Connect with us

Berita POLDA KALTARA

Ditsamapta Polda Kaltara Laksanakan Patroli Jarak Jauh di Kota Tarakan

Published

on

Personil Ditsamapta Polda Kaltara Poto bersama warga.

TARAKAN – Direktorat Samapta Polda Kaltara Laksanakan Patroli Jarak Jauh di Kota Tarakan dan berharap peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban serta waspada terhadap segala bentuk kejahatan. Minggu (16-07-2023).

Hal ini disampaikan Dirsamapta Polda Kaltara Kombes Pol Joko Heri Purwono, S.H. S.I.K, saat memberikan keterangan. Pada kegiatan itu, personel Dit Samapta Polda Kaltara melaksanakan patroli dialogis guna mengetahui dan menyerap informasi sembari menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas.

“kami memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta memberikan informasi kepada kantor kepolisian terdekat jika ada gangguan” katanya.

Kegiatan Patroli yang dilakukan Dit Samapta Polda Kaltara merupakan salah satu upaya menjaga Kamtibmas melalui patroli dengan harapan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan warga saat beraktivitas. **.

POLDA KALTARA

Dirbinmas Polda Kaltara Melaksanakan Pertemuan Tokoh Masyarakat Se – Kaltara

Published

on

Acara pertemuan para tokoh masyarakat dengan Dit Binmas Polda Kaltara di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pada hari Jumat tanggal 17 Mei 2024 Pukul 08.30 wita bertempat di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor telah dilaksanakan kegiatan Pertemuan Tokoh Masyarakat Se – Provinsi Kaltara.

Hadir dalam kegiatan antara lain Dir Binmas Polda Kaltara Kombes Pol. Eri Dwi Haryanto, S.I.K., Para Nara Sumber ( Kesbang Pol Kaltara, Ketua FKUB Kaltara, Kabid Humas Polda Kaltara Diwakili Iptu Heru dan Dir Intel Polda Kaltara diwakili Iptu Edy ) dan Tomas dari Kab/Kota se Provinsi Kaltara.

Tokoh Masyarakat Kaltara Sebanyak 30 Orang. Terdiri dari Tarakan 10 Orang, KTT 10 orang dan peserta dari Bulungan sebanyak 10 orang.

Susunan Acara yaitu Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan perwira yang ditunjuk, Sambutan Dir Binmas Polda Kaltara dan sekaligus membuka acara, Pembacaan Doa, Laporan perwira yang ditunjuk, Selesai dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Dirbinmas Polda Kaltara menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan tempat yang telah disediakan. Beliau menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi antara Polri, khususnya Dit Binmas Polda Kaltara dengan seluruh pemangku kepentingan di masyarakat. Kegiatan ini dirancang untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Selain itu kegiatan juga menjadi wujud nyata terjalinnya komunikasi,koordinasi dan kolaborasi yang baik antara Polri dengan masyarakat untuk melihat fenomena isu Kamtibmas menjelang Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang.

“Ayo kita sama-sama menjunjung Pilkada, yakin bahwa para kandidatnya adalah putra dan putri terbaik di Provinsi Kaltara dan yang paling penting adalah keutuhan,keamanan dan ketertiban di wilayah kita.” Ucap Dirbinmas

Dirbimas Polda Kaltara tak lupa juga menyampaikan, Polisi pun bersiaga mengamankan Pilkada Tahun 2024, termasuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoaks. “Tentu kita lebih mengedepankan, lebih baik melakukan pencegahan, untuk melakukan pencegahan itu kita lebih mengedepankan edukasi, upaya-upaya sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat,” tutupnya. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Pekiban Dayak Kenyah Warnai Pernikahan Putra Kapolda Kaltara

Published

on

Putra Kapolda Kaltara Johan Nathaniel Ega.

TANJUNG SELOR – Putra Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya, Johan Nathaniel Ega dan Elva Waniza, putri Kepala Adat Besar Apau Kayan, Ibau Ala, akan menggelar Pekiban Adat Dayak Kenyah.

Ketua panitia Pekiban, Nawan mengatakan puncak kegiatan prosesi pernikahan Adat suku Dayak Kenyah oleh kedua mempelai (Ega & Elva) itu digelar di gedung Pesparawi Tanjung Selor pada Jumat 24 Mei.

“Persiapannya sudah 70 persen, mulai dari tarian adat hingga Pengulo sudah siap,” kata Nawan, Jumat, 17 Mei.

Nawan mengungkapkan, prosesi Pekiban ini akan diawali dengan penjemputan mempelai perempuan oleh mempelai laki-laki bersama rombongan.

“Setelah penjemputan, kedua mempelai beserta rombongan menuju gedung Pesparawi, rute jalannya juga sudah kita atur,” ungkapnya.

Ritual Pekiban sudah menjadi tradisi pernikahan adat yang dilakukan para leluhur suku Dayak Kenyah.

“Acara Pekiban kedua mempelai ini sekaligus memperkenalkanbudaya suku Dayak Kenyah. Apalagi, upacara adat ini (Pekiban) sejak 2019 telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Indonesia,” jelasnya.

Selain para pejabat dan tokoh masyarakat Kaltara, ribuan warga Dayak Kenyah dipastikan akan hadir pada kegiatan tersebut.

“Acara ini sekaligus resepsi pernikahan yang digelar keluarga mempelai perempuan (Elva). Untuk akad atau Pemberkatan nikahnya sudah digelar di Gereja Oikumene Hosana di Mapolda Kaltara, resepsi dan prosesi pernikahan dengan adat Jawa sudah digelar di Jakarta pada November 2023,” pungkasnya. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Polda Kaltara Gelar Sidang BP4R Bagi Personel Polri yang Akan Menikah

Published

on

Sidang BP 4 R Polda Kaltara.

TANJUNG SELOR – Polda Kaltara kembali menggelar Sidang Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) bagi personel Polri yang akan menikah, bertempat di Aula Rupatama ( Ruang Rapat Utama ) kayan gedung B Polda Kaltara, Jum’at (17/5/24).

Sidang ini dipimpin langsung oleh Karo SDM Polda Kaltara Kombespol Yuyun Arief Kus Handriatmo, S.I.K.,M.Si., didampingi oleh Perwakilan dari fungsi Itwasda, Rohaniawan, Perwakilan dari fungsi Bidpropam, Ketua Bhayangkari Daerah Kaltara yg diwakili dari ketua Seksi Kebudayaan.

Adapun yang mengikuti sidang ini sebanyak 12 Personel yaitu :

1. Brigpol Priyo Mardiko dengan saudari Kasimah Wati;
2. ⁠Briptu Hendrik Batu Rante dengan saudari Sahara Ningrum Pradita;
3. ⁠Briptu Yosep Geraldus Deni Ajang dengan saudari Sisca Farida Ingkong, S.Kep., Ns.;
4. ⁠Briptu Nusul Kurniawan dengan saudari Shinta Rahmadani;
5. ⁠Briptu Andi Mahadir dengan saudari Devi Eka Sismiati, S.E.;
6. ⁠Briptu Muh. Iqroom Kurnia dengan saudari Mayang Sary;
7. ⁠Bripda Johan Saleko dengan saudari Neti Sartika;
8. ⁠Bripda Erisal Nur Caesar dengan saudari Della Ananda Yulia;
9. ⁠Bripda Candra Kirana dengan saudari Rohani;
10. ⁠Bripda Gunadi Febrianto dengan saudari Novena Ayutira;
11. ⁠Bripda Alfi Syahrin dengan saudari Nadiya Mira;
12. ⁠Bripda Yanto Sridadi dengan saudari Rahmatang.

Sidang BP4R ini bertujuan untuk memberikan izin nikah kepada anggota Polri. Sidang ini wajib dilaksanakan bagi seluruh personel Polri beserta calon pasangannya yang akan melangsungkan pernikahan. Hal ini merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pernikahan, karena mengingat tugas dan tanggung jawab Polri yang sangat berat.

Melalui sidang ini, diharapkan para personel Polri dan pasangannya dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab Polri, sehingga dapat saling mendukung dalam menjalankan tugas dan kehidupan berumah tangga.

Dalam arahannya, Karo SDM Polda Kaltara Kombespol Yuyun Arief Kus Handriatmo, S.I.K.,M.Si., menyampaikan “bahwa pernikahan merupakan hal yang sakral dan harus dipersiapkan dengan matang. Beliau berpesan kepada kedua pasangan untuk saling pengertian dan mendukung satu sama lain dalam menjalankan tugas dan kehidupan berumah tangga”.

“Polri memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, untuk itu diperlukan pengertian dan dukungan dari pasangan. Saya harap setelah menikah, ketiga pasangan dapat menjalankan tugas dan kehidupan berumah tangga dengan baik,” ujarnya.

Sidang BP4R ini merupakan wujud komitmen Polri dalam membina personelnya untuk membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Dengan keluarga yang harmonis, diharapkan para personel Polri dapat lebih fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. **.

Continue Reading

Trending