Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Bupati Bulungan Terus Gencarkan Operasi Pasar

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si melaksanakan Sidak ke pasar tradisional beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah yang sebentar lagi dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan Sembako dipasaran bagi warga masyarakat.

“Sampai nanti menyambut hari raya Idul Fitri kita akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan nya, ” kata Bupati Syarwani, Minggu 25/2/2024.

Tentunya hal ini tidak semuanya menjadi beban pemerintah, melain kan dunia usaha juga diharapkan bisa menjaga ketersediaan tersebut.

Kendati demikian, pemerintah senantiasa terus membangun koordinasi komunikasi terutama dari Kementerian lembaga yang ada melalui Bulog untuk menjamin ketersediaan pasokan-pasokan daripada pemenuhan kebutuhan pokok yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan.

Lebih lanjut Bupati juga siap mendorong mereka untuk menjaga stabilitas harga barang kepada dinas terkait, melalui asisten 2 dan Disperindagkop, Dinas Pertanian maupun juga dari Badan Ketahanan Pangan untuk selama bulan Ramadhan tetap menggelar kegiatan kegiatan operasi pasar.

Nah melalui kegiatan operasi pasar ini paling tidak kita harapkan ada akses kemudahan yang didapatkan warga masyarakat dalam pemenuhan 9 bahan pokok nya. Di sisi lain juga dalam rangka untuk memastikan menjamin stabilitas harga sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang terlalu signifikan ketika memasuki bulan puasa Ramadhan maupun maupun menyambut hari raya Idul Fitri yang akan datang.

Disisi lain, ia juga mendorong kepada perangkat daerah khususnya melalui kegiatan kegiatan APBD Bulungan yang bisa segera untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan partisipasi masyarakat yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan APBD itu akan memberi manfaat terutama dari sisi pendapatan masyarakat.

Misalnya seperti pembangunan semenisasi yang ada dan dialokasikan di APBD itu dengan melibatkan masyarakat secara langsung pula.

Otomatis dengan ini masyarakat punya pendapatan dari kegiatan tersebut. Demikian juga dengan pemanfaatan sumber sumber bahan lokal seperti batu, pasir dan lain sebagainya. Ini juga dalam rangka menjaga sehingga masyarakat mendapatkan pendapatan dari aktivitas kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di tahun 2024 yang bersumber dari APBD Bulungan. * jk/kjs.

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji 1445 H

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 92 jamaah haji tahun 1445 Hijriah.

Bimbingan manasik haji ini, untuk membantu para calon jamaah memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun, wirid, doa, dan segala sesuatu tentang ibadah haji. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah, terutama mereka yang akan berangkat dari Kabupaten Bulungan tahun ini.

Melalui bimbingan diharapkan dapat membantu para jamaah haji Kabupaten Bulungan memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun haji. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan pemahaman dan keterampilan jamah.

Untuk kita ketahui Pemda Bulungan setiap tahun terus memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan haji tersebut, terutama pengalokasian anggaran kepada Kementerian Agama, Kabupaten Bulungan

Dan tahun 2024 ini Pemda Bulungan mengalokasi dana hibah sebesar 3,7 miliar dalam pelaksanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Dari total seluruh hibah yang di alokasikan kepada kementerian agama untuk seluruh rumah ibadah di kabupaten Bulungan sebesar 32 Miliar Rupiah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

1 Unit Mobil Ambulance Dari Bupati Bulungan Untuk Kecamatan Peso

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Beberapa waktu lalu, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, menyerahkan langsung 1 Unit mobil Ambulance di Desa Long Bia, Kecamatan Peso.

Hal ini kata dia, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan, untuk meningkatkan akses medis di wilayah tersebut. Penggunaan mobil ambulan juga diharapkan dapat mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, serta dapat berperan secara inklusif dalam menjalankan tujuan pembangunan daerah.

“Karena kecepatan dan aksesibilitas perawatan medis sangatlah penting dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.” ujarnya

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, ia juga mengucapkan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Peso yang selama ini menjaga kondusivitas wilayah dengan baik, serta telah berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan daerah di Kabupaten Bulungan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending