Connect with us

Berita Bulungan

Bupati Bulungan Serahkan Bantuan ASN Peduli Covid – 19

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, secara simbolis menyerahkan bantuan Sembako kepada warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di Kecamatan Tanjung Palas Barat.
  • 176 Paket Sembako Untuk Warga Isoman di Tanjung Palas Barat

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si dan Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala SE, M.Si, menyerahkan bantuan dari Aparatur SIpil Negara (ASN) kewarga Kecamatan Tanjung Palas Barat yang terpapar Covid – 19.

Dijelaskan saat penyerahan, Syarwani, mengatakan bantuan berupa sembako dan beras bagi masyarakat di Kecamatan Tanjung Palas Barat yang terpapar Covid- 19 pada Rabu 4/8/2021 lalu adalah murni dari dana pribadi ASN serta masyarakat Kabupaten Bulungan dan perusahaan-perusahaan, bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dimana Kegiatan penyerahan bantuan itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Tanjung Palas Barat.

“Di kesempatan ini saya juga menyampaikan keputusan yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (2/8) malam, bahwa pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Kebijakan itu diperpanjang terhitung sejak 3 hingga 9 Agustus 2021,” ujarnya.

Karenanya disarankan kepada camat dan Kepala Desa (Kades) yang hadir dalam acara pemberian bantuan ini untuk selalu meningkatkan dan mengoptimalkan dalam penerapan 5 M kemasyarakat.

“Terapkan Prokes yang ketat disetiap desa, dengan harapan kita semua bisa memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 tersebut, “ tegas Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si.

Untuk yang berencana ada hajatan, sebaiknya ditunda dulu sampai kondisi benar-benar aman dan terkendali.

“Ditunda dulu kegiatan-kegiatan lainnya apalagi yang mengakibatkan berkumpulnya masyarakat,” himbaunya.

Kepada masyarakat yang mungkin mempunyai kelebihan juga diharapkan agar dapat menyisihkan sedikit rejekinya sehingga dapat membantu masyarakat yang terpapar Covid-19.

Camat dan Kades harus dapat mengetahui secara pasti data-data pasien Covid-19 yang terpapar di desa masing-masing, sehingga bantuan yang diberikan tidak salah sasaran. Setiap pemberian bantuan yang diberikan kepada masyarakat wajib didokumentasikan dan dilaporkan kepada tim Satgas.

Bantuan yang disalurkan di Tanjung Palas Barat tersebut terdiri dari 176 paket sembako dan 176 sak beras 5 kg. *

 

TP PKK Bulungan juga bantu warga terdampak Covid – 19

Bertempat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan, Ketua TP-PKK bersama Wakil Ketua TP-PKK serta didampingi oleh anggota TP-PKK Kabupaten Bulungan menyerahkan bantuan untuk warga

yang terkonfirmasi Covid-19. Bantuan berupa kebutuhan pokok tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban selama menjalani isolasi mandiri.

Bantuan diberikan sebagai bentuk implementasi serta solidaritas sebagai sesama masyarakat Kabupaten Bulungan, sekaligus menjadi ajang untuk mengkampanyekan gerakan menjaga keluarga dari penyebaran Covid-19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“ Ayo vaksin, agar segera dapat tercapai herd immunity di Kabupaten Bulungan, “ ujar Ketua TPP PKK Ani Syarwani.

Bantuan kemasyarakat yang diserahkan melalui BPDB Kabupaten, diharapkan didistribusikan secara tepat sasaran, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang terdampak.

”Turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Kabupaten Bulungan yang telah mendahului kita semua karena terpapar Covid-19, “ ucap Ani.

Kepada yang terpapar Covid-19 dan saat ini sedang berjuang untuk pulih mari kita doakan bersama agar dapat segera diberi kesehatan. Sedangkan untuk masyarakat yang dalam keadaan sehat walafiat, mari terapkan protokol kesehatan untuk menjaga keluarga dan lingkungan  tetap aman dari ancaman pandemi  Covid-19.

Akhiurnya melalui momentum bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini, masyarakat diharapkan dapat semakin solid bersatu secara bersama-sama melawan pandemi Covid-19,  Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. * 

Sumber : Diskominfo

Editor    : Sahri.

 

Bulungan

Butuh 1,8 Ton Perbulan, Bila Pabrik Coklat Batangan PT PKN Beroperasi

Published

on

Mesin pabrik pengolah coklat batangan milik PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

– Petani diharapkan terus memperluas areal kebun coklatnya.

