Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Syarwani : “Desa Liagu Segera Miliki Akses Darat ke Sekatak”

Published

on

Bupati Bulungan bersama rombongan kepala OPD menghadiri peringatan hari jadi Desa Liagu ke 16 Tahun pada Jumat (17/11/2023).

TANJUNG SELOR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Liagu Kecamatan Sekatak ke 16 Tahun Bupati Bulungan beserta rombongan dan beberapa kepala Orginisasi Perangkat Daerah (OPD) berkunjung ke desa dengan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Desa Liagu secara geografis berada di bagian selatan Ibu Kota Kecamatan Sekatak dengan jarak 130 kilometer, merupakan bagian integral wilayah Kabupaten Bulungan, dengan jarak 150 kilometer, sedangkan dengan Kota Tarakan lebih dekat hanya berjarak 15 kilometer.
Sebelah Utara desa ini berbatasan dengan Betayau, Timur Kota Tarakan, Selatan Salimbatu, Barat dengan Kabupaten Tana Tidung (KTT).
Desa dengan luas 10.000 hektar yang terdiri dari 616 hektar kebun, 5000 hektar tambak, 4000 hektar lautan, 5.607 hutan dan 227 hektar wilayah pemukiman, dengan jumlah penduduk lebih dari 277 Kepala Keluarga (KK).

Pada kegiatan HUT Desa Liagu dengan tema “Bersatu Dalam Keberagaman” Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd M.Si mengatakan perlunya ada dokumentasi resmi dalam bentuk naskah yang menceritakan sejarah awal berdirinya Desa Liagu.
Kemudian disahkan dengan surat keputusan desa sebagai payung hukum, yang nantinya dibacakan setiap memperingati hari jadi desa agar para anak-anak ingat sejarah desa mereka.

Dalam kesempatan yang sama bupati juga menyerap masukan dari kepala desa maupun tokoh masyarakat terkait perlunya pembangunan akses jalan darat, fasilitas penunjang pendidikan, kesehatan, listrik dan fasilitas lainya.
“Untuk membangun desa Liagu perlu sinergi semua pihak yang semata-mata untuk kepentingan masyarakat. Termasuk saya menyerap aspirasi dan keinginan para guru dan tenaga kesehatan yang ada disini,”ungkapnya Jumat (17/11/2023).

Dalam sambutanya bupati serius dalam mengupayakan pembukaan akses jalan darat mengkoneksikan Desa Liagu dengan Kecamatan Sekatak maupun Sekatak Buji.
“Saya berusaha agar akses darat bisa kita wujudkan namun perlunya bergandengan tangan semua pihak membangun desa Liagu,”terangnya.
Bupati berpesan, jika ada penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) bukan untuk kepentingan pembangunan Desa Liagu bisa melapor langsung padanya.

“Jika ada penyalahgunaan Dana Desa Liagu dipakai membangun daerah lain, bisa laporkan ke saya. Tapi saya yakin kepala desa yang ada bisa menjalankan tiap program kegiatan dengan baik dan sebagaimana mestinya,”pungkasnya. * dkisp/bs/jk/kjs.

Pemkab Bulungan

Menuju Bulungan Berdaulat Pangan

Published

on

Infografis.

TANJUNG SELOR – Upaya serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan sesuai visi “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera”. Salah satunya dengan pengembangan komoditas kakao yang memiliki nilai ekonomis tinggi, tiap tahun angka produksinya terus meningkat.

Dari data Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, angka luas lahan perkebunan kakao tahun 2021 Bulungan 533 hektar dengan angka produksi per tahun mencapai 53,72 ton. Tahun 2022 luas tanam kakao 636 hektar dengan produksi 63,03 ton, 2023 luas tanam 784 hektar, dengan angka produksi 100,58 ton.

Saat ini tiap wilayah kecamatan atau desa di Bulungan, telah dipetakan dan ditetapkan jenis komoditas yang sesuai potensi wilayah tersebut. Sehingga tiap desa atau kecamatan terdapat sentra-sentra komoditas tertentu.

Sejak 2021 Pemkab Bulungan secara konsisten telah membagikan jenis bibit kakao unggul bagi kelompok tani dan masyarakat.

Tahun 2021 sebanyak 7.000 polybag, tahun 2022 sebanyak 50.000 polybag, tahun 2023 sebanyak 110.000 polybag, tahun 2024 sebanyak 95.000 polybag.

Dalam jangka waktu 4 tahun terakhir Pemkab Bulungan melalui Dinas Pertanian telah membagikan sebanyak 262.000 polybag bibit kakao unggul. Selain itu dalam jangka waktu 4 tahun terakhir sedikitnya 83 ton pupuk organik telah dibagikan, termasuk 200 botol pupuk cair. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Syarwani Resmikan Rumah Produksi Biji Kakao Siap Saji di Desa Pejalin

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bersama perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si membuka secara resmi rumah produksi kakao menjadi produk siap konsumsi, berupa bubuk coklat hingga coklat batang yang berada di Desa Pejalin, kecamatan Tanjung Palas, Rabu (22/05/2024).

Peresmian itu dilaksanakan sebelum Bupati bersama rombongan melanjutkan Ke Desa Antutan

Yang didampingi l Wakil Bupati Ingkong Ala, S.E.,M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Risdianto S.Pi.,M.Si, pimpinan perangkat daerah serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan juga perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dirumah produksi ini, kakao diolah menjadi bubuk coklat dan dikemas secara menarik sehingga siap dipasarkan.

Untuk kita ketahui Pemkab Bulungan melalui dana Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Tekhnologi (TAKE), telah memberikan 7 mesin pengolah coklat untuk rumah produksi coklat di Desa Pejalin.
Mulai dari mesin sangrai kakao atau coklat, mesin pemecah kulit, mesin pemasta kasar coklat, mesin pengempa minyak dan lainnya.

Proses hilirisasi produk kakao ini akan memberikan dampak ekonomi secara luas bagi masyarakat. Dan tentu akan memacu semangat para petani kita, karena ada jaminan pemasaran produk pertanian mereka. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Bulungan Apresiasi Penghargaan Kalpataru Untuk Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau

Published

on

SK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

TANJUNG SELOR – Atas nama pribadi, dan juga Pemerintah
Kabupaten Bulungan, Bupati Syarwani S Pd M Si menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas diperolehnya penghargaan Kalpataru 2024 oleh Masyarakat Hukum Adat Punan Batu Benau Sajau, kecamatan Sekatak.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan khususnya warga Punan Batu Benau, ” ujar Bupati Syarwani.

Keberhasilan itu sendiri, terverifikasi sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLHK) Nomor 574 Tahun 2024, tentang Penganugerahan Penghargaan Kalpataru Tahun 2024.
yang masuk dalam Kategori Penyelamat Lingkungan. Raihan ini merupakan salah satu dari 10 penerima penghargaan Kalpataru tahun ini.

“Sekali lagi selamat, dan jadikan penghargaan ini untuk memicu semangat untuk terus berkarya, berinovasi dan semakin peduli terhadap lingkungan kita, ” tutup Bupati Syarwani. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending