Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Polda Kaltara Musnahkan Barang Bukti Miras

Published

on

Pemusnahan barang bukti miras oleh Polda Kaltara.

TANJUNG SELOR  – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara melaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) minuman keras di Mapolda Kaltara, Kamis (21/12/2023).

Pemusnahan Barang bukti Minuman Keras yang dimusnahkan sebanyak 854 Botol/Kaleng dan Ciu sebanyak 20 liter kemasan jerigen dengan dilindas menggunakan alat berat/Bomag.

Seperti kita ketahui bersama bahwa banyak peristiwa korban meninggal dunia sia-sia karena mengkinsumsi miras, dan banyak contoh kejahatan terjadi karena pengaruh miras. Mengingat pengaruh negatif dari minuman keras sangat luar biasa, apabila tidak dikontrol oleh pemerintah, tentu dampaknya akan sangat berbahaya bagi kehidupan bermasyarakat, dimana dengan mengkonsumsi miras dengan alkohol tinggi akan merusak sistem yang ada ditubuh manusia.

Dalam sambutannya, Kombes Pol. Agus Yulianto, S. Sos., S.I.K., M. Si. mengatakan bahwa miras ini merupakan hasil Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan.

“Dari miras akan timbul berbagai gangguan kamtibmas dari penganiayaan ringan, penganiayaan berat bahkan sampai kepada pembunuhan. Yang lebih mengerikan lagi akan terjadi pelecehan seksual terhadap anak – anak, seperti yang kita lihat di media massa maupun media sosial beredar berita bahwa sudah banyak yang menjadi korban. Korban dari yang mengkonsumsi sendiri sudah banyak yang meninggal”, Terang Dir Resnarkoba. **.

POLDA KALTARA

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri

Published

on

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada calon siswa Bintara Polri yang menjadi korban begal hingga jari tangannya putus di Kebun Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), Satrio Mukhti (18). Jenderal Sigit merekrut Satrio untuk ikut pendidikan Bintara Polri melalui jalur khusus disabilitas.

“Bapak Kapolri prihatin dengan kejadian yang dialami casis tersebut. Namun Bapak Kapolri pun bangga, casis tersebut memiliki keberanian melawan komplotan begal, dan casis tersebut tetap semangat ingin mengikuti rekrutmen,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat (17/5/2024).

“Sehingga Bapak Kapolri memberikan penghargaan kepada adik kita, Satrio Mukhti, diterima sebagai anggota Polri,” lanjut Irjen Dedi.

Seperti diketahui, Satrio Mukhti dibegal di Jalan Arjuna, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Satrio sempat berduel melawan pelaku bersenjata golok.

“Awalnya saya tidak melihat dia bawa senjata tajam, jadi berantem pertama tidak membawa senjata tajam. Sempat satu lawan satu,” ujar Satrio saat ditemui detikcom di rumahnya di Tanjung Duren Utara, Grogol, Jakarta Barat, Rabu (15/5).

Satrio mengungkapkan, awalnya, pada Sabtu (11/5), dia tengah berangkat untuk tes psikotes bintara Polri di SMK Media Informatika Pasanggrahan, Jakarta Selatan. Dia berangkat pukul 04.00 WIB karena tes dilakukan pada pukul 05.00 WIB.

“Pelaku itu satu motor tapi tiga orang. Pas berantem itu orang pertama kalah, tapi temannya yang tengah langsung turun dan ngeluarin senjata tajam,” kata Satrio.

Pelaku yang membawa golok langsung mengayunkan senjatanya hingga ditangkis oleh Satrio. Akibatnya, jari kelingking korban hampir putus.

“Pertama pas dibacok saya nggak merasa tangan saya kena, karena saya merasa nangkisnya pegangan goloknya. Dua kali dibacok, tangan dan kaki, alhamdulillah saya pakai helm jadi kepala nggak kena,” ujar Satrio.

Akibat pembegalan ini, Satrio mengalami luka parah di tangan. Jari kelingkingnya hampir putus karena menangkis golok.

