Connect with us

Berita Kaltara

91 Orang Calon Mahasiswa Kaltara Siap Belajar di UPA

Published

on

Dr Bastian Lubis Rektor Universitas Patria Arta (UPA).

TANJUNG SELOR – Dari rencana penerimaan 500 calon mahasiswa dari provinsi Kalimantan Utara yang akan kuliah di Universitas Patria Arta (UPA) Gowa Provinsi Sulawesi Selatan, ada 91 orang calon mahasiswa yang mendaftar, untuk tiga jurusan, dan siap diberangkatkan dalam waktu dekat.

“Untuk calon mahasiswa ini uang pangkal perkuliahan akan digratiskan oleh pihak kampus. Sebenarnya tidak gratis hanya saja pembayaran nya ditanggung oleh yayasan, ” kata Dr Bastian Lubis, Rektor UPA, kepada media ini, 13/7/2022.

Tidak hanya uang pangkal mereka ini sejak semester 1 hingga semester 8 gratis ditanggung oleh Corporate Social Responsibylyt (CSR) universitas Patria Arta.

Hitungan nya untuk satu mahasiswa plus uang pangkal dan uang semester sebesar Rp 33.700.000. kenapa demikian? karena setiap tahun UPA terus melakukan Itu, khususnya kepada calon mahasiswa yang tidak mampu.

Terkait program UPA di provinsi Kalimantan Utara dengan program beasiswa, mendapat protes dari daerah-darah disekitar kampus, “kenapa jauh-jauh sementara kita yang dekat juga butuh, ” kata Bastian Lubis.

Memang untuk daerah sekitar kita juga ada merekrut calon mahasiswa dengan bantuan, namun hanya sebatas uang pangkal saat masuk kuliah, sedangkan untuk uang semester tetap dibayar persemester tetap dibayar oleh yayasan.

“Mahasiswanya hanya diwajibkan membayar uang seragam, uang praktek dan uang laboratorium, ” ungkapnya.

Untuk penggunaan laboratorium didalam kampus, mahasiswa penerima beasiswa hanya diwajibkan membayar barang atau bahan praktek habis pakai saja. Kalau untuk biaya praktek kerumah sakit dan lain nya tetap ditanggung oleh mahasiswa.

Jadi itu sudaj difasilitasi dan sangat besar sekali. Untuk biaya kos dan uang makan tetap ditanggung oleh mahasiswa nya.

“Harapan nya nanti syukur-syukur pemprov Kaltara memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mereka (mahasiswa Kaltara) melalui program Kaltara Cerdas dalam arti untuk menambah uang saku dan uang makan, ” tambah Bastian Lubis.

Mekanisme pemberangkatan, Bastian Lubis mengaku sedang dalam tahap koordinasi. Kalau memang jumlah mencukupi satu kloter penerbangan lebih dari pada 100 orang nantinya akan diupayakan bersurat ke Mabes TNI untuk meminjam pesawat Hercules bila diperkenankan.

“Karena untuk hal begini kita sudah beberapa kali menggunakan pesawat hercules alasan nya UPA sudah ada kerjasama dengan angkatan udara, ” ujarnya.

Kampus dengan program kampus merdeka dan merdeka belajar itu sendiri, dari semester 1 hingga semester 5 mahasiswa memang masih berada di kampus, selanjutnya semester 6 7 mereka dipulangkan kelokasi atau kelapangan dalam rangka untuk mengimplementasikan ilmu yang diserap dikampus. Sehingga sudah ada KKL nya, itulah yang disebut merdeka belajar tadi.

Untuk calon mahasiswa dari Kaltara paling banyak pada jurusan tekhnik, informatika, tekhnik mesin dan keperawatan.

Harapan nya dengan gelar sarjana yang diraih, para mahasiswa ini nanti bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri. Atau berkerja di swasta, BUMN dan Pegawai Negeri Sipil.

Yang tidak kalah penting semua jurusan atau fakultas yang ada di UPA memiliki sertifikasi kompetensi. Kenapa? agar alumni semuanya siap pakai sesuai disiplin ilmunya masing-masing.

“Kenapa harus ada sertifikasi kompetensi, karena nilainya lebih tinggi daripada ijazah, ” imbuh Bastian Lubis.

Kalau setiap mahasiswa itu ada sertifikasi kompetensi nya berarti mereka sudah siap diterima berkerja diperusahaan. Karena juga sertifikasi jauh lebih dihargai oleh perusahaan tersebut.

Jadi universitas itu dimana saja berada, termasuk UPA selalu menelusuri dimana mahasiswa nya berkerja. “Setiap tahun kita mapping alumni karena sebagai sarat akreditasi kampus, ” ungkapnya.

Universitas Patria Arta (UPA) sesuai dengan trade nya mengelola perubahan melalui pendidikan dan pelatihan, terus berupaya melakukan percepatan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap pakai. * jk.

Bulungan

Bupati Bulungan Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si menyalami para Jemaah Haji.

TANJUNG SELOR – Sebanyak 38 Jemaah Haji Kabupaten Bulungan, akhirnya tiba di Bumi Tenguyun, Sabtu, (13/8/22).

