Connect with us

Berita Sorot Peristiwa

Jalan Tanjung Selor Kaltara Tergenang Air, Itu Akibat Salah Urus

Published

on

Air hujan yang menggenangi ruas jalan dalam kota Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, akibat buruknya sistem draenase kota.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, menilai dampak banyaknya genangan banjir dibeberapa ruas jalan diTanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, akibat salah urus.

“Kenapa saya katakan salah urus, seharusnya sebelum jalan nya dibangun terlebih dahulu yang drainasenya bukan jalan nya, ” tegas Datu Buyung Perkasa, kepada media ini, Selasa, 23/3/2021.

Contohnya kata Datu, bisa dilihat dijalan rambutan samping kantor Gubernur.Provinsi Kalimantan Utara atau depan kantor Gabungan Dinas Setprov, hujan sedikit saja air yang tergenang sampai merembes kejalan raya hingga berjam-jam.

Ini bisa terjadi apakah salah disistem perencanaan awal, atau tata kota yang tidak terprogram semuanya masih butuh kajian.

Menilik persoalan sistem drainase kota, seyogyanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diprovinsi dan Kabupaten Bulungan, duduk satu meja dengan melibatkan tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh agama membicarakan itu.

Artinya sebelum membahas, terlebih dahulu ada hasil kajian secara komprehensif yang melibatkan tenaga ahli dan dunia akademik yang faham soal tata kota dan sistem draenase nya.

“Jangan sampai kota Tanjung Selor berkembang, baru kita memikirkan sistem draenase nya, pasti akan kesulitan untuk mengatasi banjir, ” terang Datu.

Bila musim hujan tiba, beberapa titik dalam kota Tanjung Selor terlihat genangan air yang cukup menyulitkan siapa saja yang melintas disana. Misalnya di jalan Jenderal Sudirman (depan tambangan toko batu), samping kantor Gubernur Kaltara dan beberapa jalan buah. *

Reporter : Sahri.

Sorot Peristiwa

Jamaah Haji Diminta Waspadai Cuaca Panas di Madinah, Perbanyak Minum Air Putih

Published

on

Jemaah Haji Kloter JGK-01 tiba di Bandara AMMA Madinah, Minggu (12/5/2024).

MADINAH – Cuaca panas hingga menyentuh angka 39 derajat celcius tertera di layar Handphone tulisan UV Ekstrem, Minggu (12/05/2024) pukul 12.49 Waktu Arab Saudi di Kota Jeddah. Suhu serupa juga di Madinah, dan di Makkah menyentuh angka hingga 40 derajat lebih.

Kondisi suhu cuaca tersebut harus menjadi perhatian jemaah yang mulai tiba di Kota Madinah, Ahad, 12 Mei 2024 kemarin. Jemaah khususnya jemaah lansia diimbau shalat di hotel dan membatasi aktivitas di luar ruangan.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad berpesan agar jemaah tidak terlalu memaksakan diri beraktivitas di tengah cuaca panas di Madinah.

“Kami ingatkan kepada jemaah untuk mempertimbangkan kemampuan fisik saat beribadah. Jangan sampai hanya pas (puncak) hajinya sudah kehilangan tenaga,” ungkap Abdul Aziz usai menyambut kedatangan jemaah di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. “Ibadah itu baik. Tapi kalau terlalu memaksa dan membuat fisik kekuatannya berkurang sebaiknya dihindari,” Ucap Abdul Aziz Ahmad, Ahad (12/5/2023).

Saat ini, suhu udara di Madinah saat siang hari dapat mencapai 40 derajat celcius. Untuk itu, Abdul Aziz juga berpesan agar jemaah senantiasa menjaga asupan cairan untuk mencegah dari dehidrasi. “Cuaca panas harus terus diantisipasi. Terutama bagi mereka yang lansia. Harus siap dengan minuman dan semprotan air, terutama ketika cuaca terik,” pungkasnya.

Sebanyak 393 jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama baru saja mendarat di Bandara AMAA Madinah. Terdapat 79 jemaah haji kategori lansia dalam kloter ini.

