Connect with us

Berita Bulungan

Ini Dia Empat Point Hasil Mediasi Antara Masyarakat dan PT Gawi Plantations

Published

on

Pertemuan mediasi antara PT Gawi Plantations dengan perwakilan masyarakat 18 Desa di Sungai Kayan difasilitasi oleh Pemkab Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Mediasi kemitraan Plasma antara PT Gawi Plantations salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan masyarakat Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat, 26/11/2021, yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) selama dua hari di Kantor Bupati Bulungan, melahirkan beberapa kesepakatan.

Antara lain kesepakatan tersebut pada poin 1 (pertama), menyebut, terhadap keuangan kebun Plasma akan dilakukan audit lapangan dan keuangan melalui tim pokja yang sudah terbentuk oleh bagian ekonomi Setkab Bulungan, dengan perwakilan masyarakat yang ditunjuk sebanyak 2 (dua) orang dan hasil audit akan ditindaklanjuti kembali dengan pertemuan antar para pihak bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Pada point 2 (dua) menyebut, tuntutan masyarakat Sungai Kayan terkait penggunaan Corporate Social Responsibility (CSR), tenaga kerja local, peningkatan skill tenaga kerja local, sarana air bersih dan sosial budaya dan penumbuhan ekonomi diwilayah agar dapat diberikan/dipenuhi oleh perusahaan dengan koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan.

Sedangkan pada point 3 (tiga) juga menyebut, persoalan HGU lahan agar dilakukan inventaris oleh para Kepala Desa dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan khusus terkait permasalahan desa Mara Satu akan dibahas dengan mediasi oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kegiatan dilapangan tetap berjalan.

Sementara pada poin 4 (empat) menegaskan, kebun Plasma pada pengelolaan nya menjadi keputusan anggota CPP dalam wadah koperasi, dan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa.

Secara terpisah, Kepala Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas, melalui surat elektronik kemedia ini, Sabtu malam. 27/11/2021, terkait hasil pertemuan antara manajemen PT Gawi Plntations dengan masyarakat, menjelaskan, bahwa ia sangat kecewa dengan atas laporan keuangan yang ditampilkan oleh pihak perusahaan, hanya saja Aminuddin tak merinci bentuk kekecewaan tersebut.

“Khusus pemberdayaan masyarakat kedepan perlu menjadi perhatian, demikian pula pada sector pendidikan dan kesehatan seperti peningkatan prasarana air bersih yang pernah dijanjikan agar segera ditunaikan, percepat penyaluran bantuan profil tank, perbaikan jalan maupun bantuan sosial lainnya, “ kata Aminuddin.

Demikian pula terhadap pengelolaan Kebun Plasma oleh Koperasi agar tidak di intervensi oleh perusahaan, agar Koperasi bisa mengelola dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan bersama dan diikat dalam kesepakan pola kemitraan. Dan yang terpenting ending dari kesepakatan itu adalah soal bagi hasil kiranya ada sedikit pembagian yang adil dan merata untuk masyarakat penerima plasma sebesar 20 %.

Harapan kita dari Pemdes se Sungai Kayan kepada masyarakat untuk mendukung dan terus menjaga iklim investasi di Bulungan yang kondusif, agar visi misi perusahaan mensejahterakan masyarakat bisa tercapai.

“Mari bersama berkomitmen untuk menjalankan kesepakatan yang baik ini, “ tutup Aminuddin. *

Reporter : Sahri.

DPRD Bulungan

Anggota DPRD Bulungan Masa Bakti 2024 – 2029 Akan Dilantik di Gedung Dewan

Published

on

Chass Darmawan Sekretaris DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pelantikan anggota DPRD Bulungan terpilih masa bakti 2024 – 2029 akan dilaksanakan diruang sidang Datu Adil melalui rapat Paripurna dewan, serta dijadwalkan pada tanggal 12 Agustus 2024 yang akan datang

Perihal itu disampaikan oleh Chass Darmawan, Sekretaris DPRD Bulungan kepada media ini, Senin, 22/7/2024.

Secara administrasi lanjutnya, semua sudah disiapkan, termasuk laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) masing-masing anggota.

“Dimana seluruh persyaratan itu sudah pula disampaikan ke KPU Bulungan, ” ucap Chass.

Termasuk kepada pihak-pihak terkait lain nya sudah juga dilakukan koordinasi dimaksud. Demikian pula untuk kelengkapan pakaian dinas seperti PSLdan lain sebagainya sudah disiapkan.

Terkait jumlah undangan berapa orang belum direkap secara keseluruhan. Namun jumlahnya tetap menyesuaikan kapasitas ruangan pelantikan.

“Sebagai pemandu sumpah tetap dilakukan oleh Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Selor, ” imbuhnya.

Surat sudah dilayangkan kan, tapi tetap akan di koordinasikan kembali pada H – 7 pelantikan. “Yang pasti jadwal tetap dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus, dan itu sampai saat ini belum ada perubahan, “.tutup Chass.Darmawan. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Berharap Perbaikan Jalan Sabanar Baru Padaelo Tanjung Selor

Published

on

Joko Susilo Weliyanto Anggota DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Kerusakan jalan dari Sabanar Baru menuju jalan Padaelo Kelurahan Tanjung Selor Hilir kecamatan Tanjung Selor diharapkan segera dilakukan perbaikan, agar memudahkan warga yang ingin menuju pelabuhan speed boat Tanjung Selor – Tarakan.

Harapan tersebut di sampaikan oleh Joko Susilo Welianto anggota DPRD Bulungan kepada media ini beberapa waktu lalu.

“Jalan ini merupakan satu-satunya jalan pendekat bagi warga Selimau untuk menuju pelabuhan maupun ke pasar Induk untuk berbelanja kebutuhan se hari-hari, ” ujar Joko.

Ia menambahkan, dengan baiknya akses jalan tersebut tidak saja memudahkan masyarakat akan tetapi secara langsung dapat memacu roda perekonomian.

“Dengan sendirinya juga warung dan usaha jasa lain nya akan tumbuh dengan sendiri nya, ” tutup Joko Susilo Welianto. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

H Hamka Hadiri Acara Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jemaah Haji Bulungan

Published

on

H Hamka S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka, S IP, MH, Sabtu 13/7/2024 berkesempatan menghadiri undangan silaturahmi dan halal BI halal jemaah Haji, diruang serba guna Tenguyun kantor Bupati Bulungan.

Acara dengan tema “Raih Haji Mabrur” tersebut dihadiri oleh para jamaah dan sejumlah tamu undangan.

Jemaah Haji Kabupaten Bulungan.

“Mudahan menjadi haji yang mabrur dan tetap mendoakan kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara pada umum, agar tetap aman dan terus melaksanakan pembangunan disegala bidang, ” ucap H Hamka.

Di bagian lain ia juga mengimbau, agar seluruh lapisan masyarakat terus menjaga kerukunan dan keamanan diwilayah nya masing-masing. Khususnya dalam menghadapi Pilkada yang sebentar lagi dilaksanakan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending