Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Kapolda Kaltara Mengikuti Zoom Meeting Dialog Kebangsaan

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si.

TANJUNG SELOR – Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si. mengikuti acara Dialog kebangsaan dengan tema “Internalisasi Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Transformasi Polri Presisi Menyongsong Indonesia Emas.” Secara zoom meeting bertempat di Rupatama Kayan Polda Kaltara, Senin (10/06/2024)

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Dirintelkam Polda Kaltara Kombes Pol. Sigit Ari Widodo, Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat, S.I.K., M.Si., Perwakilan para Pamen/Pama satker Polda Kaltara dan Perwakilan dari OKP dan Mahasiswa ( GMNI, LMND, BEM STIT, PMII, GP Ansor ).

Diaog Kebangsaan ini diinisiasi oleh PMPI ( Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia ) berkolaborasi dengan Polri yang ditayangkan secara virtual dan diikuti seluruh Polda, Polres Jajaran dan Lembaga Pendidikan Kepolisian Lainnya.

Sebagai narasumber dalam dialog kebangsaan yaitu Ulama / Anggota Watimpres RI Dr. (H.C.) H. Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi Bib Ali Bin Yahya dan Surahno, S.H., M.Hum dari Deputi Bidang Pengkajian Dan Materi BPIP ( Badan Pembinaan Ideologi Pamcasila ).

Narasumber Dr. (H.C.) H. Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi Bib Ali Bin Yahya mengatakan bahwa ” Nasionalisme kita mulai berkurang, pernyataan dan ikrar tertuang didalam lagu Indonesia Raya serta sejauhmana rasa kita memiliki akan bangsa ini “.

“Aktualisasi Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara diwujudkan dalam lima hal yaitu Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa, Pancasila sebagai pemersatu Bangsa, Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Pancasila sebagai paradigma pengembangan ilmu pengetahuan”. Ucap Deputi Bidang Pengkajian Dan Materi BPIP.

Dialog kebangsaan ini merupakan sebagai bukti kontribusi Polri dalam rangka Internallisasi Wawasan Kebangsaan terkait Pancasila. Acara ditutup dengan mengibarkan bendera merah putih sambil menyanyikan lagu Kebyar-kebyar. **.

POLDA KALTARA

Kapolda Kaltara Menerima Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si.

TANJUNG SELOR – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si,. Menerima Kunjungan Silaturahmi dari Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timu, yang bertempat diruang Kerjanya, Kamis (20/06/2024).

kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur Ibu Kusuma Santi Wahyuningsih beserta rombongan.

Kapolda Kaltara menyambut baik kedatangan Kepala Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Timur dan Ia juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi serta siap bekerja sama dengan Bea Cukai.

“Saya mengucapkan apresiasinya atas kunjungan yang dilakukan guna membangun komunikasi dan sinergitas anta Polda Kaltara dan Bea Cukai”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kaltara berharap Silaturahmi dari Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur dapat meningkatkan kerjasama pengawasan di wilayah perbatasan serta penanganan tindak pidana dibidang Kepabeanan dan Cukai dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur Ibu Kusuma Santi Wahyuningsi menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Kalimantan Utara yang sudah berkenan menerima kedatangan pihaknya.

Lebih lanjut, Ibu Kusuma Santi Wahyuningsih mengatakan pihaknya akan terus Koordinasi dan bekerja sama dengan Polda Kaltara terkait penanganan tindak pidana dibidang Kepabeanan dan Cukai.

Terakhir, ia berharap dengan pertemuan dan silaturahmi ini pelaksanaan tugas dan fungsi Bea dan Cukai kedepannya dapat berjalan dengan lebih baik. beliau juga berterimakasih atas kerjasamanya yang baik, antara Bea Cukai dengan Polda Kaltara. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Polda Kaltara Press Release Terkait Pengungkapan Kasus Narkoba

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si.

— Dengan berat Nlnetto 20.064,68 Gram.

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara menggelar Press Release terkait pengungkapan kasus Narkoba di wilayah Kalimantan Utara di Selasar Gedung B Mapolda Kaltara, Kamis (20/06/2024)

Press Release dipimpin langsung Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si. yang di dampingi Dirresnarkoba dan Kabid Humas Polda Kaltara beserta sejumlah perwakilan media dari mitra Polda Kaltara.

Pada kesempatan ini, Kapolda Kaltara menerangkan kepada awak media bahwa Polda Kaltara mengamankan 5 Laporan Polisi dengan 6 orang tersangka, Masing- masing dari perkara tersebut dipersangkakan Pasal : 114 Ayat (2) Subs Pasal 112 Ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana paling singkat 5 tahun, dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati dengan Berat Netto 20.064,68 Gram.

Kapolda Kaltara menjelaskan bahwa kronologis singkat kejadian berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP / A / 13 / IV / 2024 / SPKT.DITRESNARKOBA / POLDA KALTARA, tanggal 24 April 2024 : dengan barang bukti 26 (Dua puluh enam) bungkus plastik berisi Narkotika jenis sabu dengan total berat Netto 9.767,16 (Sembilan ribu tujuh ratus enam puluh tujuh koma enam belas) Gram. Di tangkap pada hari Rabu tanggal 24 April 2024 sekira pukul 15.00 wita di Pelabuhan TUNONTAKA Jl. Tien Suharto RT.017 Kel. Nunukan Timur, Kec. Nunukan Kab. Nunukan, Prov. Kaltara. Tersangka berinisial Y.

Lanjutnya Laporan Polisi Nomor : LP / A / 14 / IV / 2024 / SPKT.DITRESNARKOBA / POLDA KALTARA, tanggal 27 April 2024 dengan Barang Bukti : • 10 (Sepuluh) bungkus plastik bening ukuran besar berisi Narkotika jenis sabu dengan total berat Netto 9.920,46 (Sembilan ribu Sembilan ratus dua puluh koma empat enam) Gram. Tempat Kejadian Perkara : Di tangkap pada hari Sabtu tanggal 27 April 2024 sekira pukul 19.30 wita di Jln. Sei Bilal Rt.13 Kel. Nunukan Barat Kec. Nunukan Kab. Nunukan Prov. Kaltara. Tersangka berinisial U als M.

Selanjutnya Tim Ditresnarkoba Polda Kaltara berhasil melakukan pengungkapan 3 kasus Narkotika jenis sabu di kota Tarakan Berdasarkan :
Laporan Polisi Nomor :LP/A/12/IV/2024/SPKT.Ditresnarkoba, Tanggal 03 April 2024. Barang Bukti : 6 (enam) bungkus plastik bening berisi sabu dengan berat netto 22,66 gram. Dengan tersangka berinisial H A.
Laporan Polisi Nomor :LP/A/16/IV/2024/SPKT.Ditresnarkoba, Tanggal 29 April 2024. Barang Bukti : 7 (tujuh) bungkus plastik bening berisi sabu dengan berat netto 339,44 gram. Dengan tersangka berinisial I.
Laporan Polisi Nomor :LP/A/17/V/2024/SPKT.Ditresnarkoba, Tanggal 06 Mei 2024. Barang Bukti : 7 (tujuh) bungkus plastik bening berisi sabu dengan berat netto 22,16 gram. Dengan tersangka berinisial A A R. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Peringatan Hari Bhayangkara ke 78, Polda Kalimantan Utara Gelar Pemuliaan Nilai-nilai Tribrata

Published

on

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya SH, S, IK, M, Si.

TANJUNG SELOR – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Tribrata dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 yang berlangsung di Selasar Gedung B Mapolda Kalimantan Utara, Rabu (19/06/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Irup adalah Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, dan dihadiri oleh Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Dr. Golkar Pangarso Rahardjo Winarsadi, S.H, S.I.K, M.H, para Pejabat Utama Polda Kaltara dan Personel Polda Kaltara.

Upacara diawali dengan Menyanyikan lagu Mars Polri, Penghormatan kepada Inspektur Upacara, Laporan Perwira yang ditunjuk, kemudian dilaksanakan Penghormatan kepada Pataka Polda Kaltara Ngelimut Mengka Peguna.

Usai dilaksanakan penghormatan, Pataka Polda Kaltara selanjutnya menempatkan untuk dilakukan pencucian Pataka yang dilaksanakan oleh Inspektur Upacara.

Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, melalui Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Budi Rachmat, S.I.K, M.Si, mengatakan Tradisi pencucian Pataka ini memiliki makna memurnikan kembali internalisasi nilai nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata.

”Upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan dengan melakukan pencucian panji-panji Polri yang merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri. Ini juga merupakan rangkaian pembinaan tradisi Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78,” jelas Kabid Humas Polda Kaltara. **.

Continue Reading

Trending