Connect with us

Berita Kaltim

Proteksi Kebakaran di Sarana Parkir Mall SCP Kurang Memadai, Hidran dan Sprinkler Tidak Tersedia

Published

on

Petugas dan relawan berjibaku padamkan api yg membakar mobil di parkiran Mall SCP Samarinda.

SAMARINDA – Sistem proteksi kebakaran di gedung-gedung berlantai tinggi perlu mendapat Perhatikan pihak terkait. Terbukti di gedung parkir Mall Samarinda Central Plaza (SCP), di lantai 2 hingga 9 masih kurang memadai sistem proyeksi kebakaran, bahkan tidak dilengkapi dengan hidran maupun sprinkler.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda Hendra AH, SH, Senin, (15/4/2024) saat dimintai konfirmasi tindak lanjut dari penanganan kebakaran mobil di parkiran Mall SCP yang terjadi Minggu Sore, (14/4/2024).

Hendra AH, Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kota Samarinda.

Pihak Disdamkar sudah beberapa kali memberikan saran teknis tapi tidak diperhatikan pihak manajemen. “Meski sebelumnya telah memberikan saran teknis pada pihak manajemen, belum ada progres yang signifikan dalam pemasangan sistem proteksi kebakaran,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda akan mengambil tindakan lebih lanjut jika pihak SCP tidak melengkapi sistem proteksi kebakaran yang memadai.

“Peristiwa ini menegaskan, pentingnya keamanan dan keselamatan di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, serta perlunya tindakan pencegahan yang lebih serius untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang,” tegasnya.

DILIDIK LEBIH LANJUT

Kebakaran menimpa sebuah mobil Suzuki Splash dengan nomor polisi KT 1861 MR terjadi di parkiran lantai dua Samarinda Central Plaza (SCP), Jalan Pulau Irian, Samarinda, Kalimantan Timur, sekitar pukul 17.01 WITA, pada Minggu (14/04/2024).

Mobil yang terbakar di parkiran Mall SCP

Kepala Dinas Damkar, Hendra AH mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah konsleting di bagian mesin mobil. “Meskipun begitu, pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap penyebab utama terjadinya kebakaran tersebut,” ujar Hendra.

Atas kejadian tersebut, Unit Pemadam Kebakaran dan Ambulance segera dikerahkan untuk mengamankan area parkir. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda dibantu para relawan merespons dengan cepat untuk mencegah penyebaran api ke kendaraan lainnya, dan setelah upaya keras, api berhasil dipadamkan dalam waktu 40 menit. * jb/jalia/jk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kaltim

BNPT-FKPT Kaltim Berkolaborasi Selenggarakan Youth of Indonesia Festival

Published

on

Kegiatan forum Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Timur.

SAMARINDA — Dengan semangat persatuan dan keberagaman, Youth of Indonesia Festival 2024 menggelar serangkaian kegiatan di Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Timur.

Acara ini bertujuan memperkuat solidaritas pemuda dalam menghadapi tantangan zaman, termasuk isu-isu kebangsaan dan pencegahan terorisme.
Kegiatan yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan FKPT Kaltim ini diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Samarinda Square Lantai IV pada Senin (20/5/2024).

Dengan tema “Pemuda Mandiri Berkarya untuk Negeri”, acara diawali dengan kegiatan podcast dengan narasumber Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd dan Ketua FKPT Kaltim, Drs Ahmad Jubaidi, Sos, M. Si.

Acara ini menampilkan kreasi budaya baik karya-karya budaya tarian dan vokal yang mengedepankan local wisdom (kearifan lokal) sebagai bentuk ekspresi keberagaman budaya.
Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd mengatakan dengan kegiatan Youth of Indonesia Festival 2024 akan mampu mewadahi potensi yang dimiliki para pemuda di Kaltim.

“Diharapkan akan muncul kecintaan terhadap seni dan budaya di Kalimantan Timur, apakah seni tari, seni sastra ataupun seni panggung yang memberikan ciri lokalitas Kaltim,” ucapnya.