“Kalau luka yang parah tangan, kaki juga cukup parah. Tulang kelingkingnya putus, tapi masih nyantel, pas operasi saya masih pegang jari saya,” ucap Satrio.

Satrio akhirnya terjatuh. Sementara para pelaku berhasil membawa kabur motor dan ponsel miliknya.

Dengan kejadian yang dialaminya, Satrio berharap masih bisa mengikuti rangkaian tes bintara Polri. Satrio mengaku telah dua kali mengikuti tes bintara Polri. Menurut dia, menjadi polisi adalah cita-citanya sejak kecil.

“Dengan kejadian ini, jika mimpi saya harus terkubur saya ikhlas. Tapi kalau dengan kejadian ini saya bisa jadi anggota Polri, saya siap,” tegas Satrio.

Pada kesempatan berbeda, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Sutrisno menuturkan korban telah menjalani operasi penyambungan jari. “Sudah, sudah dioperasi. Sudah disambung,” Ujarnya, Selasa (15/5). **

Continue Reading

POLDA KALTARA

Kapolda Kaltara beserta Jajaran Ikuti Zoom Meeting Forum Bersama Posko Presisi Mabes Polri

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si beserta jajaran mengikuti zoom meeting bersama Posko Presisi Mabes Polri. .

TANJUNG SELOR  – Meeting Forum Belajar Bersama Pengembangan Sumber daya manusia unggul pada kegiatan Program Beyond Trust Presisi TW II TA 2024. dengan narasumber Dr. (HC). Ignasius Jonan, S.E., M.A. yang di gelar dari Posko Presisi Mabes Polri melalui Zoom Meeting di Rupatama Kayan Mapolda Kaltara. Senin (13/05/2024) siang.

Dihadiri Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si,. didampingi Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol. Drs. R Andria Martinus, M.H, Para PJU Polda Kaltara dan Para Kapolres Jajaran melalui zoom meeting di masing – masing Polres.

Pembelajaran yang di bahas tentang Membangun Budaya integritas dan Pelayanan yang Berkualitas Serta Anti Korupsi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman kepada personil polri agar mendapatkan pemahaman tentang Membangun Budaya integritas dan Pelayanan yang Berkualitas Serta Anti Korupsi dalam tugas kepolisian.

“Semoga dengan di selenggarakannya forum belajar bersama ini dapat memberikan pemahaman kepada personil”. Ucap Kapolda Kaltara. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Polda Kaltara Laksanakan Kegiatan Pelatihan Asesor Assasement Center Polri T.A 2024

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si (kanan)..

TANJUNG SELOR – Dalam menunjang Kinerja Polri Khususnya Polda Kaltara Laksanakan Kegiatan Pelatihan Asesor Assasement Center Polri T.A 2024 yang diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Kaltara, Senin (13/5/24).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, yang didampingi oleh Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol. Yuyun Arief Kus Handriatmo, S.I.K., M.Si., Asesor Mabes Polri, Role Player Asesor dan Peserta Pelatihan Asesor.

Kegiatan Pelatihan Asesor Assasement Center Polri akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 13 Mei – 17 Mei 2024 yang di bertempat di Hotel Luminor Jl, Sabanar lama Kab. Bulungan.

Dalam kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, sambutan Karo SDM, sambutan Ketua tim, peyerahan plakat dan foto bersama serta akan di isi materi oleh pelatih asesor dalam 5 hari kedepan.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan” Dalam suatu organisasi, Sumber Daya Manusia ( SDM ) memiliki personil penting sebagai aset utama dengan kedudukan SDM sebagai penggerak dan penentu berlangsungnya proses mencapai tujuan organisasi serta menentukan berkembangnya suatu organisasi “.

“Salah satu penentu keberhasilan reformasi Polri, adalah adanya kepemimpinan yang memiliki kompetensi yang memadai dan profesional, Sehingga mampu memotivasi anggota pada setiap lini pelayan Polri” tambahnya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan menambah kompetensi dari masing -masing anggota sehingga dapat meningkatkan pelayanan dalam menjalan tugas kedepannya.

Acara ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama. **.

Continue Reading

Trending