Connect with us

Berita Ragam Kaltara

Lembaga Adat Tidung Nunukan Mengapresiasi Acara Kampung Budaya Taka

Published

on

NUNUKAN – Koordinator Ketua Lembaga Adat Tidung (LAT) Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, H.Sura’i mendukung program kampung budaya yang akan diadakan oleh organisasi mahasiswa Malang (IPMAN) bekerja sama dengan perangkat Desa Binusan Nunukan, dalam rangka mendukung kearifan lokal dan pengenalan budaya Nunukan.

“Kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, selain dari hiburan juga sebagai pengenalan budaya dan kerajinan adat,”ujar H.Sura’i belum lama ini.

Ia juga merasa bersyukur dengan rencana kegiatan kampung budaya tersebut karena bisa mengangkat budaya Tidung Nunukan.

“Persiapan acara itu sebelumnya sudah dikomunikasikan ke kami, jadi nanti akan dirangkai dengan kerajinan tangan anyaman, tampilan seni, puntau, cara menanam padi dan berbagai macam lainnya” kata H.Surai’i.

Artinya siap mendukung penuh, karena kami juga akan mengakomodir baik dari biaya dan tenaga untuk mensukseskan acara tersebut. Karena acara ini sifatnya umum yang mengundang masyarakat Nunukan.

H.Sura’i berharap agar Pemerintah Daerah Nunukan khususnya kepada Dinas Parawisata dan Pemuda Olahraga dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mensuport segala sesuatunya karena acara ini di inisiasi putra putri terbaik Nunukan.

“Kami meminta dukungan Pemerintah kabupaten Nunukan, artinya acara ini acara bersama masyarakat yang mengangkat harkat dan martabat Nunukan, kami juga tergabung dalam forum lintas adat yang ada di Nunukan, semoga bisa maksimal untuk membantu,”harapnya.

Selain itu, kepada kaum milineal baik mahasiswa maupun anak muda lainnya bisa mencintai budaya Nunukan.

Terpisah Aswan selaku ketua umum Ikatan Mahasiswa Nunukan Malang (IPMAN) mengatakan persiapan sampai hari ini intens berkoordinasi dengan pihak pemangku adat Tidung dan juga pihak desa binusan.

“Untuk sampai saat ini teman-teman kepanitiaan telah menyiapkan perlengkapan acara di hari H pelaksanaan,”beber Aswan

Saat ditanyakan mengenai tujuan dari acara kampung budaya Aswan menerangkan bahwa acara tersebut sebagai bentuk melestarikan salah satu budaya asli kabupaten Nunukan yaitu suku Tidung.

“Dimana suatu daerah atau kawasan akan menimbulkan suasan yang kental dengan budaya khas suku Tidung, kami juga berkerja sma dengan karang taruna sai Fatimah dan juga pemangku adat suku tidung kabupaten Nunukan,”katanya.

Harapan saya untuk kampung budaya sampai saat ini semoga niat dan tujuan dari teman-teman IPMAN malang dalam melaksanakan acara kampung budaya bisa sukses dan dengan adanya ini bisa melestarikan budaya dan juga agar tetap bisa bertahan di tengah suasana moderenisasi.

“Budaya asing yang sangat banyak masuk di daerah kita khususnya Nunukan dan juga agar masyarakat memiliki wadah untuk mengenang sejarah atau suasana yang khas dengan budaya asli suku Tidung Nunukan,”jelasnya

Aswan menambahkan persiapan kampung budaya masih berjalan dengan baik karena acara tersebut adalah acara besar yang akan menggunakan anggaran besar.

“Jadi mengenai kampung budaya sampai hari ini alhamdulillah untuk konsepnya sudah matang hanya saja ada perbaikan terkait desainnya dan beberapa konsep teknisnya dan kami juga masih menjalankan proposal pendanaan untuk keperluan kegiatan kampung budaya, semoga ada pihak yang bisa membantu, karena kami ingin kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,”Pungkasnya, *

Reporter : MDF.
Editorย  ย  ย  : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam Kaltara

Bid Dokkes Polda Kaltara Laksanakan Pemeriksaan Kesling Untukย  Personel Yang Terlibat Pam TPS

Published

on

Pengecekan kesehatan untuk personel Pam TPS dilapangan.

TANJUNG SELOR – Bid. Dokkes Polda Kaltara melaksanakan Kegiatan Pelayanan dan Pemeriksaan Kesehatan keliling (Kesling) Terhadap Personel Polri yang terlibat Pengamanan TPS di wilayah Tanjung Palas dan sekitarnya, Kamis (15/02/2024)

Kegiatan yang dilakukan berupa Pemeriksaan kesehatan ( tensi ) terhadap Personel dan Pemberian vitamin ataupun obat sesuai dengan keluhan jika ditemukan Personel yang sakit.

Personel Bid. Dokkes memberikan pelayanan kesehatan kepada Personel yang sedang melaksanakan rangkaian kegiatan penjagaan dan pengamanan kegiatan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 khususnya Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu 2024.

Upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Kaltara khususnya Bid. Dokkes mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

Kesehatan adalah aset berharga, Dengan memberikan bekal kesehatan dan pemeriksaan kesehatan, Kami berharap Personel yang bertugas dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dengan kesehatan yang prima.

Kesejahteraan dan kesehatan Personel diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat dan memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan tertib. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Jaga Kedisiplinan Personil, Polda Kaltara Lakukan Pengecekan Kelengkapan Kendaraan

Published

on

Kelengkapan kendaraan personel Polda kaltara tengah dilakukan pengecekan.

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara, Dalam Upaya menjaga kedisplinan anggota di Polda Kaltara, Bidpropam dan Ditlantas Polda Kaltara laksanakan penegakkan ketertiban dan kedispilanan (Gaktibplin) Rabu(12/07/2023).

Dalam kegiatan tersebut anggota Provos dan Ditlantas Polda Kaltara melakukan pengecekan kelengkapan administrasi personel, pengecekan kendaraan bermotor pribadi maupun dinas yang dipergunakan oleh masing-masing anggota.

Kegiatan Gaktiblin ini merupakan bentuk pengawasan terhadap seluruh personil Polri serta merupakan tugas pokok dari personil Propam dan Ditlantas Polda Kaltara untuk mengecek kelengkapan dari kendaraan personil.

Di lakukannya penertiban di internal kepolisian terlebih dahulu sebelum kita menertibkan masyarakat, jadi kita selaku penegak hukum harus terlebih dahulu menunjukan ketertiban baik dari segi surat meyurat berupa SIM dan STNK kendaraan serta surat menyurat lainnya, serta harus menggunakan Helm yang SNI.

Pemeriksaan gaktiblin merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota sebagai bentuk pengawasan internal kepada seluruh personil Polri sebagaimana perintah pimpinan.

Dari pelaksanan Gaktiblin rutin ini, diharapkan rekan-rekan personil dapat berdinas di Kepolisian dengan tetap mentaati aturan disiplin sesuai dengan peraturan yang berlaku. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Pengumuman Kehilangan

Published

on

Sertifikat tanah tercecer.
Continue Reading
Advertisement

Trending