Connect with us

Berita Bulungan

Mengenang Nyala Obor Malam Ramadhan Tempo Doeloe di Tanjung Selor

Published

on

Kondis jalan Sengkawit, Tanjung Selorz Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, pada malam hari.

TANJUNG SELOR – Menjelang bulan Ramadhan atau menyambut bulan Puasa, Tempo Doeloe, ditahun 80 an saat kota-kota kecamatan sebelum menjadi ibukota kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara sekarang, yaitu penerangan jalan dari obor atau suluh.

Hampir rata-rata perumahan memasang obor dari minyak tanah dengan berbagai mode, tak ketinggalan lampu kaleng atau pelita belek kata orang-orang menyebutnya.

Tapi suasana itu beda sekarang, misalnya di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, walaupun beberapa hampir dimerata tempat lampu penerangan jalan banyak yang padam, walau pun ada sinarnya tak seperti lampu penerangan jalan yang menggunakan setrum listrik, lampu obor dan lampu blek seperti menyambut bulan Ramadhan tempo doloe itu mustahil kembali lagi.

Selain minyak tanah susah didapat, era demikian juga sudah bergeser, tradisi-tradisi lama tak semua nya bisa dipertahan kan lagi.

Selain obor dan lampu kaleng bekas, biasanya menjelang Ramadhan kala itu anak-anak biasanya membunyikan leduman, yang suaranya mirip ledakan petasan.

Hanya saja leduman ini terbuat dari bambu betung, yang dilubangi dan diisi minyak tanah, sambil disulut dengan menggunakan api kecil.

Bila leduman nya panas, maka akan menimbulkan ledakan yang cukup lumayan keras.

Sebenar nya bila tradisi membuat obor disetiap rumah dan menyalakan lampu kaleng bisa diulang lagi. Maka dipastikan jalan-jalan yang gelap di Tanjung Selor saat ini otomatis bisa terang-benderang diwaktu malam, khususnya selama menyambut bulan Ramadhan.*

Reporter : Sahri.

Bulungan

PT Pesona Kathulistiwa Nusantara Salurkan 11 ekor Sapi dan 9 Ekor Kambing Untuk Qurban 1445 H

Published

on

Penyerahan hewan qurban dari PT Energi Nusa Mandiri (ENM) group kepada salah satu desa binaan di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Sejumlah 20 desa dampingan dan 4 kecamatan di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara pada lebaran Idul Adha 1445 atau tepatnya tanggal 17 Juni 2024 besok, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) mendistribusikan hewan qurban sebanyak 11 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

Adapun perusahaan yang tergabung dalam perusahaan Energi Nusa Mandiri (ENM) Group tersebut antara lain, PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN), PT Sumber Alam Sekurau (SAS) dan PT Megah Energi Khatulistiwa (MEK).

Serta kontraktor pelaksana, PT Mitra Indah Lestari, PT Aulia Jaya Kaltara, PT Tanjung Makmur, PT Mitra Kemakmuran Line, PT Anugerah Wana Perkasa, PT Sukses Inti Solusindo dan PT Risdianto Bersaudara

Kegiatan berbagi hewan qurban ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dalam suasana hari raya Idul Adha.

“Kami mewakili manajemen dan direksi Energi Nusa Mandiri (ENM) group bersama kontraktor mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Djulhijah 1445 H mohon maaf lahir dan batin, ” tutup Kun Prayogi Herlambang S Ikom, Humas PT PKN. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Meraih 5 Kali WTP, DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab Bulungan

Published

on

H Hamka S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka M,.S, IP, MH, mengapresiasi atas perolehan WTP kali ke 5 dari BPK RI kepada Pemkab Bulungan.

“Selamat kepada Pemkab Bulungan atas raihan WTP yang ke 5 kalinya, ” ujar H Hamka kepada media ini, Minggu 1/6/2024.

Kendati demikian ia juga mengingatkan, dengan raihan itu jangan berpuas diri. Akan tetapi masih banyak lagi yang sangat perlu di evaluasi, agar pengelolaan sistem yang ada kedepan lebih baik lagi.

“Harapan saya teruslah meningkatkan kinerja, supaya tercapai apa yang kita cita-citakan untuk kesejahteraan kabupaten Bulungan secara menyeluruh, ” imbuhnya.

Di bagian lain, Hamka juga meminta kepada pemerintah untuk terus memperhatikan sektor pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. Seperti pembangunan dan peningkatan jalan, membuka aksesbilitas dari desa-desa menuju ibukota kecamatan.

“Yang tidak kalah penting adalah perhatian terhadap kebutuhan dasar masyarakat, seperti penerangan listrik, air bersih, pelayanan kesehatan dan pendidikan, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Agar Tidak Kumuh PKL Perlu Disiapkan Tempat Berjualan

Published

on

Mustafah anggota DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pedagang kaki lima yang mangkal di Tanjung Selor menuai sorotan, lantaran kurang perhatian terhadap kerapian lapak atau gerobak yang digunakan saat berjualan.

“Seharusnya kalau sudah selesai berjualan tempat nya dirapikan, agar tidak terkesan kumuh, ” kata Mustafah anggota DPRD Bulungan, belum lama ini.

Oleh sebab itu lanjutnya, untuk mengatasi ini Pemkab harus menyiapkan tempat khusus berjualan kepada para PKL tersebut, Barulah persoalan bisa sedikit teratasi.

Di ketahui para pedagang kaki lima juga merupakan pelaku UMKM, mereka harus mendapat dorongan dan tempat berjualan yang baik, supaya peningkatan ekonomi daerah terus bergerak dinamis.

Mendapat pembinaan dan bantuan permodalan. Bila hal ini dilakukan disektor penguatan ekonomi akan terus berkembang sesuai harapan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending