Connect with us

Berita Tokoh Kaltara

Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Siap Mengawal Kebijakan Gubernur Kaltara

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, beserta jajaran nya mengaku siap mengawal seluruh kebijakan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

“Baik secara pribadi maupun kelembagaan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Utara untuk mendukung kebijakan Gubernur, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, ” kata Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, melalui sambungan telpon WhatsAPP, ke Redaksi media ini, Selasa 6/9/2022.

Sejak kepemimpinan Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum sebagai Gubernur Kaltara, menginjak tahun kedua masa kepemimpinan geliat pembangunan sudah mulai terlihat. Misalnya pembangunan kantor DPRD Kalimantan Utara di wilayah kota baru mandiri (KBM) Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, sudah mulai berjalan.

“Saya terima informasi dari media ini untuk pembangunan kantor DPRD Bulan lalu progresnya sudah mencapai 18 persen, ” kata Datu Buyung.

Informasi lain nya, tambah Datu, dalam waktu dekat pembangunan kantor Kejaksaan Tinggi Kaltara, gedung TVRI dan beberapa kantor instansi vertikal lain nya juga mulai akan dibangun.

Kebijakan lain yang tidak kalah penting yaitu dibidang percepatan sumber daya (SDM). Diantaranya menjalin kerjasama dengan Universitas Patria Artha (UPA) Gowa serta beberapa perguruan tinggi lain nya.

Saat ini di Kaltara proyek Kawasan Pelabuhan Internasional Indonesia (KIPI) dan PLTA Kayan dan Mentarang juga terus berprogres.

“Perhatian bapak Gubernur dan ibu terhadap kepentingan masyarakat pinggiran juga terus dilakukan, ” tutur Datu Buyung Perkasa.

Contoh beberapa waktu lalu, ibu Gubernur berkesempatan mengunjungi warga Punan Logpond desa Apung kecamatan Tanjung Selor. Disana ibu Rachmawati SH sempat menyisihkan kan waktu mengajar anak-anak Punan Logpond disekolah rimba yang ada disana.

Selain itu, berkesempatan menyambangi warga Punan dikediaman nya. Menanyakan kebutuhan yang sudah terakomodir maupun belum dirasakan oleh warga tersebut.

“Sekali lagi saya mengajak semua pihak untuk bahu membahu bergandengan tangan mengawal pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, ” kata Datu Buyung Perkasa. * jk.

Tokoh Kaltara

Datu Buyung Perkasa Menilai Pembangunan Asrama Mahasiswa di Tarakan dan Bulungan Lebih Prioritas

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd. ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan.

TANJUNG SELOR – Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara bisa membangun asrama mahasiswa yang representatif di Tarakan dan Bulungan.

“Kota Tarakan dan Bulungan adalah tujuan pertama calon mahasiswa dari 3 kabupaten untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik yang ingin kuliah di Universitas Borneo Tarakan (UBT) maupun yang ingin kuliah di Universitas Kaltara Tanjung Selor (Unikaltar), ” kata Datu Buyung kepada media ini, Senin, 22/4/2024.

Alasan nya, kata datu Buyung Perkasa yang juga mantan pendidik (Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Palas) ini mengatakan, bahwa saat ini baik UBT maupun Unikal kian banyak mahasiswa dari daerah yang kuliah disana. Sementara belum ada asrama sebagai tempat tinggal mereka selama menuntut ilmu.

Seyogyanya tambah nya, hal ini sudah menjadi pemikiran mendasar bagi pemerintah baik Pemprov Kaltara maupun Pemkab 4 kabupaten kota untuk menyiapkan sarana asrama tersebut. Agar sedikit membantu meringankan biaya adik-adik mahasiswa dari daerah karena tak perlu lagi memikirkan biaya kos atau biaya kontrak tempat tinggal.

“Saran saya kalau ada rencana membangun asrama diluar Kaltara sebaik nya ditunda dulu, prioritaskan yang dalam wilayah Kaltara dulu, ” imbuh Datu Buyung.

Artinya lanjut dia, boleh saja membangun asrama mahasiswa diluar Provinsi, namun kearifan lokal juga harus diperhatikan karena tak ada yang namanya Provinsi Kalimantan Utara bila tak ada 4 Kabupaten dan 1 kotanya. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Datu Buyung Perkasa : “Ini Kriteria Sosok Pemimpin #2024KaltaraBaru”

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd.

TANJUNG SELOR – Kriteria sosok Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara 2024-2029 menurut Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, adalah figur yang siap menerima kritikan dan memahami alur administrasi pemerintahan.

Karena soal administrasi sangat berkorelasi dengan pembangunan infrastruktur didaerah. “Termasuk yang bersangkutan pernah menduduki jabatan di birokrat seperti kepala dinas, badan dan kantor, ” kata Datu Buyung.

Karena bila administrasi yang ada tidak tebenahi dengan baik, maka untuk membangun infrastruktur tidak bisa berkembang sesuai harapan.

Artinya begitu star dilantik, yang bersangkutan sudah memiliki konsep dalam membangun lima kabupaten dan kota di Kalimantan Utara, ” ujarnya.

Yang tidak kalah penting sangat faham tentang organisasi, “harapan saya untuk pemimpin Kaltara kedepan mau menerima kritikan dan saran, ” katanya.

Ia mencontohkan semasa Gubernur Kaltara periode 2016 – 2020 Dr H Irianto Lambrie, sangat menerima kritikan, beliau langsung meminta solusi apa langkah yang harus dilakukan. ” jadi wajar apabila pada masanya infrastruktur terbangun dengan pesat, ” tutup Datu Buyung. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Tokoh Masyarakat Kembali Mendukung HM Nasir Pimpin KONI Kaltara

Published

on

H Batto.

TANJUNG SELOR – Berbagai dukungan terus mengalir kepada H Muhammad Nasir SE agar kembali terpilih memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk kedua kalinya.

Dukungan tersebut kembali datang dari H Batto,.salah satu pengusaha dan tokoh masyarakat Kalimantan Utara.

“Bapak H Batto sudah memberikan dukungan kepada saya untuk bisa kembali memimpin KONI Kaltara, ” terang HM Nasir SE, kepada media ini, Senin 6/2/2023.

Harapan lain H Batto memberikan dukungan, karena menilai figur HM Nasir mampu membawa KONI Kaltara lebih baik lagi kedepan, asal ada dukungan yang kuat dari seluruh cabor, Termasuk dari jajaran pengurus yang bisa berkerjasama dan sejalan untuk memajukan prestasi olahraga ini.

Menilik kepemimpinan HM Nasir selama menakhodai KONI Kaltara cukup lumayan berhasil baik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan mengikuti PON di Papua beberapa waktu lalu.

TIdak hanya itu, pelaksanan Porprov 1 Provinsi Kalimantan Utara juga cukup sukses pelaksanaan nya. Sejak dimulainya pelaksanaan hingga akhir semua Pengcab dan Cabor merasa terlayani dengan baik.

“Harapan saya kelak bila mendapat kepercayaan kembali memimpin KONI Kaltara, akan berkerja semaksimal mungkin untuk kemajuan olahraga didaerah, ” tutup nya. * jk

Continue Reading

Trending