Ditambahkan, bahwa bangsa Indonesia direkatkan dengan Bhineka Tunggal Ika dan ideologi kebangsaan Pancasila dan dalam Kesatuan Republik Indonesia. Pemuda adalah agen perubahan, pemuda harus menjadi teladan dalam menyampaikan informasi dan selalu bersikap terbuka terdapat sudut pandang, termasuk lebih sadar dan tanggap terhadap isu terorisme.

“Artinya keberlangsungan tegaknya negara Republik Indonesia tidak hanya berada di sebagian kita tetapi para pemudalah yang nantinya yang menjadi tulang punggung kelangsungan bangsa Indonesia,” ujarnya.
Melalui Youth of Indonesia Festival dengan tema Pemuda Mandiri Berkarya untuk Negeri, akan mampu memberikan pesan dan kesan yang mendalam dalam melestarikan budaya-budaya Kaltim untuk mewadahi negara hadir, anak-anak muda hadir dalam menyongsong Ibu Kota Negara di Kaltim.

Kol. Sus. Dr. Harianto menambahkan, Youth of Indonesia ini di FKPT Kaltim merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan keberagaman pemuda Indonesia, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menginspirasi pemuda untuk bersatu, berkolaborasi dan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan pencegahan terorisme.
“Youth of Indonesia di FKPT Kaltim merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan pemuda Indonesia, melalui kegiatan ini kami berharap dapat menginspirasi pemuda untuk bersatu, berkolaborasi dan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan pencegahan terorisme,” ujar Harianto.

Kegiatan Youth of Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah yaitu Kesbangpol Kaltim, Kesbangpol Kota Samarinda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat pelaku kreatif budaya lokal. Kegiatan ini dilaksanakan di 34 FKPT di seluruh Indonesia selama tahun 2024 kerjasama BNPT dan FKPT.

Sementara itu, Ketua FKPT Kaltim Ahmad Jubaidi mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membangkitkan rasa kebangsaan, rasa patriotisme dan mencintai negeri ini. Selain itu, memberikan pemahaman kepada pemuda akan pentingnya kearifan lokal dalam menjaga kesatuan bangsa dengan nilai-nilai luhur bangsa.
Keluar sebagai tiga juara terbaik untuk tari dan lagu, juara pertama diraih Kelompok Tari Mandau Mentareh SMKN 16 Samarinda, juara kedua diraih penyanyi Nia Karunia yang membawakan lagu berjudul “Burung Enggang” serta juara ketiga diraih kelompok Tari Spansa Etam SMPN 1 Samarinda.

Ketiga juara tingkat Kaltim ini akan mengirimkan video terbaik penampilan mereka untuk dinilai oleh juri tingkat nasional. BNPT akan memilih tiga nominasi juara terbaik nasional yang akan diumumkan pada Desember 2024 mendatang.(*)

Continue Reading

Kaltim

STAI Balikpapan Sukses Gelar Seminar Proposal Skripsi, 39 Mahasiswa Ambil Bagian

Published

on

Sesi poto bersama.

BALIKPAPAN– Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan telah melaksanakan Seminar Proposal Skripsi yang dihadiri oleh 39 mahasiswa akhir. Acara yang berlangsung secara tatap muka ini turut dihadiri oleh mahasiswa semester 6 dan semester 4 sebagai audiens, yang memberikan dukungan dan masukan berharga kepada para presentator di ruang Seminar, STAI Balikpapan pada Sabtu (18/5/2024).

Dengan penuh semangat, para mahasiswa mempresentasikan rancangan penelitian skripsi mereka dengan antusias. Diskusi menjadi lebih kaya berkat tanggapan dan pertanyaan aktif dari audiens semester 6 dan semester 4, menciptakan interaksi positif di ruang seminar.

Ketua STAI Balikpapan, Arief Rohman Arofah, menyampaikan apresiasi atas kelancaran dan ketertiban acara tersebut.
“Seminar Proposal Skripsi ini merupakan momen penting dalam perjalanan akademik mahasiswa, dan kehadiran audiens dari semester 6 dan semester 4 memberikan dukungan yang luar biasa bagi para presentator,” ujarnya.

Dengan melaksanakan acara secara tatap muka, STAI Balikpapan menunjukkan komitmen dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa. Acara ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dan memperkuat jaringan akademik mereka.

Ia berharap, keberhasilan Seminar Proposal Skripsi ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa STAI Balikpapan dalam menyelesaikan penelitian skripsi mereka dengan baik.