TANJUNG SELOR – Hadirnya mesin pabrik pengolah biji coklat batangan milik PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, diyakini kedepan akan mampu mendongkrak ekonomi para petani kakao setempat atau nama latin buah tersebut adalah Theobroma cacao.

Pasalnya, selain tanaman ini cepat berbuah, harga jualnya pun tetap stabil. Artinya perkilogram biji kakao kering dihargai Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Menurut keterangan salah satu karyawan PT PKN, Agus melalu pesan WhatsAPP, kepada media ini, Kamis 27/4/2023 menyebut, bila sudah beroperasi normal pabrik pengolah coklat batangan butuh biji kakao kering lebih kurang 60 kg perhari, berarti perbulan kebutuhan mencapai 1,8 ton.

Saat ini lanjutnya, pasokan biji kakao selain dari Bulungan, sebagian nya dari Kabupaten Malinau.

Hasil investigasi wartawan media ini dilapangan, Kabupaten Bulungan sendiri sejak dua tahun terakhir sudah melakukan penanaman bibit kakao secara besar-besaran, diperkirakan saat ini sudah mencapai ratusan hektar.

Untuk sentra pengembangan nya ada di Laliw desa Antutan, Sekatak dan desa Sajau. Areal tanam nya juga terus diperluas oleh petani setempat.

Untuk itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bulunganterus mendorong perluasan tanaman coklat tersebut. “Pada tahun anggaran ini, kita akan membantu serta memberi pendampingan kepada petani untuk melakukan sambung pucuk jenis kakao MCC 02, ” cerita Kepala Dinas Petenian Tanaman Pangan Kabupaten Bulungan, H Syahruddin, beberapa waktu lalu

Selain berbuah besar, jenis kakao MCC 02 ini juga mudah tumbuh di segala medan, serta tahan terhadap serangan hama.

Karenanya, dengan konsen nya Pemkab Bulungan melalui OPD terkait mengembang kan tanaman tersebut, bukan tidak mungkin kedepan Bulungan akan menjadi sentra kakao terdepan di Provinsi Kalimantan Utara. * jk.

 

Continue Reading

DPRD Bulungan

Ketua DPRD Bulungan Minta Proses Lelang Tender Proyek di Percepat

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, minta agar proses lelang tender proyek tahun anggaran 2024 dipercepat, agar tidak terjadi SILPA.

“Seharusnya memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini seluruh proses lelang sudah selesai dilaksanakan, ” ujar Ketua DPRD Bulungan Kilat A Md, kepada media ini diruang kerjanya, Selasa 23/4/2024.

Di tanya perihal terkait perbaikan kerusakan jalan Teluk Selimau, Kelurahan Selimau, kecamatan Tanjung Selor, ia mengatakan sesuai pembicaraan dengan Pemkab Bulungan, ada 4 ruas jalan yang akan diperbaiki pada tahun anggaran ini. Diantaranya jalan Laing Usat, dan ruas jalan lain yang kerusakan nya sangat parah.

“Masyarakat sudah sering bertanya, kapan jalan mereka yang rusak diperbaiki, ” ujar Kilat.

Seharusnya, seluruh kegiatan sudah mulai bisa dilaksanakan, pada periode anggota dewan sekarang. “Begitu anggota yang baru dilantik mereka tinggal fokus pada ABPD perubahan saja, ” pungkas Kilat. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Tim Pansus LKPj Bupati Bulungan Rampungkan Evaluasi Lapangan

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

– Tinggal sinkronisasi dengan OPD terkait dijajaran Pemkab.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, optimis tim Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bulungan tahun anggaran 2023 berkerja selesai tepat waktu, yakni selama 30 hari kerja.

“Saat ini tim Pansus LKPj mulai menyusun undangan kepada pemerintah daerah, khususnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna sinkronisasi laporan dan realisasi dilapangan, ” kata H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan, kepada media ini, Senin 22/4/2024.

Selanjutnya setelah itu akan ditindaklanjuti dengan rekomendasi dari DPRD kepada Pemkab untuk ditindaklanjuti. “Hal ini mulai berjalan dan belum disimpulkan hasilnya, ” tambahnya.

Lebih lanjut H Hamka juga berharap semua tahapan berjalan sebagaimana mestinya. Jadi begitu Paripurna semuanya bisa disepakati bersama.

Menyinggung soal percepatan lelang, H Hamka berharap memasuki triwulan dua tahun anggaran 2024 ini semuanya sudah selesai. Supaya tak ada lagi pekerjaan rumah yang tertunda.

“Harapan nya begitu anggota DPRD yang baru dilantik, mereka hanya tinggal membahas APBD Perubahan saja, ” tutupnya. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending