Connect with us

Berita Bulungan

Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Bulungan Menuai Pujian

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd.

– Di sebut layak jadi sebuah percontohan untuk pemerintah daerah.

TANJUNG SELOR – Seleksi terbuka untuk jabatan tinggi pratama (JPT), Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu menuai pujian, bahkan disebut layak jadi percontohan, karena mengedepan kan semangat kearifan lokal.

“Saya acung dua jempol dengan pelaksanaan seleksi terbuka (Selter) untuk pengisian formasi jabatan tinggi pratama di pemerintahan kabupaten Bulungan, ” kata Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, kepada media ini, Senin, 7/2/2022.

Kenapa? lanjutnya, semua komponen yang dimanfaat kan adalah potensi lokal, mulai dari ketua Panitia Seleksi yang dikomandani oleh Sekda Kabupaten, hingga kepada penguji semua nya berasal dari wilayah Utara, termasuk yang mengisi jabatan semuanya dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bulungan.

“Jabatan Sekretaris Daerah itu melekat sebagai ketua Badan Pertimbangan dan Jabatan (Baperjakat), selain sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), jadi wajar bila seorang Sekda ditunjuk sebagai ketua tIm seleksi terbuka jabatan tinggi pratama (JPT), bukan dari pihak luar yang ujug-ujug, ” kata Datu Buyung Perkasa.

Langkah untuk penjaringan yang dilakukan Pemkab Bulungan, dibawah kepemimpinan Bupati Syarwani S Pd M Si dan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala SE MM, dinilai sudah tepat. Kalau pun melibatkan pihak lain dalam pelaksanaan kafasitasnya hanya sebagai penguji saja, itupun semua memanfaat kan kearifan dan potensi SDM lokal.

“Sumber daya manusia (SDM) kita cukup mumpuni, kita sudah memiliki profesor, doktor, S 1, S 2, dan D 3, jadi tidak perlu jauh-jauh keluar untuk mencari penguji, ” kata Datu Buyung lagi.

Kalau tidak salah di Kalimantan Utara sudah punya dua orang yang bergelar Profesor, antara lain Profesor Dr Adri Paton,.rektor Universitas Borneo Tarakan dan Profesor Jabarsyah, rektor Universitas Kaltara, serta puluhan anak daerah yang bergelar Doktor dengan berbagai disiplin ilmu.

“Sekali lagi saya ucapkan salut kepada Pemkab Bulungan untuk seleksi JPT nya, Dan ini layak dicontoh oleh jajaran pemerintah yang ada, agar semangat kearifan lokal tetap terjaga dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ” tutup Datu Buyung Perkasa. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

DPRD Bulungan

DPRD Mendukung Program Pemkab Untuk Menjadikan “Bulungan Berdaulat Pangan”

Published

on

Kilat A md Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – DPRD Bulungan mendukung penuh visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati untuk program “Bulungan Berdaulat pangan”. Agar kesiapan stok pangan daerah selalu tersedia, sekaligus juga untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Perihal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Bulungan, Kilat A Md, kepada media ini diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

“Intinya kita dari DPRD Bulungan tetap mendorong pemerintah untuk program ketahanan pangan ini, ” ujar Kilat.

Karena bagaimanapun soal stok pangan yang tercukupi merupakan kebutuhan yang tak bisa ditunda, dibutuhkan oleh semua orang.

Kilat menambah kan, untuk menunjang operasional petani, ia mengakui sejak beberapa tahun terakhir Pemkab Bulungan sudah berupaya membangun jalan usaha tani dan program percetakan sawah dibeberapa kecamatan. Hasilnya terlihat sangat memuaskan. Dimana saat ini produksi padi dan jenis pertanian lain nya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hanya saja untuk kelangsungan pertanian, pengkaderan terhadap petani remaja sejak sekarang sudah harus dimulai. Supaya kelak petani kita selalu ada dan alih generasinya tetap terjaga.

“Untuk menyiapkan petani remaja atau petani muda ini memang merupakan tugas yang berat, tapi bila kita sungguh-sungguh melakukan pembinaan semuanya bisa berjalan dengan baik, ” kata Kilat.

Dalam hal ini peran orang tua juga sangat diharapkan. Bagaimana meyakinkan anak-anak nya bahwa sektor pertanian tidak kalah menjanjikan bila diusahakan dengan sungguh-sungguh. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending