Connect with us

Berita Bulungan

Deddy Sitorus Serahkan Bantuan Dua Unit Ambulance Air ke Bulungan

Published

on

Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA Anggota DPR RI, Dapil Kalimantan Utara..

– Menyusul bantuan dua unit mobil klinik lengkap untuk pelayanan kedesa terpencil.

TANJUNG SELOR – Dengan wajah sumringah, warga yang menyaksikan penyerahan dua unit ambulance air yang diserahkan langsung oleh Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA, anggota Komisi VI DPR RI Dapil Kaltara, di Kulteka Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Jumat, 13/10/2024.

Ambulance air tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan drg H Imam Sujono dan Camat Peso Joni Kuleh.

Dalam sambutan nya saat penyerahan, Deddy Sitorus mengatakan hari ihari ini kita akan menyerahkan dua buah ambulance, satu unit untuk pedalaman dengan kapasitas mesin delapan puluh HP. Sehingga siapapun yang dalam kondisi kedaruratan membutuhkan pertolongan bisa cepat dibawa ke Tanjung Selor.

Kenapa harus ambulance air lanjutnya, karena melihat, mendengar dan mengetahui ada banyak orang yang tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan pada waktu yang kritis. Karena tidak adanya alat untuk membawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

Sementara itu untuk ambulance air yang dengan mesin dua ratus HP untuk masyarakat juga diperuntuk kan kepada warga yang ada di luar kecamatan Tanjung Selor, termasuk warga masyarakat yang ada di daerah transmigrasi.

Dan juga untuk membawa warga ke rumah sakit rujukan di Provinsi, “jadi ada dua unit,
nanti yang dua ratus HP ini untuk stand by di sini di Tanjung Selor sehingga untuk mobilitas ke Tarakan itu bisa di lakukan. ” Nanti saya serahkan kepada pemerintah kabupaten Bulungan melalui pak Kadis kesehatan, ” ujarnya.

Selain itu harapan nya Camat untuk bersama sama bermusyawarah kepada seluruh perangkat desa yang terkait. Yang mungkin bisa menggunakan fasilitas ini, sehingga seperti pesan pak bupati tadi alat angkut
yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa orang bisa digunakan dalam jangka panjang, karena terawat dan ada yang mengoperasikan dan menjaganya tetap baik.

“Jadi nanti mohon sama sama duduk untuk mencari jalan keluar bagaimana apakah operasional nya dianggarkan melalui APBD atau melalui anggaran dana desa, atau melalui CSR dari perusahaan yang ada di sekitar kita, ada banyak cara untuk mencari pembiayaan itu, perlu tentu kerja sama semua pihak.

Selain ada dua unit untuk kabupaten bulungan, kami juga menyediakan empat unit lain itu dua untuk kabupaten Nunukan, satu lagi disiapkan di kota tarakan, sehingga kalau ada warga yang kemalangan
saat berpulang sudah bisa diangkut menggunakan speed boat atau ambulance air tersebut.

Hal ini merupakan bagian dari kepedulian kami untuk.
untuk hal hal yang menyangkut hajat hidup orang-orang

“Terus terang bapak ibu
kabupaten Bulungan ini satu daerah yang sangat sangat penuh kenangan bagi saya dan banyak sekali yang sudah kita lakukan di sini, pertama saya ke kalimantan utara ini pejabat yang pertama saya temui itu.
adalah almarhum bapak Harmidi, ” ujar Deddy Sitorus.

Ketika itu kami sempat membahas bagaimana tower Telkomsel bisa ada di Peso, termasuk soal listrik.

Akhirnya secara perlahan semua diupayakan, akhirnya kemarin atau beberapa bulan lalu kita meresmikan tujuh desa berlistrik di Peso dan sekitarnya.

Upaya itu tidak mudah,
dengan menebang hampir lima ratus pohon sawit, yang sudah bertahun tahun tidak pernah terlaksana, tapi puji tuhan kita bisa menjadi saluran berkat untuk menyelesaikan persoalan itu.