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Ada beberapa hal yang harus jadi perhatian jemaah selama di Tanah Suci, khususnya di Madinah saat ini. Pertama, bagi jemaah lansia, diimbau untuk tidak memaksakan shalat di Masjid Nabawi di tengah cuaca panas saat ini. Jemaah dapat menunaikan salat di hotel untuk menghindari kelelahan.

Kedua, selalu mengunakan alas kaki dan kaus kaki untuk menghindari kaki melepuh. Jika kehilangan alas kaki, jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari. Sebab, jalanan yang dilalui sangat panas. Mintakan bantuan petugas yang ada di Masjid Nabawi.

Ketiga, upayakan selalu membawa dan minum air mineral 200 ml/jam secara teratur untuk menghindari dehidrasi. Jemaah diimbau meminum oralit 1 sachet per hari dicampur dengan 300ml air mineral untuk memulihkan kebugaran tubuh.(*/mn/jk).

Continue Reading

Sorot Peristiwa

Pj Gubernur Bertandang Ke Rumah Dinas Sekprov Kaltim, Silaturahmi Idul Fitri 1445 H

Published

on

Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni saat menyambut kedatangan Pj. Gubernur Kaltim Akhmal Malik beserta keluarga.

SAMARINDA – Kebahagiaan tersendiri bagi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menerima kedatangan Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik, beserta istri Yulia Zubir dan kedua anaknya di dikediaman rumah dinasnya Jalan M Yamin Samarinda untuk merayakan Idulfitri 1445 Hijriyah, Kamis, (11/4/2024).

Dengan wajah gembira Sekda Sri Wahyuni menyambut tamu yang datang, bukan hanya Pj. Gubernur Kaltim Akhmal Malik saja, juga banyak pejabat di lingkungan Pemprov Kaltim, instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun masyarakat umum yang menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi.

Para tamu dimanjakan dengan berbagai suguhan menu, seperti siomay, empek-empek, bistik daging, ayam goreng, sup ayam dengan minuman es teler dan es kopyor, selain minuman hangat lainnya.

Dihari yang penuh bahagia ini, dengan memakai baju muslim berwarna cream Sekda Sri Wahyuni tampak akrab berbincang dengan para tamu.

Silaturahmi ke rumah Sekda Provinsi Kaltim, dimanfaatkan Akmal Malik melihat langsung tanaman melon dan sayuran di green house rumah jabatan Sekda Provinsi Kaltim. “Ini sanga

Pj. Gubernur Kaltim Akhmal Malik saat tinjau Green House tanaman melon dan sayur di rumah jabatan Sekdaprov Kaltim.

t bagus, kedepan mohon dilanjutkan lagi, ditanami lagi macam-macam sayuran dan saya sangat mendukung sekali,” kata Akmal.

Mendampingi kunjungan Pj. Gubernur Akmal Malik ke green house tanaman melon dan sayuran tampak selain tuan rumah Sri Wahyuni juga tampak hadir mantan Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Provinsi Kaltim Abu Helmi dan pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim.(*)

Continue Reading

Sorot Peristiwa

Pj. Gubernur Kaltim: Tingkatkan tali silaturahmi di Hari Idul Fitri jaga kondusifitas Kaltim

Published

on

Pj. Gubernur Akmal Malik saat menyampaikan keterangan pers.

SAMARINDA – Ajakan untuk menjaga suasana aman dan kondusif di Bumi Kalimantan Timur kembali digaungkan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dalam suasana Idul Fitri 1445 H /2024 M.

Hal tersebut diungkapkan Akhmal Malik saat melakukan safari lebaran ke Tenggarong, Kutai Kartanegara, Rabu (10/4/2024) mengunjungi Panti Asuhan Ar Rayan di bilangan Jalan KH Ahmad Muksin Gang Kubur, Kelurahan Melayu, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara provinsi Kalimantan Timur.

“Mari kita tingkatkan tali silaturahmi di momen Hari Raya Idul Fitri ini dan terus menjaga suasana aman dan kondusif di Bumi Kalimantan Timur yang kita cintai ini,” kata Akmal Malik.

Sebelum berkunjung ke Tenggarong, Penjabat (Pj.) Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama warga masyarakat Samarinda melaksanakan sholat idul Fitri 1445 H di Masjid Raya Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim, Rabu pagi, 10 April 2024.

