Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Tenguyun Fest, Agenda Megah Bulungan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si (Baju kuning).

TANJUNG SELOR – Tenguyun Fest resmi ditutup, Kamis (26/10) malam. Perhelatan yang digelar sejak 20 Oktober ini menjadi salah satu agenda besar yang digelar di Kabupaten Bulungan.

Hal ini terlihat dari berbagai aktivitas yang disajikan secara berbeda dengan event-event biasanya.

Tenguyun Fest yang digelar oleh Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Bulungan berkolaborasi bersama pemerintah dan pelaku usaha itu telah berhasil menarik perhatian dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, telah membuktikan diri sebagai salah satu agenda di Kabupaten Bulungan.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengapresiasi menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih yang sebesar besarnya. Kepada Perbasi Bulungan yang telah menginisiasi dan menggagas kegiatan Tenguyun Turnamen Fest tahun 2023 yang kita laksanakan ini,” ucap Bupati Bulungan Syarwani di Dome Sport Center Tanjung Selor.

Tenguyun Fest mengusung konsep Sportainment yang melibatkan berbagai kegiatan, baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Sepanjang acara, Dome Sport Center Tanjung Selor dipenuhi dengan karya seni dan budaya lokal yang dipamerkan sebagai bentuk apresiasi dan pelestarian warisan Indonesia.

Tak hanya itu, berbagai perlombaan budaya dan olahraga Basketball menarik korban yang datang untuk bersaing dan menunjukkan keahlian mereka.

“Kegiatan ini bagian daripada upaya kita bersama sama mengolahragakan masyarakat Kabupaten Bulungan, khususnya di turnamen kegiatan basketball dan sekaligus memasyarakatkan olahraga basket di wilayah Kabupaten bulungan yang kita cintai khususnya kepada seluruh generasi muda, khusunya para pecinta basket di Kabupaten Bulungan,” ujar Syarwani.

Selain itu, Tenguyun Fest juga menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat setempat. Pedagang kaki lima yang menjual makanan, minuman, yang dapat meningkatkan pendapatan mereka selama acara berlangsung.

“Pemda Bulungan berkomitmen untuk secara bertahap menata fasilitas pendukung lainnya yang ada di dalam dome center ini sehingga benar benar representatif untuk kita gunakan dalam berbagai macam kegiatan. Khususnya penyelenggaraan kegiatan olahraga basket. Supaya ini bisa kita laksanakan lebih baik dalam skala turnamen tidak hanya di wilayah Kabupaten Bulungan atau Kalimantan Utara. Mudah mudahan kita bisa menyelenggarakan turnamen atau event yang berskala nasional di Dome Center ini,” ungkap Syarwani.

Sebagai perhelatan yang mencakup berbagai kegiatan, Tenguyun Fest menjadi ajang yang memperkuat silaturahmi antar keluarga dn teman serta meningkatkan rasa kebanggaan lokal. Festival ini juga membangun saling pengertian dengan mengajarkan pentingnya menjunjung tinggi budaya dan tradisi setempat. Selain itu, Tenguyun Fest memberikan peluang bagi anak muda untuk belajar.

“Insya Allah tahun 2024 kita akan kembali membuka dan menggelar kegiatan turnamen basketball Tenguyun Fest 2024 yang akan datang. Mari kita sukseskan penyelenggaraan setiap event event yang dilaksanakan oleh teman teman generasi muda. Saya yakin anak muda di Kabupaten Bulungan nanti akan meneruskan pembangunan di Kabupaten bulungan, mari kita terus mengasah diri dan meningkatkan prestasi yang kita miliki supaya bisa membawa nama baik dan nama harum Kabupaten bulungan yang kita cintai,” tuntas Syarwani.
Bela Syarwani. *dkisp/jk/kjs.

Pemkab Bulungan

Olahraga Tradisional Tingkat SD dan SMP Sederajat Secara Resmi di Buka Bupati Syarwani

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Secara resmi Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membuka Kompetisi Permainan Rakyat Olahraga Tradisional tingkat SD dan SMP sederajat di SMPN 2 Tanjung Selor, Selasa (30/2).

