Connect with us

Berita Bulungan

KONI Bulungan Inginkan Tiga Cabor Prestasi Meriahkan Birau

Published

on

Heru Rahmadi Ketua KONI Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

– Tim Basket Ball Praja Satria dipastikan ikut berlaga.

TANJUNG SELOR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, menilai minimal ada tiga cabang olahraga (Cabor) Prestrasi yang ikut memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten dan hari jadi Kota Tanjung Selor yang akan digelar pada tanggal 12 Oktober 2022 mendatang.

“Memang sesuai permintaan pak Bupati satu cabang olahraga prestasi saja, namun akan tetapi lebih elok kalau ada tiga cabang olahraga prestasi yang akan digelar, ” kata Ketua KONI Bulungan, Heru Rahmad, kepada media ini Rabu 5/8/2022.

Untuk itu lanjut dia, pihaknya diberikan waktu oleh panitia Birau mulai tanggal 1 hingga 18 September untuk melakukan persiapan-persiapan.

“Dalam hal ini pihak KONI sendiri sudah berkoordinasi dengan ASKAB Buiungan, kemudian dengan PB Voly Ball dan penguurus Basket, ” terang Heru lagi.

Artinya nanti ada tiga cabang olahraga prestasi yang akan dimainkan di event Birau Bulungan tersebut.

Terkait kesiapan anggaran, Heru Rahmadi mengaku sudah berkoordinasi dengan panitia penyelanggara HUT Kabupaten Bulungan dan Hari Jadi Kota Tanjung Selor. Insha Allah lewat mereka nanti diberikan kemudahan untuk penganggaran khusus untuk itu, ” Tidak semua, swadaya dari teman-teman pengurus juga diharapkan partisipasinya termasuk dari KONI sendiri, ” ungkap Heru.

Menyoal keikutsertaan dari 10 kecamatan se Kabupaten Bulungan, saat ini masih menyusun petunjuk tehnis (Juknis) untuk tim bola dan voly nya.

“Persoalan ini akan kita lemparkan ke panitia Birau, selanjutnya mereka akan berkoordinasi ke kecamatan-kecamatan, namun sudah ada juga diantaranya yang langsung berkoordinasi ke KONI, ” ujarnya.

Terkait pembiayaan tim dar kecamatan ke Tanjung Selor sepenuhnya tanggungjawab masing-masing karena membawa nama kecamatan nya.

Yang tidak kalah penting sudah ada kecamatan yang melaksanakan seleksi pemain untuk cabang olahraga sepakbola, seperti kecamatan Sekatak.

“Untuk cabang sepakbola ini pak Bupati minta maksimal usia pemain 22 tahun kebawah, sedangkan untuk voly terbuka untuk umum dan basket ball juga demikan bahkan dari luar Bulungan diperbolehkan untuk ikut, ” tambah Heru Rahmadi.

Kita juga menyadari informasi ke kecamatan sangat terbatas. pleh sebab itu diharapkan panita penyelenggara lebih proaktif menyampaikan nya.

Secara terpisah, Kun Prayogi Herlambang S Ikom, Atlet Basket Praja Satria Tarakan mengatakan, berbicara kesiapan tim untuk kelompok umur setiap minggu sudah rutin melaksanakan latihan di GOR Achmad Yani seminggu dua kali. Dimana untuk persiapan dimaksud ada tim khusus yang menangani nya, seperti penyiapan SDM pemain dan coach yang menangani.

“Melihat kondisi hari ini banyak tim, yang mana Bulungan saat ini menjadi magnet untuk basket, ” ujarnya.

Untuk Bulungan sendiri perkiraan ada 8 atau 10 tim basket. Untuk even lokal dipastikan semuanya akan ikut berpartisipasi.

“Untuk tim lokal ada tim Nusantara Basket Ball club, ini nantinya akan ikut berlaga, ” ungkapnya. *jk/kjs.

Bulungan

56 Orang Mahasiswa Bulungan Beasiswa PT PKN Hari Ini Diterbangkan Kebandung

Published

on

Pelepasan calon Mahasiswa, oleh Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala SE MM.

TANJUNG SELOR – Sebanyak 56 orang calon Mahasiswa dari Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, yang dibiayai melalui program beaasaiswa full PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) salah satu perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi d Tanjung Selor (desa Apung, Kelubir dan Sekatak).

Para calon Mahasiswa asal Bulungan saat menuju Tarakan selanjutnya diterbangkan ke Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Keberangkatan dari Tanjung Selor menuju Tarakan, 56 orang para calon Mahasiswa ini didampingi oleh bapak Iwan Suryatno S Hut, Manager Comdev PT PKN. Selanjutnya untuk penerbangan dari Tarakan menuju Jakarta selanjutnya menuju Bandung Provinsi Jawa Barat, mereka didampingi lagi oleh dua orang dari tim Comdev yaitu masing-masing saudara Ardi K Audis dan saudari Rickasiska, ” kata M Yusuf B SP, Superintendet PT PKN, kepada media ini melalui pesan WhatsAPP, Jumat sore 12/8/2022.

