Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Tahun Anggaran 2024 Bidkum Polda Kaltara Gelar Rapat Koordinasi

Published

on

Kabidkum Polda Kaltara, Kombes Pol. Andrie Satriagraha, S.H., S.I.K.

TANJUNG SELOR – Kabidkum Polda Kaltara, Kombes Pol. Andrie Satriagraha, S.H., S.I.K., melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Gedung Rupatama Kayan, Selasa (27/02/2024)

Kegiatan yang dihadiri oleh Dirpambovit Polda Kaltara Kombes Pol. Joko Bintoro, S.H, S.I.K, M.H, dan para peserta Rapat Koordinasi dari Satker lingkungan Polda dan Perwakilan Polres – Polres Jajaran.

Kabidkum Polda Kaltara menyampaikan latar belakang kegiatan ini adalah melaksanakan evaluasi kegiatan yang ada kaitannya dengan hukum.

Kabidkum pada kesempatan ini juga  menyampaikan, rakor yang dilaksanakan juga untuk menyamakan persepsi antar satker-satker Polda Kaltara dan Polres Jajaran sehingga tidak terjadi miss communication, baik dari segi keamanan dan keterbukaan informasi dan proses penyidikan sehingga jika muncul permasalahan dapat diantisipasi secara cepat dan tepat.

Dengan adanya, Rapat koordinasi hukum ini diharapkan Personel Polri menambah informasi dan wawasan terhadap peraturan – peraturan yang ada dilingkungan Polri.

“Semoga dari  materi yang disampaikan bisa dipahami dan dipedomani oleh seluruh Personel Polda Kaltara dan Jajaran.” Ujar Kabidkum Polda Kaltara. **.

POLDA KALTARA

Kapolda Resmikan Bangunan dan Beberapa Fasilitas Dilingkungan Mapolda Kaltara

Published

on

Penandatanganan peresmian bangunan dan beberapa fasilitas oleh Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya S Ik M Si.

TANJUNG SELOR -Dalam rangka membangun Polda Kaltara yang lebih maju, Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, resmikan beberapa bangunan dan fasilitas diantaranya lapangan tenis, lapangan tembak, rumdis ( Rumah Dinas ) untuk Personel Polda Kaltara dan Gereja Oikumene Hosana, Selasa (23/4/24) Pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kaltara yang didampingi oleh Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol. Drs. Andria Martinus M.H, Pejabat Utama Polda Kaltara, Kapolres/ta Jajaran, Ketua KONI Prov. Kaltara, Komisaris Utama PT. Sanjung Makmur Group  Direktur PT. Kayan Lestari Group, Direktur Utama PT. Indah Dewi dan Personel Polda Kaltara.

Kegiatan dibuka dengan laporan Karolog Polda Kaltara Kombes Pol. Dahana, S.H dan dilanjutkan sambutan dari Kapolda Kaltara.

Dalam sambutannya Kapolda Kaltara menyampaikan “ Polda Kaltara terus berupaya melakukan penguatan organisasi dengan melakukan pembangunan sarana dan prasarana di antaranya saat ini pembagunan rumdis Pamen Polda Kaltara type 90 sebanyak 16 unit.

Kesuksesan Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari dukungan – dukungan pemerintah dan seluruh element masyarakat, dukungan tersebut merupakan aspek utama bagi Polri agar mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya lebih maksimal. Ucap Kapolda

Kapolda juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Koni Prov. Kaltara, Komisaris Utama PT. Sanjung Makmur Group, Direktur PT. Kayan Lestari Group, Direktur Utama PT. Indah Dewi dan seluruh masyarakat maupun personel Polda Kaltara.

Acara dilanjutkan dengan peragaan menembak yang dilakukan oleh Personel Satbrimob Polda Kaltara dan acara di tutup dengan ramah tamah. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

KIP: Keterbukaan Informasi Publik Bisa Mendukung Stabilitas Sektor Kamtibmas

Published

on

Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro .

JAKARTA – Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro menyatakan keterbukaan informasi publik dapat mendukung stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sebab, perang modern bukan lagi perang fisik dengan kekuatan militer, melainkan perang informasi. Intelijensi sangat penting dalam perang. Itu yang diandalkan pasukan dalam setiap gerakan mereka,” ujar Ketua Donny dalam Rakernis Humas 2024, Selasa (23/4/24).

Ketua Donny menyebut bahwa setiap individu berhak memperoleh informasi untuk kemudian dipergunakan dengan semestinya. Hal itu dimuat dalam UU KIP Nomor 14 Tahun 2018.

Kendati demikian, ia mengingatkan tak semua informasi bisa dibuka kepada publik. Salah tiga jenis informasi yang dilarang bagi publik adalah rahasia negara, rahasia pribadi, dan rahasia bisnis.

“Misalnya yang membahayakan pertahanan dan keamanan negara, mengungkap kekayaan alam Indoensia, merugikana kepentingan hubungan luar negeri, dan sebagainya,” ungkap Ketua Donny.

Di sisi lain, di era teknologi ini, banyak tantangan yang dialami perihal keterbukaan informasi. Misalnya, keterbukaan informasi yang belum menjadi budaya pada sebagaian badan publik.

“Atau pola pikir sebagian pimpinan yang masih menganggap keterbukaan informasi bukan hal yang penting,” tutur Ketua Donny. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Polda Kaltara Musnahkan Barang Bukti 980 Botol Minuman Keras

Published

on

Pemusnahan BB minuman keras.

TANJUNG SELOR – Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Polda Kaltara) melakukan pemusnahan barang bukti minuman keras beralkohol sebanyak 980 (Sembilan Ratus Delapan Puluh) Botol yang dilaksanakan di Mapolda Kaltara. Senin (22-04-2024).

“Minuman keras ini ilegal dan tidak menggunakan izin sehingga kami lakukan penyitaan,” kata Dirreskrimum Polda Kaltara Kombes Pol. Taufik Herdiansyah Zeinardi, S.I.K, S.H, M.H., yang di wakili oleh Kompol Maulana.

Dikatakannya, penyitaan terhadap ratusan botol minuman keras itu dilakukan pada Pada hari Jum’at tanggal 29 September 2023 sekitar jam 22.30 Wita pelapor mendapatkan informasi bahwa ada tempat  yang sedang menjual Minuman Keras (Miras) dengan berbagai merk di Gang Mandala Jl. Sengkawit Kel. Tanjung Selor Hilir Kec. Tanjung Selor Kab. Bulungan Prov. Kaltara.

Setelah itu personil Kepolisian Ditrekrimum Subdit III Jatanras Polda Kalimantan Utara memasuki rumah kontrakkan milik saudara Z.A, ditemui beberapa minuman beralkohol minuman keras dan langsung diamankan oleh personil Kepolisian Ditrekrimum Subdit III Jatanras Polda Kalimantan Utara dengan beberapa jenis minuman beralkohol diantaranya 598 (Lima Ratus Sembilan Puluh Delapan) Botol Anggur Merah, 89 (Delapan Puluh Sembilan) Botol Newport Passion Blue (Biru), 31 (Tiga Puluh Satu) Botol Newport Red (Merah), 1 (Satu) Botol Newport Revolution (Kuning), 162 (Seratus Enam Puluh Dua) Botol Anggur Hijau Kawa-Kawa, 4 (Empat) Botol Iceland 700 ml, 48 (Empat Puluh Delapan) Botol Iceland 500 ml, 5 (Lima) Botol Black Jack`s, 20 (Dua Puluh) Botol Singa Raja, dan 22 (Dua Puluh Dua) Botol Gilbey’s Vodka.

Ada tiga pelaku yang berhasil diamankan dan satu masih DPO masing-masing berinisial Z.A, R.S, dan M.S, sedangkan yang DPO berinisial H.F.

Kompol. Maulana mengatakan, Polisi menyita 980 (Sembilan Ratus Delapan Puluh) Botol, terdiri dari 10 (Sepuluh) Merk Minuman keras beralkohol. 10 (sepuluh) merk minuman keras beralkohol tersebut disisihkan sebagian sebanyak 1 (Satu) Botol untuk digunakan sebagai sample barang bukti di laboratorium dan 9 (Sembilan) merk minuman keras beralkohol tersebut disisihkan sebagian sebanyak 1 (Satu) Botol untuk digunakan sebagai barang bukti dipersidangan.

“Sehingga total barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 961 (Sembilan Ratus Enam Puluh Satu) botol minuman keras beralkohol” Ujarnya.

Modus Operandi yang dijalankan oleh Pelaku untuk Memanfaatkan penjualan minuman keras beralkohol tersebut  dengan menyimpan di salah satu rumah tepat nya di dalam kamar kontrakkan milik saudara Z.A tanpa memiliki surat perizinan di bidang perdagangan.

Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 106 ayat 1 KUHP, Pelaku Usaha yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan tidak memenuhi Perizinan Berusaha di bidang Perdagangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (l) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)”, Undang-Undang Nomor. 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang. Di dalam Pasal 24 ayat (1) yang berbunyi: Setiap Pelaku Usaha yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan wajib memenuhi Perizinan Berusaha dari Pemerintah Pusat, Jo Pasal 55 KUHP.

“Polda Kaltara akan menindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, terhadap siapapun yang berani memperdagangkan barang barang ilegal di wilayah ini,” tegasnya. **.

Continue Reading

Trending