“Selamat kepada seluruh peserta seminar atas partisipasi mereka dalam acara yang berjalan sukses,” pungkasnya. **.

Continue Reading

Kaltim

Banjir Rendam 13 Kampung di Kabupaten Mahakam Ulu Kaltim

Published

on

Beberapa rumah warga yang terendam akibat banjir di Kab. Mahakam Ulu.

UJOH BILANG – Banjir besar setinggi lebih dari 2 meter yang melanda Kabupaten Mahakam Ulu sejak empat hari lalu telah menyebabkan kerusakan dan gangguan signifikan di berbagai wilayah hingga Kamis (16/5/2024).

Kepala Polisi Resor Mahakam Ulu, AKBP Anthony Rybok mengatakan bencana ini dipicu oleh limpahan arus deras Sungai Ulu Mahakam yang bersumber dari Sungai Long Apari dan Sungai Boh, yang mengakibatkan meluapnya air ke kawasan pemukiman dan fasilitas umum.

Di Kecamatan Long Bagun, banjir telah merendam kampung-kampung berikut:
1. Kampung Long Bagun Ilir
2. Kampung Batoq Kelo
3. Kampung Long Bagun Ulu
4. Kampung Ujoh Bilang
5. Kampung Rukun Damai
6. Kampung Batu Majang
7. Kampung Long Hurai
8. Kampung Memahak Besar
9. Kampung Memahak Teboq
10. Kampung Memahak Ulu
11. Kampung Long Merah
12. Kampung Long Melaham

Di Kecamatan Long Hubung, kampung-kampung yang terkena banjir meliputi:
1. Kampung Datah Bilang Baru
2. Kampung Datah Bilang Ulu
3. Kampung Datah Bilang Ilir
4. Kampung Mamahak Teboq
5. Kampung Matalibaq
6. Kampung Long Hubung
7. Kampung Lutan
8. Kampung Sirau

Di Kecamatan Long Pahangai, banjir melanda kampung-kampung berikut:
1. Kampung Long Lunuk
2. Kampung Long Lunuk Baru
3. Kampung Long Pahangai I
4. Kampung Irung Ubing
5. Kampung Naha Aruq
6. Kampung Long Isun
7. Kampung Long Pahangai
8. Kampung Long Pahangai II
9. Kampung Long Tuyoq
10. Kampung Liu Mulang

Di Kecamatan Long Apari, daerah yang terdampak adalah:
1. Kampung Long Apari
2. Kampung Tiong Ohang
3. Kampung Noha Tifab
4. Kampung Long Kerioq
5. Kampung Long Penaneh I
6. Kampung Long Penaneh II

Sementara itu, Kecamatan Laham dilaporkan tidak terkena dampak banjir.

“Adapun dampak kerusakan material berupa rumah warga yang berada di bantaran Sungai Mahakam Ulu tergenang banjir, serta fasilitas publik seperti PLN, PDAM, sekolah, puskesmas, kantor kecamatan, aula desa, masjid, gereja, koramil, polsek, bank, dan lain-lain juga terkena dampak,” tulis Anthony dalam laporan untuk Kapolda Kaltim pada Kamis (16/5/2024).

Saat ini, Tim Multisektoral Kabupaten Mahakam Ulu telah melakukan berbagai langkah strategis untuk menangani bencana ini, antara lain:
1. Pra Bencana : Mengeluarkan himbauan kepada masyarakat melalui perangkat kampung, camat, dan petinggi.
2. Saat Bencana : Melakukan evakuasi warga dan mendirikan posko banjir sebagai tempat penampungan sementara.
3. Pasca Bencana : Merencanakan revitalisasi objek vital yang rusak akibat banjir.

Hingga saat ini, belum ada laporan korban jiwa akibat banjir di wilayah Mahakam Ulu. Bantuan eksternal sangat dibutuhkan untuk proses pemulihan pasca bencana di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Langkah-langkah cepat dan tepat terus dilakukan untuk meminimalisir dampak dan mempercepat pemulihan kondisi masyarakat yang terdampak bencana banjir ini,” pungkasnya.(jb/ja/jk).

Continue Reading

Trending