Infografis.

Diketahui lanjut Yusuf, pada taggal 9/8/2022 kemarin, parar calon Mahasiswa ini yang jumlah keseluruhan nya sebanyak 94 orang, yang kuliah di 8 kampus yang tersebar di Indonesia ini, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala SE MM, diruang serbaguna Setkab.

Harapan nya tambah Yusuf lagi, seluruh calon Mahasiswa asal Bulungan tersebut, dapat menjaga diri, nama baik orang tua, serta nama baik PT PKN, wabil khusus nama baik Kabupaten Bulungan.

“Harus semangat belajar, bisa membangun jejaring . Kelak kembali ke Bulungan setalh wisuda bisa menjadi agen perubahan untuk kemajuan daerah, ” kata M Yusuf B SP.

Untuk memajukan SDM di Bulungan, khsusunya warga yang berdomisili ring 1 perusahaan. sejak beberapa tahun terakhir PT PKN terus membiayai anak-anak disana denfgan beasiswa full.

Tidak hanya dikirim kuliah ke Pulau Jawa, beberapa mahasiswa asal Bulungan juga dibiayai pendidikan nya hingga ke negara China. Diantaranya sudah banyak yang kembali dan berkerja tersebar dibeberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.

Yang tidak kalah penting, untuk penyiapan SDM lokal, PT PKN juga sudah mengirim beberpa orang pemuda untuk mengikuti latihan kerja di BLK yang ada di pulau Jawa, khususnya yang berminat mendalami ilmu dibidang alat berat khusus, yang hanya digunakan diareal pertambangan. Nantinya setelah lulus para pemuda ini diberi sertifikat keahlian. *jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

Satgas Covid – 19 Bulungan Imbau Warga Kembali Taati Prokes

Published

on

Infografis.

TANJUNG SELOR – Warga Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, dihimbau untuk kembali menerapkan Prokes, lantaran saat ini ada sekitar 13 orang yang sudah terkonfirmasi positif Covid – 19.

Dihubungi melalui pesan WhatsAPP nya, Jurubicara (Jubir) Satgas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kabupaten Bulungan, dr Heriyadi Suranta, Minggu 7/8/2022 mengatakan, kasus aktif saat ini berjumlah 13 orang.

“Saat ini ada dua orang yang dirujuk ke RSUD dan sisanya melakukan isolasi mandiri, ” kata dr Heriyadi.

Sejak awal pandemi, sampai saat ini sudah 14.372 yang terkonfirmasi, yang sembuh sebanyak 14.140 orang dan meninggal dunia sebanyak 224 orang.

“Untuk menghindari paparan, kita menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati Prokes, ikuti vaksinasi, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, ” tutup dr Heriyadi Suranta. * jk.

Continue Reading

Bulungan

Bupati Bulungan Apresiasi Kegaiatan Fashion Week Batik Bultiya

Published

on

Poto bersama Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si bersama Crue fashion week dari rumah Batik Bultiya Farida.

TANJUNG SELOR – Launcing kegiatan Tempat Berkumpul Kabupaten Sehat Layak Anak (Tebu Kayan), Minggu 7/8/2022, oleh Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, turut dimeriahkan oleh peragaan Batik Bultiya Farida (Fashion week), yang diperagakan oleh pragawati dari siswa SMA N 1 Tanjung Selor berjumlah 21 orang.

Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala SE MM, juga tampak menyaksikan para pragawati dari Batik Bultiya Farida Tanjung Selor, memperagakan koleksi seni batik karya mereka.

Meski kawasan Tebu Kayan yang dipusatkan di jalan Katamso itu diguyur hujan, namun tak mengurangi antusiasme masyarakat kota Tanjung Selor dan sekitarnya untuk berolahraga.

Selain itu, Bupati Bulungan dan Wakil Bupati Bulungan, juga tampak bersemangat mengikuti acara tersebut. Bahkan keduanya juga mengiringi para pragawati memperagakan berbagai motif batik tersebut.

Hj Sri Muliyanti SE MM, ketua Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Provinsi Kalimantan Utara, selaku penyelenggara Fashion Week sebelumnya mengatakan, bahwa motif batik produksi Bultiya Farida yang ditampilkan  tersebut diantaranya, motif
1. Batik Bulungan motif busek kunyit
2. Motif interkusuma
3. Motif buse’ jeribuk
4. Motif Bultiya yang menyatukan 3 suku besar di Bulungan didalam satu kain.
5. Motif kalong hudoq
6. Motif tugu cinta damai
7. Motif satria dayak
8. Motif mahkota Tidung
9. Motif tari gerak sama
10. Motif kenas seradong.

“Harapan kita semoga batik Bultiya bisa menjadi tuan rumah didaerah nya sendiri, dan menjadi busana kebanggaan dalam setiap kesempatan” tutup Hj Sri Muliyanti SE MM. * jk/kjs.

 

 

Continue Reading

Trending