Termasuk tadi ambulance untuk dewan adat dayak, ya untuk komunitas tionghoa juga pertama kita serahkan di sini sebagai kelompok yang minoritas di sini. Ada banyak tempat yang.
listrik-listrik juga di daerah kita, di sini banyak yang di bantu
percepatan semua anggarannya termasuk jalan raya.

Bapak Imam juga tau kita membangun sedang proses penyelesaian rumah sakit Pratama di Pulau Bunyu yang puluhan tahun gak pernah bisa dibangun sekarang sedang dalam proses penyelesaian. Masalah rakyat merindukan pelabuhan juga sudah selesai, pelabuhan di Pulau Bunyu yang puluhan tahun mereka harus numpang di pertamina, sekarang sudah ada pelabuhan rakyat di sana.

Jadi banyak hal yang sudah kita kerjakan, tentu masih jauh dari sempurna.

Dedy Sitorus juga menjelaskan, untuk mendapatkan program CSR tidak lah mudah, harus ke Direktur Utama perusahaan. Segala macam itu bukan proses mudah.

Jadi ambulans ini yang bantu ada Semen Indonesia Group ada telepon ada PT Pertamina. Termasuk membantu pembangunan Rumah Sakit Pratama anggaran Pelabuhan.

“Saat ini saya sedang menyiapkan 2 Unit bis klinik berjalan, disana nanti ada
Klinik mata ada laboratorium bisa melayani masyarakat dari desa ke desa, bahwa dokter supaya warga desa tidak harus selalu datang ke rumah sakit semoga cepat selesai bisa kita pakai dan kita gunakan karena untuk mobilitas rakyat ke rumah sakit itu tentu butuh-biaya yang sangat berat bagi warga kita.

Kepada pak Camat ya bersama seluruh bapak Kepala Desa hari ini Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan tentunya mencari solusi jangka panjang bagi pembiayaan dan operasional dari ambulans.

“Harapan kami ini semua bisa bermanfaat bisa menyelamatkan nyawa orang bisa digunakan dalam jangka yang panjang, ” imbuh Deddy Sitorus.

Ia juga berharap untuk tidak ragu untuk berkomunikasi, apapun yang kita butuhkan sepanjang itu memang bisa kita perjuangkan.

“satu pesan karena mau tahun pemilu pilihlah orang-orang yang mau bersama-sama dengan kita dengan pemerintah daerah mungkin kita jangan menyerahkan suara kita hanya karena uang, karena uang satu hari habis tapi kalau memilih orangnya komit bisa mengurus semua persoalan di daerah kita, mereka mereka berikhtiar berjuang untuk masyarakat bukan untuk dirinya sendiri, ” pungkas Deddy Sitorus.

Selain dihadiri oleh masyarakat, tampak hadir ditengah acara Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Albertus Stefanus Marianus ST, Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, Asisten 1 Pemkab Bulungan, Jamal.* jk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji 1445 H

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 92 jamaah haji tahun 1445 Hijriah.

Bimbingan manasik haji ini, untuk membantu para calon jamaah memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun, wirid, doa, dan segala sesuatu tentang ibadah haji. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah, terutama mereka yang akan berangkat dari Kabupaten Bulungan tahun ini.

Melalui bimbingan diharapkan dapat membantu para jamaah haji Kabupaten Bulungan memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun haji. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan pemahaman dan keterampilan jamah.

Untuk kita ketahui Pemda Bulungan setiap tahun terus memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan haji tersebut, terutama pengalokasian anggaran kepada Kementerian Agama, Kabupaten Bulungan

Dan tahun 2024 ini Pemda Bulungan mengalokasi dana hibah sebesar 3,7 miliar dalam pelaksanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Dari total seluruh hibah yang di alokasikan kepada kementerian agama untuk seluruh rumah ibadah di kabupaten Bulungan sebesar 32 Miliar Rupiah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

Trending