Tepat pukul 10.25 WITA, Para tamu Allah itu Tiba di Kabupaten Bulungan, dengan rasa syukur, dan suka cita Bupati Bulungan Syarwani di dampingi Istri, bersama Sekda Bulungan Risdianto, menyambut langsung kedatangan para jamaah haji, di Bandara Tanjung Harapan, Kabupaten Bulungan.

” Alhamdulillah, para jamaah haji asal Bulungan telah tiba dengan selamat dan dalam keadaan sehat, atas nama Pribadi dan Masyarakat mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air, Semoga para jamaah haji, menjadi Haji yang mabrur dan senantiasa mendapat ridho Allah dunia maupun akhirat. Amin ya rabbal alamin,” ungkap Syarwani.

Bupati Syarwani juga berpesan kepada para jemaah haji mampu menjaga predikat haji yang disandang dalam kehidupan sehari-hari.

” Semoga, ibadah haji yang telah dilaksanakan mampu dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Bupati Syarwani.

Setelah tiba dibandara Tanjung Harapan, para jamaah haji, selanjutnya di bawa ke masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor, untuk diserahterimakan kepada para keluarga. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Kaltara

Menyambut HUT Proklamasi, Ini Pesan Hj Ainun Farida Untuk Kaum Perempuan Kaltara

Published

on

Hj Ainun Farida Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Hj Ainun Farida, berharap pada momen detik-detik perayaan HUT Proklamasi RI ke 77 tahun menjadi ajang kaum perempuan di Kaltara untuk bangkit membangun daerah disegala bidang.

“Kita kaum perempuan di Kaltara wajib mewarisi semangat kepahlawan seperti semangatnya Cut Nyak Dhien, RA Kartini, Dewi Sartika, yang berjuang memerdekakan negeri ini dan memajukan kaum perempuan nya, ” kata Hj Ainun Farida, kepada media ini melalui telpon WhatsAPP, Sabtu 13/8/2022.

Namun tidak meninggalkan kodrat sebagai isteri dan ibu dari anak-anak, karena anak sebagai generasi penerus harus disiapkan sejak dini.

Ia juga menilai, saat ini kaum perempuan di Kaltara sudah lebih maju. Mereka tidak hanya menduduki beberapa jabatan di birokrat, bahkan sudah banyak perempuan Kaltara yang menjadi politisi di kursi Legislatif kabupaten dan kota.

“Harapan saya kaum perempuan terus berkarya untuk kemajuan daerah di masa-masa yang akan datang, ” tutup Ainun Farida. * jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

56 Orang Mahasiswa Bulungan Beasiswa PT PKN Hari Ini Diterbangkan Kebandung

Published

on

Pelepasan calon Mahasiswa, oleh Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala SE MM.

TANJUNG SELOR – Sebanyak 56 orang calon Mahasiswa dari Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, yang dibiayai melalui program beaasaiswa full PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) salah satu perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi d Tanjung Selor (desa Apung, Kelubir dan Sekatak).

Para calon Mahasiswa asal Bulungan saat menuju Tarakan selanjutnya diterbangkan ke Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Keberangkatan dari Tanjung Selor menuju Tarakan, 56 orang para calon Mahasiswa ini didampingi oleh bapak Iwan Suryatno S Hut, Manager Comdev PT PKN. Selanjutnya untuk penerbangan dari Tarakan menuju Jakarta selanjutnya menuju Bandung Provinsi Jawa Barat, mereka didampingi lagi oleh dua orang dari tim Comdev yaitu masing-masing saudara Ardi K Audis dan saudari Rickasiska, ” kata M Yusuf B SP, Superintendet PT PKN, kepada media ini melalui pesan WhatsAPP, Jumat sore 12/8/2022.

Infografis.

Diketahui lanjut Yusuf, pada taggal 9/8/2022 kemarin, parar calon Mahasiswa ini yang jumlah keseluruhan nya sebanyak 94 orang, yang kuliah di 8 kampus yang tersebar di Indonesia ini, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala SE MM, diruang serbaguna Setkab.

Harapan nya tambah Yusuf lagi, seluruh calon Mahasiswa asal Bulungan tersebut, dapat menjaga diri, nama baik orang tua, serta nama baik PT PKN, wabil khusus nama baik Kabupaten Bulungan.

“Harus semangat belajar, bisa membangun jejaring . Kelak kembali ke Bulungan setalh wisuda bisa menjadi agen perubahan untuk kemajuan daerah, ” kata M Yusuf B SP.

Untuk memajukan SDM di Bulungan, khsusunya warga yang berdomisili ring 1 perusahaan. sejak beberapa tahun terakhir PT PKN terus membiayai anak-anak disana denfgan beasiswa full.

Tidak hanya dikirim kuliah ke Pulau Jawa, beberapa mahasiswa asal Bulungan juga dibiayai pendidikan nya hingga ke negara China. Diantaranya sudah banyak yang kembali dan berkerja tersebar dibeberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.

Yang tidak kalah penting, untuk penyiapan SDM lokal, PT PKN juga sudah mengirim beberpa orang pemuda untuk mengikuti latihan kerja di BLK yang ada di pulau Jawa, khususnya yang berminat mendalami ilmu dibidang alat berat khusus, yang hanya digunakan diareal pertambangan. Nantinya setelah lulus para pemuda ini diberi sertifikat keahlian. *jk/kjs.

Continue Reading

Trending