisa dipanen. Sekali tanam tanaman Sorgum bisa diremajakan sampai tiga kali, dengan hasil panen yang sama.

“Untuk luasan satu hektar bisa menghasilkan 5 hingga 10 ton setiap musim panen, dan untuk barang dapat juga menghasil 50 hingga 60 ton, ” tambah Apri Jhon. * jk.

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji 1445 H

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 92 jamaah haji tahun 1445 Hijriah.

Bimbingan manasik haji ini, untuk membantu para calon jamaah memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun, wirid, doa, dan segala sesuatu tentang ibadah haji. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah, terutama mereka yang akan berangkat dari Kabupaten Bulungan tahun ini.

Melalui bimbingan diharapkan dapat membantu para jamaah haji Kabupaten Bulungan memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun haji. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan pemahaman dan keterampilan jamah.

Untuk kita ketahui Pemda Bulungan setiap tahun terus memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan haji tersebut, terutama pengalokasian anggaran kepada Kementerian Agama, Kabupaten Bulungan

Dan tahun 2024 ini Pemda Bulungan mengalokasi dana hibah sebesar 3,7 miliar dalam pelaksanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Dari total seluruh hibah yang di alokasikan kepada kementerian agama untuk seluruh rumah ibadah di kabupaten Bulungan sebesar 32 Miliar Rupiah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

Trending