Connect with us

Berita Bulungan

Potensi Ikan Gabus Digenangan Air Paret Tanjung Selor Kaltara

Published

on

Genangan air disalah satu paret dalam kota Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Genangan air yang cukup dalam, dibeberapa selokan diparet-paret dalam kota Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, ternyata juga cukup menyimpan sumber potensi yang besar, diantaranya menjadi habitat ikan gabus yang memiliki banyak keunggulan bila konsumsi oleh manusia.

Misalnya keunggulan seperti Dalam penelitian bahwa sejumlah keunggulan ikan gabus diantaranya memiliki kandungan 70 % protein, 21 % albumin, asam amino yang lengkap, mikronutrien zink, selenium dan iron.

Kandungan protein ikan gabus juga terdiri dari asam amino esensial maupun non esensialnnya.

Kembali kepotensi ikan Gabus di paret-paret yang tergenang di Tanjung Selor, sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara?, cukup banyak dimanfaatkan oleh warga yang hoby memancing dan mencari ikan gabus, terutama pada saat malam hari disaat cuaca cerah dan bulan purnama bersinar.

Pendapatan kadang cukup lumayan, ikannya juga beragam ada yg besar ada yang kecil, namun masih cukup layak goreng.

Artinya satu sisi, kumpulan air yang tak mengalir itu kadang membuat jalan;jalan bisa tergenang, namun sisi positifnya keberadaan paret juga menyimpan berkah yang tak terhingga, karena menjadi habitat yang disukai ikan gabus yang bisa dimanfaatkan sebagai lauk teman makan nasi. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bulungan

Warga Tanjung Palas Hilir Minta Puing Kayu Sisa Kebakaran Diangkut

Published

on

Onggokan kayu sisa kebakaran di Jalan Kasimudin RT 1 Tanjung Palas Hilir Kecamatan Tanjung Palas masih belum diangkut ketempat penampungan sampah.

TANJUNG PALAS – Sisa puing kebakaran yang terjadi di Tanjung Palas Hilir RT 1, kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, pada tanggal 5 September 2023 lalu, sampai kini sisa balok kayu maupun papan yang terbakar tersebut masih teronggok di pinggir jalan, bahkan sudah hampir sebulan sampah nya dibiarkan begitu saja.

Sehingga keberadaan nya mulai menggangu pemandangan siapa yang kebetulan melintas disana.

Kepada media ini salah satu warga sekitar mengatakan, sebut saja namanya Wawan, menurut dia, seharusnya sampah sisa kebakaran ini sudah di evakuasi ketempat penampungan sampah. Bayangkan saja sejak kejadian  kebakaran tanggal 5 September lalu sampai sekarang belum ada tanda-tanda kayu-kayu sisa kebakaran nya di angkut, padahal atas inisiatif warga sudah ditimbun jadi satu dipinggir jalan raya.

Kalau memang boleh lanjutnya, sampah sisa kebakaran tersebut mau dibuang kesungai Kayan. Hanya saja warga merasa kuatir nanti akan menyalahi aturan.

“Mau kita bakar sampah sisa kayu nya kita takut juga, oleh sebab itu kami tetap berharap sisa puing kebakaran ini bisa segera diangkut ke penampungan sampah, ” tutupnya. * jk.

Continue Reading

DPRD Bulungan

H Hamka Apresiasi Bantuan dan Pelatihan Menjahit dari Disnakertrans Bulungan

Published

on

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, mengapresiasi bantuan mesin jahit sekaligus pelatihan nya, yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bulungan, Senin 18/9/2023 kemarin.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang Bepekot BPMD Tanjung Selor.

“Diharapkan dengan diterimanya bantuan mesin jahit ini dapat membantu kelompok masyarakat, yang giliran nya bisa menambah penghasilan mereka melalui keterampilan menjahit yang didapat, ” kata H Hamka.

Selain itu, tandasnya bantuan tidak hanya diberikan sebatas mesin jahit saja. Kalau memungkin kan ditahun anggaran mendatang ada bantuan permodalan dalam bentuk KUR kepada mereka.

“Saya optimis bila usaha jahit menjahit ini dikembangkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi usaha besar yang bisa merekrut tenaga kerja, ” tutup Hamka. * jk.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Jembatan Salimbatu Ditutup, Armada Penyeberangan Diminta Stand By Melayani Masyarakat

Published

on

H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD kabupaten Bulungan H Hamka S IP, menyambut baik dikerjakan nya Opret Jembatan Salimbatu, kecamatan Tanjung Palas Tengah dalam waktu dekat.

“Diharapkan pengerjaan Opret jembatan Salimbatu berjalan lancar sesuai masa kontrak kerja tahun 2023, ” kata H Hamka S IP kepada media ini kemarin.

Pengerjaan nya tetap mengutamakan mutu dan kualitas. Agar awet bertahan lama untuk dinikmati masyarakat sebagai pengguna.

Bila jembatan dan opretnya awet, maka aktifitas perekonomian warga dapat bergerak dinamis. Yang giliran nya dapat mensejahterakan keluarganya.

Alternatif untuk menyiapkan armada penyeberangan untuk orang dan kendaraan bermotor roda dua selama jembatan ditutup, H Hamka menyarankan harus diupayakan secara maksimal, agar kegiatan dan aktifitas warga tidak terganggu dan bisa berjalan normal seperti biasa.

“Harapan saya armada untuk menyeberangkan orang bisa stand by dilokasi sejak pagi hari hingga pukul 17.30 Btawi atau sore hari, dilakukan setiap hari selama jembatan Salimbatu ditutup, ” ujar H Hamka.

Kenapa harus pagi hari, karena para guru maupun ASN yang mengajar di SMAN Salimbatu harus turun mengajar para siswanya. Tentu mereka ini harus tepat waktu tiba disekolah. * jk.

Continue Reading

Trending