Connect with us

Berita Kaltara

Mempersiapkan Generasi Muda Islam Yang Berwawasan Nasionalis

Published

on

Peletakan batu pertama perluasan MTs Al - Khaerat Mainau oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al - Khaerat Bulungan, Habib Des H Syeid Muntahar Al - Djufrie MA, Senin, 21/6/2021.

– Pesantren Al – Khairat Bulungan Bangun Madrasyah Tsanawiyah di Malinau.

MALINAU – Untuk mempersiapkan generasi muda Islam dimasa mendatang, Pondok Pesantren Al – Khairat Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, membangun sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al – Khaerat di Malinau, Kabupaten Malinau.

“Hari Senin, tanggal 21 Juni 2021, peletakan batu pertama ruang belajar MTs, oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Khaerat, bapak Habib Drs H Muttahar Al – Djufrie MA, ” ujar Alwan Saputra S Pi MM, pengurus Komisariat Wilayah Al – Khaerat Kalimantan Utara, kemarin.

Pada peletakan batu pertama M Ts, itu juga didampingi oleh pimpinan pondok pesantren Al – Khairat Malinau , Ustazd Jakaria M Toba.

Turut hadir diacara tersbut, Wakil Bupati Malinau, Jakaria SE M Si. dan tamu undangan lain nya.

Dalam tausyiahnya, Habib Muttahar menyebut, bahwa Pesantren Al – Khairat di Kaltara awal tahun 1940 sebelum Indonesia merdeka sudah ada. Dimana kala itu, pesantren dimaksud sudah berdiri di Tanjung Selor maupun Tanjung Palas.

“Untuk mata pelajaran yang khusus antara lain, Fiqih, Alquran Hadis, Akidah Akhlak, Sejarah Islam dan lain nya, selebihnya mata pelajaran umum, ” kata Ustazd Habib Muttahar.

Diketahui Al – Khairat dalam perjalanan nya tetap setia pada Negara Kesatuan Indonesia sampai saat ini.

Sesuai amanat pendiri, Habib Syaid Idrus Bin Salim Al – Djufri atau yang dikenal dengan sebutan guru tua, pihak nya tetap mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saat ini nama beliau disematkan pada Bandara Palu, yaitu Bandara SIS Mutiara Palu, Provinsi Sulawesi Tengah., ” ujar Habib.

Untuk Al-Khairat di Malinau ternyata sudah hadir pada tahun 1970 silam. Alhamdulillah pada Senin kemarin, ruang kelasnya kembali diperluas.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Malinau yang sudah memberikan bantuan, ” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kebutuhan lain yang mendesak yakni perbaikan jalan masuk dan pagar sekolah.

“Semoga kehadiran sekolah ini di Malinau menjadikan generasi muda yang Islami, ” imbuhnya.

Untuk itu, kehadiran para donatur juga sangat diharapkan, agar kelak lahir generasi muda Islam yang berwawasan nasionalis. *

Reporter : Sahri.

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Melaksanakan Bimbingan Manasik Haji 1445 H

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan mulai melaksanakan bimbingan manasik haji kepada 92 jamaah haji tahun 1445 Hijriah.

Bimbingan manasik haji ini, untuk membantu para calon jamaah memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun, wirid, doa, dan segala sesuatu tentang ibadah haji. Ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah, terutama mereka yang akan berangkat dari Kabupaten Bulungan tahun ini.

Melalui bimbingan diharapkan dapat membantu para jamaah haji Kabupaten Bulungan memperoleh pengetahuan yang cukup tentang rukun haji. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pengetahuan pemahaman dan keterampilan jamah.

Untuk kita ketahui Pemda Bulungan setiap tahun terus memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan haji tersebut, terutama pengalokasian anggaran kepada Kementerian Agama, Kabupaten Bulungan

Dan tahun 2024 ini Pemda Bulungan mengalokasi dana hibah sebesar 3,7 miliar dalam pelaksanan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Dari total seluruh hibah yang di alokasikan kepada kementerian agama untuk seluruh rumah ibadah di kabupaten Bulungan sebesar 32 Miliar Rupiah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Pemkab Bulungan Seriusi Pembangunan Landscape Kayan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si. berkunjung ke Kecamatan Peso beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Keseriusan Pemkab Bulungan menjalankan program pembangunan berkelanjutan di wilayah Landscape Kayan, yang membantang dari wilayah Kecamatan Tanjung Palas hingga Kecamatan Peso. Dalam pelaksanaanya melibatkan semua pemangku kepentingan di dalamnya.

Landscape Kayan bukan hanya berbicara potensi kewilayahan di Kecamatan Peso saja. Tapi kita bicara potensi lain yang bisa dikembangkan namun tetap mengutamakan aspek keselarasan dengan alam. Baik secara ekonomi kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, perhutanan sosial, kemitraan, termasuk pengembangan obyek wisata di kawasan ini

Secara regulasi Pemkab Bulungan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kehutanan dan Bulungan merupakan satu satunya di Kalimantan Utara ( Kaltara).

Untuk mensukseskan program Landscapa Kayan butuh dukungan seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran kepala desa, dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalamnya. Karena program ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat bukan hanya kepentingan Pemda Bulungan.

Sehingga dibutuhkan kerja besar, dukungan seluruh masyarakat termasuk peran Kepala Desa. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Bulungan

PT PKN Group Sumbang Sejumlah Hewan Qurban Idul Adha 1445 H

Published

on

Kun Prayogi Herlambang S Ikom Eksternal PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN).

TANJUNG SELOR – PT Energi Nusa Mandiri (ENM) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) group, kembali menyumbang hewan qurban yang terdiri dari hewan sapi dan kambing, kepada warga yang berhak menerima di delapan belas desa di kabupaten Bulungan.

Penyaluran hewan qurban tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 H.

Kun Prayogi Herlambang S Ikom, mendampingi Manager Comdev PT PKN, Iwan Suryatno S Hut, Selasa 27/6/2023 kepada media ini mengatakan, untuk tahun ini pihaknya ada menyumbang dua jenis hewan qurban, terdiri dari sapi dan kambing. Yang didistribusikan ke beberapa desa yang ada di Bulungan.

“Terutama kepada warga yang berada di wilayah ring 1 perusahaan, ” kata Yogi sapaan akrabnya.

Menurutnya, dalam pendistribusian tidak melihat sisi formatnya, akan tetapi lebih kepada apa kontribusi yang bisa dilakukan pihak perusahaan. Selain dari PT PKN, ada juga sumbangan dari group perusahaan yang saat ini berkolaborasi dalam kegiatan.

Ia juga menambahkan, untuk sumbangan hewan qurban PT ENM dan PT PKN Group sejak 4 tahun terakhir rutin memberikan sumbangan. Dimana saat ini tidak hanya didesa dampingan akan tetapi sudah merambah desa-desa lain nya.

“Untuk Taniung Selor sendiri kita menyampaikan secara khusus hewan qurban kepada panitia yang melaksanakan nya, ” tutup Kun Prayogi Herlambang. * jk.

Continue Reading

Trending