Connect with us

Berita Ragam Kaltara

Ahli Elektro Bilang, Ini Penyebab Kerusakan PLTS di Kaltara

Published

on

TARAKAN – Banyaknya terjadi Kerusakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) hampir disemua wilayah di Provinsi Kalimantan Utara, sejak beberapa tahun terakhir ini, dinilai lebih disebabkan oleh minimnya perawatan yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benat ahli dan mengusai soal tekhnik elektro.

Akibatnya, beberapa PLTS di wilayah perbatasan Kabupaten Malinau, seperti didesa Long Ampung, dan di Kampung Siandaw Kabupaten Bulungan, mengalami kerusakan parah selama dua tahun terakhir, tanpa bisa lagi dinikmati oleh masyarakat.

Menurut Dr Ismit Mado ST MT, Dosen pada Fakultas Tekhnik Elektro Universitas Borneo Tarakan (UBT), kepada media ini melalui pesan WhatsAPP, Kamis 1/4/2021 menjelaskan, bahwa untuk PLTS itu wajib ada aspek perawatan, minimal sekali selama 6 bulan.

“Ada cek berkala, karena semua peralatan atau elemen pada PLTS bisa berpengaruh kepada faktor alam, misalnya hujan dan panas, bisa kurang optimal serapan energi mataharinya, ” kata Ismit Mado.

Ada juga yang namanya pengecekan rutin, seperti pengukuran tegangan arus, pengecekan jalur kabel dan instalasi, selanjutnya mengubah ke sistem K ke sistem DC agar lebih hemat dan efisien daya listrik, ” kata Ismit Mado.

Ia juga menyarankan kepada pemerintah se Kalimantan Utara, agar memiliki stok lampu pijar type DC karena balon lampu ini masih kurang dipasaran, type ini sangat baik sekali untuk lampu penerangan jalan umum (PJU).

Kendati demikian, lanjutnya, apakah PLTS nya menggunakan sistem batrai yang terintegrasi atau parcial saja, itu bisa direkomendasi dari hasil study kelayakan yang dilaksanakan.

“Yang lebih penting adalah ketentuan apakah dilaksanakan oleh pemerintah, ” imbuh nya.

Karena melalui pengelolan bisa menjadikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui tagihan rekening listrik untuk PJU nya.

“Artinya dari beberapa ahli elektro di UBT siap mengkaji sistem ini, biar pengelolaan PLTS di Kalimantan Utara bisa berkelanjutan dan efisien, ” tegas Ismit Mado lagi.

Beberapa ahli elektro di UBT bisa dimanfaat kan, mengingat selain alumni S3 elektro dalam negeri seperti Universitas Sepuluh November Surabaya, UBT juga memiliki Doktor Alumni Kirani Institur Of Tekhnology Jepang, Dr Linda Sartika ST MT, dan Dekan Fakultas Tekhnik Elektro UBT, Asta ST M Eng.

“Sangat disayangkan sekali, banyak PLTS di Kaltara yang dibangun dengan susah payah tapi tidak berfungsi baik, ” tutup Ismit Mado. *

Reporter : Sahri.

Ragam Kaltara

Ini dia pembangunan inftastruktur diera Dr H Irianto Lambrie di Provinsi Kalimantan Utara

Published

on

Dr H Irianto Lambrie.

– Dua Unit Bangunan Kantor Sekretariat Provinsi Kalimantan Utara.

– Gedung Kantor Gabungan Dinas (Gadis).

– Gedung Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perkim.

– Gedung Kantor Dinas Kesehatan.

– Gedung Kantor Perpustakaan.
Balai Gudang Obat.

– Kantor Inspektorat.

– Kantor BIN di Tarakan.

– Guest Hous di Tarakan.

– Hanggar Speedboat Kaltara 1,2 dan 3.

– Perluasan Pelabuhan SDF Tarakan.

– Pelabuhan Fery Bunyu.

– RS Pratama Sebuku.

– RS Pratama Krayan.

– Hadirnya Korem dan Polda Kaltara.

– Meminimalisir Blank Spot Area di Kaltara.

– Menjalin kerja sama dengan beberapa Sekolah Kedinasan.

– Pembangunan jalan lingkar Tarakan, Nunukan dan Bunyu.

– Pelebaran jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor.

– Pelebaran jalan Durian Tanjung Selor.
Pengadaan Speed Operasional Kaltara 1,2 dan 3.

– Pembangunan jalan tembus dari RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo menuju jalan Jelarai.

– Pembangunan jalan manunggal dengan konsruksi Rigid beton bertulang.

– Pembangunan Taman Tepian Kayan (Samping Pelabuhan Speed boat Sabanar.

– Perluasan Bandara Tanjung Harapan di Kabupaten Bulungan.

– Gedung SMAN 1 Tanjung Selor.

-Menghadir kan PLBN.

– Pelebaran jalan Skip II Tanjung Selor dengan sistem drainase box culvert.

Oleh : Sahriansyah dari berbagai sumber

Continue Reading

Ragam Kaltara

Bag Psikologi Biro SDM Polda Kaltara Berikan Pembekalan Psikologi

Published

on

Pembekalan psikologi kepada personel Polda Kaltara yang diterjunkan pada Ops Ketupat Kayan 2024 oleh Biro SDM.

— Kepada personil Ops Ketupat Kayan 2024.

TANJUNG SELOR  – Operasi Ketupat Kayan 2024 akan dilaksanakan oleh Polda Kaltara dan Polres Jajaran mulai tanggal 04 April 2024 sampai dengan 16 April 2024.

Dalam rangka mendukung keberhasilan operasi tersebut, Bag Psikologi Biro SDM Polda Kaltara memberikan pembekalan psikologi kepada Personil yang terlibat Ops Ketupat Kayan 2024 bertempat di gedung rupatama Kayan Polda Kaltara dan secara daring diikuti oleh Polres Jajaran. Selasa (02/04/2024).

Adapun materi Psikologi yang disampaikan oleh Ipda Raditya Tri Atmaja, S.Psi yaitu terkait kesehatan mental, rasa jenuh dan cara mengatasinya, gejala stress dan pengelolaannya serta cara menghadapinya.

” Personel yang terlibat dalam Ops Ketupat Kayan tahun 2024 diharapkan setelah mendapatkan pembekalan ini, Personel mampu lebih berkonsentrasi, bekerjasama dan dapat mengambil keputusan dengan baik pada saat di lapangan ” Tutur PS. Paur Subbagpsipol Bag Psi Biro SDM Polda Kaltara Ipda Raditya Tri Atmaja, S.Psi. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Bid Dokkes Polda Kaltara Laksanakan Pemeriksaan Kesling Untuk  Personel Yang Terlibat Pam TPS

Published

on

Pengecekan kesehatan untuk personel Pam TPS dilapangan.

TANJUNG SELOR – Bid. Dokkes Polda Kaltara melaksanakan Kegiatan Pelayanan dan Pemeriksaan Kesehatan keliling (Kesling) Terhadap Personel Polri yang terlibat Pengamanan TPS di wilayah Tanjung Palas dan sekitarnya, Kamis (15/02/2024)

Kegiatan yang dilakukan berupa Pemeriksaan kesehatan ( tensi ) terhadap Personel dan Pemberian vitamin ataupun obat sesuai dengan keluhan jika ditemukan Personel yang sakit.

Personel Bid. Dokkes memberikan pelayanan kesehatan kepada Personel yang sedang melaksanakan rangkaian kegiatan penjagaan dan pengamanan kegiatan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 khususnya Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu 2024.

Upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Kaltara khususnya Bid. Dokkes mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

Kesehatan adalah aset berharga, Dengan memberikan bekal kesehatan dan pemeriksaan kesehatan, Kami berharap Personel yang bertugas dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dengan kesehatan yang prima.

Kesejahteraan dan kesehatan Personel diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat dan memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan tertib. **.

Continue Reading

Trending