Pj. Gubernur Kaltim Akhmal Malik beserta keluarga saat bersilaturahmi di Kedaton disambut Sultan Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin.

“Hari ini kita semua, kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia berjumpa dengan hari kemenangan, hari raya Idulfitri 1445 Hijriah,” kata Akhmal Malik saat memberikan sambutan sebelum sholat idul Fitri dimulai.

Sebelum berkunjung ke Tenggarong melaksanakan safari lebaran Idul Fitri 1445, Pj. Gubernur Akhmal Malik mengunjungi sejumlah panti asuhan di Kota Tepian Samarinda, dan langsung melanjutkan safari lebaran ke Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Panti Asuhan Ar Rayan yang terletak di bilangan Jalan KH Ahmad Muksin Gang Kubur, Kelurahan Melayu, Tenggarong yang menjadi tujuan kunjungan Akmal Malik didampingi istri dan anak di Kota Raja.

Setelah bersilaturahmi dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu di panti asuhan Ar Rayan, Akmal Malik kemudian mengunjungi Kedaton Kutai Kartanegara.

Sesampainya di Kedaton, Pj Gubernur Akmal Malik beserta keluarga disambut Sultan Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin beserta istri dan keluarga. Silaturahmi dibalut suasana hangat dilanjutkan dengan makan siang bersama di kediaman Sultan Kutai Kartanegara ini.

Akmal Malik mengungkapkan rasa syukur karena sudah bisa bersilaturahmi di suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Akmal mengajak seluruh masyarakat Kaltim untuk terus meningkatkan tali silaturahmi antara sesama umat.

Akmal mengatakan, kondisi panti asuhan menjadi tanggungjawab bersama masyarakat dan pemerintah. Karena tugas yayasan ini adalah menampung anak-anak yang kurang beruntung, sementara negara juga punya tanggungjawab memberikan kehidupan yang layak kepada warganya.

Akmal Malik, dengan tulus, berusaha memberikan bantuan dengan tangan sendiri. Ia menyadari bahwa ini adalah tanggung jawab negara dan masyarakat. Kaltim, sebagai daerah yang kaya, harus menjaga dan merawat warganya.

“Saya sangat sedih melihat kondisinya, dan belum bisa memberikan apa-apa, tetapi InsyaAllah Pemprov Kaltim akan membantu. Bagi saya, negara dan pemerintah harus turun tangan membantu secara permanen, jangan hanya sekedar bulanan,” kata Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik.

“Semoga kunjungan ini membawa manfaat dan perhatian lebih pada anak-anak yang memerlukan dukungan,” tanbahnya.

Panti asuhan yang dikunjungi Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik pada lebaran pertama kalinya. Di Kaltim, sejak dilantik sebagai Pj. Gubernur Kaltim (2/10/2023), antara lain:

1. Yayasan Panti Asuhan Yatim Berkah Syariah (Rumah Tahfidz Uwais Al-Qomi) di jl.Patimura no.07 RT. 004 Kel. Masjid Samarinda Seberang

2. Panti Asuhan Aisyiyah Siti Khodijah

3. Panti Asuhan Forum Jalinan Persaudaraan Kalimantan (FJDK) jl.AW. Syahrani Perum Pondok Alam Indah Blok I no. 02 RT. 02 Samarinda

4. Yayasan Panti Asuhan Rahmatullah Jl. Sukorejo no.27 RT.39 Kel. Lempake. Samarinda Utara

5. Panti Asuhan Kasih Bunda Utari jl.Padat karya no. 92 RT. 08 Bengkuring, Samarinda

6. Panti Asuhan Aisyiyah Siti Khodijah jl. Merdeka no. 27 RT. 85 Kel. Sungai Pinang Dalam, Samarinda

7. Panti Asuhan Aisyiyah Al-Walidaturrah jl. Siradj Salman RT. 27 Teluk Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu

8. Panti Asuhan Ar Rayyan, JI. KH. Muksin Gg. Kubur No. 19 RT.03 Kel. Melayu Tenggarong.

9. Kedaton Silaturahmi Bersama Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.(*)

Continue Reading

Trending