Kompetisi yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) berupa Lomba Egrang dan Hadang untuk tingkat SMP sederajat dan Lomba Menyumpit untuk tingkat SD dan SMP sederajat, mengisi Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bulungan 2024.

Kegiatan tersebut diikuti para murid dan pelajar dari 9 kecamatan. Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi dan berharap kegiatan selain untuk mempertahankan serta melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional juga sebagai tempat mempererat silahturahmi di antar sekolah di Kabupaten Bulungan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Syarwani Kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten di Ruang Tenguyun pada Senin (29/4).

TPKAD merupakan program dari Otoritas Jasa Keuangan bersama Kementerian Dalam Negeri serta institusi terkait lainnya untuk meningkatkan akses dan layanan keuangan yang lebih luas bagi kehidupan masyarakat.

Berdasarkan Informasi dari Otoritas Jasa Keuangan Kaltara, Kabupaten Bulungan merupakan yang Pertama di Kaltara pembentukan TPAKD.

Ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan dalam membangun kemitraan dan sinergitas dengan kementerian dan lembaga yang telah ada di Provinsi Kalimantan Utara.

Diketahui, sedikitnya ada 4 program TPAKD yaitu Tabungan Anak dengan melaksanakan program Satu Rekening Satu Pelajar. Lalu Kredit Usaha Rakyat (KUR yang akan menguatkan infrastruktur dan akses keuangan melalui pengoptimalisasiannya. Kemudian Ekosistem Pariwisata dengan penyaluran kredit atau pembiayaan sektor prioritas pariwisata dengan fokus desa wisata. Serta Peningkatan Literasi Keuangan, melalui program sosialisasi dan edukasi keuangan bagi masyarakat umum, pelajar dan UMKM.

Bupati berpesan agar TPKAD Bulungan yang diketuai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan agar segera menyusun dan melaksanakan program kerja. Dijelaskan, dengan adanya ketersediaan akses keuangan di daerah akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mengenal produk dan layanan jasa keuangan. Termasuk melakukan kegiatan investasi untuk tujuan pendidikan dan kesehatan.

Dengan adanya keinginan untuk berinvestasi, dapat membuat masyarakat lebih menekan tingkat konsumsi sehingga akan berdampak positif pada pertumbuhan perekonomian masyarakat dan pengurangan kesenjangan pendapatan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Bupati Bulungan Lantik Dua Komisaris BUMD

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Pelantikan Komisaris dan Direktur 2 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) dan Perumda Air Minum Danum Benuanta berlangsung di Ruang Tenguyun Kantor Bupati pada Selasa (30/4/2024).

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengingatkan, tujuan pendirian BUMD untuk mengembangkan perekonomian daerah, memenuhi hajat hidup masyarakat serta memperoleh laba atau keuntungan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Para pejabat BUMD Bulungan yang dilantik yaitu Adriani, ST, M.A.P, sebagai Komisaris PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda), Heru Rachmady, SH, sebagai Direktur PT Bulungan Persada Mandiri (Perseroda) serta Eldiansyah, SE, sebagai Direktur Perusahaan Umum Daerah Danum Benuanta.

Dijelaskan, dasar pendirian BUMD atau Perseroda tertuang dalam Pasal 7 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2017.

Dalam kesempatan tersebut bupati mengingatkan, manajemen penerimaan daerah yang salah satunya dilaksanakan melalui pembentukan BUMD harus mendapat perhatian serius.

“Penekanan dari saya BUMD harus mampu berkontribusi dan menjadi seumber PAD Bulungan. Jangan justru menjadi salah satu masalah atau beban keuangan daerah,”tegas bupati.

Bupati juga berpesan agar para pejabat BUMD yang dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik. Sesuai visi, misi serta mampu menangkap peluang bisnis strategis yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan. Terutama dengan banyaknya investasi yang masuk di Bulungan.

“BUMD harus mampu menangkap peluang-peluang yang ada, agar BUMD dapat terus maju dan berkembang, baik dalam pelayanan pada masyarakat serta dalam upaya meningkatkan PAD Bulungan,”pungkasnya. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending