Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Syarwani : “Januari Penyebrangan Fery Ancam – Tarakan Kembali Beroperasi”

Published

on

Pelabuhan Fery Ancam kecamatan Tanjung Palas Utara.

TANJUNG SELOR – Lebih dari setahun Kapal Ferry rute Ancam, Desa Ardi Mulyo Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan menuju Kota Tarakan atau sebaliknya tidak beroperasi atau beralih tambat di pelabuhan sementara Sebawang Kabupaten Tana Tidung (KTT).

Meski demikian, Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd.M.Si saat meninjau Dermaga Pelabuhan Ferry Ancam bersama perangkat daerah terkait pada Kamis 16 November 2023 mengatakan.
Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), termasuk pihak Ferry selaku pengguna pelabuhan. Ada beberapa fasilitas penunjang yang diperlukan agar Kapal Ferry bisa tambat kembali di wilayah Ardi Mulyo.

“Insya Allah di tahun 2024 sudah masuk pemancaangan tambatan Kapal Ferry Ancam. Dilaksanakan oleh teman-teman Dishub,”terangnya.
Termasuk, kata bupati, nantinya dilakukan penataan kawasan Pelabuhan Ancam pada perencanaan anggaran 2024.
“Perlahan kita lakukan penataan, baik jalan pendukung alur bongkar muat. Hingga jaringan listrik hingga ke Pelabuhan Ferry,”ungkapnya.

Selama ini bupati juga banyak mendapat masukan dari kepala desa setempat terkait persoalan listrik yang belum tersedia di areal pelabuhan.

“Saya dapat masukan dari teman-teman kepala desa untuk jaringan listrik hingga ke Dermaga Ferry. Sebelumnya di dermaga ini hanya menggunakan lampu seadanya saat bongkar muat barang pada malam hari,”ulasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, selain kepala desa hingga camat telah mengirimkan surat resmi pengusulan jaringan listrik ke Dermaga Ferry. Bupati juga akan berkomunikasi langsung dengan PLN untuk mempercepat hal tersebut.
“Saya akan komunikasi dengan PLN agar bisa mendukung penyiapan jaringan listrik ini,”tegasnya.

Bupati menargetkan, Januari 2024 mendatang jika tidak ada halangan Kapal Ferry rute Tarakan- Ancam kembali beroperasi.
“Ini sambal kita siapkan syarat yang diminta mereka (Ferry) 1 buah titik pancang untuk tambat supaya mereka aman saat bongkar muat,”jelasnya.

Sebagai informasi Sungai Ancam saat air pasang memiliki kedalaman rata-rata 7 meter. Bahkan saat air surut masih dapat digunakan sebagai tempat bongkar muat kapal Bahan Bakar Minyak (BBM) perusahaan berbobot 100 ton.
“Kedalamnya sejauh ini masih maksimal,”singkatnya.

Bupati menambahkan, secara perlahan Dermaga Pelabuhan Ferry Ancam akan dibenahi. Termasuk jika memungkinkan juga akaan disiapkan lahan pergudangan atau tempat menyimpan peti kemas, termasuk penyiapan tenaga kerja bongkar muatnya.

“Kita berharap tenaga kerja bongkar muatnya memberdayakan masyarakat Ardi Mulyo bisa menjadi TKBM yang ada di Pelabuhan Ancam,”pungkasnya (***)
Bela Syarwani. * dkisp/bs/jk/kjs.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

1 Unit Mobil Ambulance Dari Bupati Bulungan Untuk Kecamatan Peso

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Beberapa waktu lalu, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, menyerahkan langsung 1 Unit mobil Ambulance di Desa Long Bia, Kecamatan Peso.

Hal ini kata dia, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan, untuk meningkatkan akses medis di wilayah tersebut. Penggunaan mobil ambulan juga diharapkan dapat mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, serta dapat berperan secara inklusif dalam menjalankan tujuan pembangunan daerah.

“Karena kecepatan dan aksesibilitas perawatan medis sangatlah penting dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.” ujarnya

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, ia juga mengucapkan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Peso yang selama ini menjaga kondusivitas wilayah dengan baik, serta telah berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan daerah di Kabupaten Bulungan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Kapankah Rencana Pembangunan Gedung STAIN Kaltara di Tanjung Palas Bulungan Dimulai ?

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Rencana pembangunan gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, belum juga ada tanda-tanda-tanda akan dimulai, padahal untuk lahan rencana pembangunan sudah diserahkan oleh Pemkab ke Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketika.hal itu dikonfirmasikan ke Bupati Bulungan, menurutnya untuk pelaksanaan pembangunan ranah nya ada pada Kemenag, sementara Pemkab sifatnya hanya mensuport dokumen dan kelengkapan nya saja.

“Tapi yang sangat menggembirakan saat ini sudah ada yang koordinasi ke Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementrian Agama RI, ” tegas Bupati Syarwani melalui pesan WhatsAPP ke media ini, Kamis 25/4/2024.

Kendati demikian lanjut Bupati Syarwani, pihaknya tetap berharap pembangunan gedung STAIN tersebut segera untuk.dimulai.

“Tentu nya nanti kita juga mendorong sumber daya manusia (SDM) lokal dapat mengisi kebutuhan tenaga yang dipekerjakan di STAIN tersebut, ” ungkapnya.

Sesuai dengan kapasitas dns kompetensi yang dibutuhkan. “Artinya kita tetap berharap SDM lokal Bulungan dapat diberdayakan, ” tambah Syarwani. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending