Connect with us

Berita Bulungan

Bupati Bulungan Minta Semua Perusahan Seperti PT PKN

Published

on

Tengah Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, kiri Comdev PT PKN Iwan Suryatno S HUT.

– Comdev potensi jagung di Desa Kelubir Tanjung Palas Utara kian menampak kan hasil yang memuaskan.

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Syarwani S Pd M Si, optimis suatu saat nanti desa Kelubir, kecamatan Tanjung Palas, jadi sentra jagung terbesar diwilayah Utara Indonesia.

 

“Dibawah pimpinan saudara Mardi sebagai Kepala Desa dan suport pendampingan oleh Comonity Development PT Pesona Khatulistiwa Nusantara panen jagung yang ditanam para petani terus diperluas dan hasilnya juga akan terus meningkat pada setiap musimnya, ” kata Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, disela pelaksanaan panen perdana jagung dilahan seluas 40 H didesa Kelubir, Kamis, 4/11/2021.

Menurutnya, budidaya jagung sangat menjanjikan bagi petani, asal dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Kalau petani nya terus konsisten, nantinya Kelubir akan jadi sentra jagung yang cukup diperhitungkan.

Untuk hilirisasi juga sudah terjawab dengan kesediaan PT PKN untuk membantu pemasaran.

“Sedangkan pada bagian hulunya sudah terjawab oleh peran Kepala Desa bersama petani nya, ” tegas Bupati Syarwani.

Harapan lain lanjutnya, pada sisa lahan seluas lebih kurang 1000 H tersebut secara perlahan digarap. Agar semua bisa tertanam, yang pada giliran nya akan mensejahterakan para petani yang membudidayakan nya.

Sementara itu, bentuk dukungan yang diberikan oleh Pemkab Bulungan sendiri antara lain adalah, pembinaan dan subsidi obat-obatan, herbisida, pestisida dan pupuk untuk menyuburkan tanaman jagung tersebut.

Selain jagung, prodak pangan lain seperti padi juga sudah dikembangkan secara luas didesa Sajau, kecamatan Tanjung Palas Timur. Termasuk sektor peternakan juga sudah menjadi prodak unggulan kabupaten Bulungan.

“Apalagi dengan potensi jagung yang ada saat ini, sangat sayang tidak dikembangkan berbarengan dengan pengembangan peternakan, ” ujar Syarwani lagi.

Seperti pada bagian batang dan daun jagung secara langsung bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak tersebut. “Nutrisi yang ada pada batang dan daun jagung sangat baik untuk hewan seperti kambing dan sapi, ” imbuhnya.

Minimal kedepan diharapkan pada areal kebun ada kandang-kandang ternak, jadi akan lebih mudah melakukan pengecekan dan pemeliharaan nya.

Yang tidak kalah penting adalah dukungan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, terhadap perkembangan pertanian di Kabupaten Bulungan sangat tinggi. Contohnya bisa dilihat didesa Sajau Hilir, pada lahan persawahan yang dikembangkan disana, saat ini sawah tersebut sudah berhasil dengan baik.

“Sekarang di Sajau dikembangkan sawah seluas 300 H dengan hasil setiap hektar sebesar 5 ton, ” tambahnya.

Harapan nya program ini bisa terus menyebar disetiap desa Paling tidak identifikasi nya sudah mulai berjalan, potensi apa saja yang cocok dan bisa mengangkat tarap hidup masyarakat itu harus diupayakan secara maksimal.

Secara terpisah, Rayendra Pradipta, Direktur PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) menyebut, selain desa Kelubir ada tiga daerah juga menjadi lokasi pendampingan Comdev. Yang parameternya adalah selain potensi, ada minat dari petani untuk mengembangkan nya.

“Kali ini saya bisa bilang desa Kelubir mempunyai animo dan partisipasi yang bagus, jadi kita fokuskan disini untuk pengembangan nya, ” kata Rayendra Pradipta.

Untuk penampungan hasil panen, menurut Rayendra Pradipta, semuanya harus ada pasar, dan tujuan PT PKN sendiri antara lain agar ada network tambahan untuk mereka (Petani, red).

“Artinya PT PKN akan menjadi perpanjangan tangan para petani jagung Kelubir untuk mencapai pasar-pasar yang ada diluar daerah, ” tambah Rayendra Pradipta.

Saat ini lanjutnya sudah ada pasar pembeli jagung rutin menampung hasil petani, namun masih skala lokalan.

Selain itu, lanjut dia, untuk mewujudkan impian menjadi sentra jagung di Indonesia, maka yang diperlukan adalah ketekenunan dan keseriusan petani, mereka harus fokus kepada satu prodak unggulan.

Serta ada kebersamaan semua pihak, karena tidak bisa hanya perusahaan sendiri yang membina, tapi semua harus berpartisipasi dan tekun, termasuk dukungan infrastruktur dibidang pertanian serta kelancaran dibidang logistik yang dibutuhkan oleh petani juga tersedia.

Sedangkan, Iwan Suryatno S HUT, Comdev PT PKN menjelaskan, kebutuhan untuk setiap bulan sesuai permintaan pasar lebih kurang 200 ton, namun baru sebagian kecil yang bisa disiap kan petani kita.

Harapannya kedepan, lahan tanam terus diperluas agar kuota yang diminta oleh pembeli bisa terpenuhi.

Sementara saat ini tambahnya, hasil panen petani jagung desa Kelubir baru sebatas memenuhi kebutuhan lokal.

Untuk sisa lahan yang belum tertanam, akan terus diupayakan. Demikian juga unttuk meningkatkan hasil produksi akan diusahakan juga beberapa cara lain, misalnya melalui upaya pembuatan jalan tani yang maksimal.

“Oleh sebab itu sharing dengan bapak Kepala Desa menjadi penting, misalnya terkait hasil pertanian serta pupuk-pupuk yang dibutuhkan, ” kata Iwan.

Karena itu judul nya untuk mewujudkan Kelubir sebagai sentra jagung adalah “kemitraan dan kolaborasi”. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

1 Unit Mobil Ambulance Dari Bupati Bulungan Untuk Kecamatan Peso

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Beberapa waktu lalu, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, menyerahkan langsung 1 Unit mobil Ambulance di Desa Long Bia, Kecamatan Peso.

Hal ini kata dia, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan, untuk meningkatkan akses medis di wilayah tersebut. Penggunaan mobil ambulan juga diharapkan dapat mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, serta dapat berperan secara inklusif dalam menjalankan tujuan pembangunan daerah.

“Karena kecepatan dan aksesibilitas perawatan medis sangatlah penting dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.” ujarnya

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Bulungan, ia juga mengucapkan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Peso yang selama ini menjaga kondusivitas wilayah dengan baik, serta telah berperan aktif dalam mensukseskan berbagai program pembangunan daerah di Kabupaten Bulungan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Ketua DPRD Bulungan Bersama PT PKN Sambangi Universitas Maranhata

Published

on

Ketua DPRD Bulungan Kilat A Md (kanan) paling depan..

BANDUNG – Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Kilat A Md melakukan kunjungan ke Universitas Kristen Maranatha pada 30 Januari 2023 lalu.

Kunjungan ini berlangsung di Ruang Integrity, Gedung Administrasi Pusat lantai 6 dengan maksud menjalin silaturahmi dan kerja sama antara DPRD Provinsi Kaltara dan UK Maranatha.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU yang menjelaskan kesiapan UK Maranatha untuk membantu Kaltara, baik dari segi pendidikan bahasa Mandarin maupun dalam pembangunan daerah, mengingat bahwa sebagian besar investor pertambangan di Kaltara berasal dari Tiongkok. Adapun caranya adalah dengan mendidik putra-putri daerah agar dapat melakukan perubahan pada Kaltara.

Kilat menjelaskan keterbatasan beberapa bidang yang terdapat di di Bulungan sehingga UK Maranatha diharapkan dapat mendidik putra-putri daerahnya demi perkembangan kabupaten yang bernotokan kota Ibadah iru .

“Kami berharap kerja sama ini dapat berkembang ke semua bidang yang lebih spesifik karena Bulungan kedepan akan menjadi sumber energi di Indonesia,” katanya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dibuka oleh Sekretaris Umum UK Maranatha, Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl.IWRM., Ph.D. Ia menjelaskan bahwa ada dua jalur pembelajaran di Fakultas Bahasa dan Budaya yang akan dicoba pada tahun ini. Robby juga menjelaskan mengenai fasilitas yang tersedia, serta bentuk pembelajaran bahasa Mandarin di UK Maranatha. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Kapankah Rencana Pembangunan Gedung STAIN Kaltara di Tanjung Palas Bulungan Dimulai ?

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Rencana pembangunan gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, belum juga ada tanda-tanda-tanda akan dimulai, padahal untuk lahan rencana pembangunan sudah diserahkan oleh Pemkab ke Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ketika.hal itu dikonfirmasikan ke Bupati Bulungan, menurutnya untuk pelaksanaan pembangunan ranah nya ada pada Kemenag, sementara Pemkab sifatnya hanya mensuport dokumen dan kelengkapan nya saja.

“Tapi yang sangat menggembirakan saat ini sudah ada yang koordinasi ke Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementrian Agama RI, ” tegas Bupati Syarwani melalui pesan WhatsAPP ke media ini, Kamis 25/4/2024.

Kendati demikian lanjut Bupati Syarwani, pihaknya tetap berharap pembangunan gedung STAIN tersebut segera untuk.dimulai.

“Tentu nya nanti kita juga mendorong sumber daya manusia (SDM) lokal dapat mengisi kebutuhan tenaga yang dipekerjakan di STAIN tersebut, ” ungkapnya.

Sesuai dengan kapasitas dns kompetensi yang dibutuhkan. “Artinya kita tetap berharap SDM lokal Bulungan dapat diberdayakan, ” tambah Syarwani. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending