Connect with us

Berita Kaltara

Dunia Sepakbola Tak Asing Lagi Bagi Gubernur Kaltara

Published

on

Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, (baju merah) sedang menggiring bola saat pertandingan persahabatan, beberapa waktu lalu.

– Tahun 2009 silam Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum, pernah menjadi Manager Tim Sepakbola Persiraja Banda Aceh

TANJUNG SELOR – Olahraga sepakbola bukan barang baru lagi bagi Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M HUM. Sewaktu berdinas di Provinsi Aceh, ia sudah mengelola tim yang cukup terkenal dan dikenal di Indonesia, yakni tim Sepak Bola Persiraja atau Persatuan Sepak Bola Kutaraja Banda Aceh.

“Waktu itu saya masih sekolah disalah satu SMP di Banda Aceh, sering melihat orang-orang latihan sepak bola, dan selalu melhat pak Zainal Arifin Paliwang menyaksikan, ” ujar Eza, salah satu warga Aceh yang kini menetap di Kalimantan Utara, Sabtu, Sabtu 30/10/2021.

Intinya lanjut Eza, dengan menjabat sebagai Gubernur Kaltara, sepakbola akan menjadi perhatian, tak heran nantinya tim kita akan bisa menembus turnamen di liga nasional.

“Sewaktu pak Zainal Arifin Paliwang memimpin Club Persiraja kala itu cukup maju pesat, dan selalu tampil bermain diliga nasional, ” kenang Eza lagi.

Sementara itu, secara terpisah Nurla, Coach tim Sepakbola Putra Mansalong, Kabupaten Nunukan, Peovinsi Kalimantan Utara, ketika diminta tanggapan nya mengatakan, saya sangat berharap sskali dunia sepakbola dikecamatan-kecamatan menjadi perhatian Gubernur melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi keolahragaan.

Perhatian dimaksud tentu harus ada anggaran pembinaan melalui cabang olahraga (Cabor), khususnya yang membidangi sepakbola.

“Kita banyak punya bibit-bibit pesepakbola muda yang memiliki talenta. Bila mereka dibina secara khusus dengan memperbanyak turnamen lokal, bukan mustahil Kaltara bisa menembus liga nasional, ” ujarnya

Minimal dalam waktu dekat bapak Gubernur bisa mengundang tim Persiraja Banda Aceh bertandang ke Kaltara, untuk melakukan pertandingan eksibisi ditiap kecamatan agar para pemain kita bisa menjajal kemampuan mereka.

“Tiap kecamatan di Kaltara memiliki lapangan bola yang cukup bagus, saya kira untuk bermain dengan tim sekelas Persiraja bisa dilakukan, ” tutup Nurla. *

Reporter : Sahri.

DPRD Bulungan

DPRD Bulungan Minta PJU Jalan Punas menuju Jalan Meranti di Perhatikan

Published

on

H Hamka M, S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan, H Hamka M, S IP, MH, meminta kepada pemerintah untuk segera memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) disepanjang jalan Punas Kampung Bulu Perindu menuju jalan Meranti Tanjung Selor.

“Khusus di jembatan Meranti saya lihat sudah ada beberapa titik lampu yang padam pada malam hari, hal ini juga harus menjadi perhatian untuk diperbaiki kembali, ” ujarnya saat berbincang dengan media ini, Selasa 21/5/2024.

Persoalan lampu PJU ini tambah Hamka, sangat penting sekali untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat yang beraktifitas saat malam. Terutama pada ruas-ruas jalan yang aktifitas kendaraan nya cukup lumayan aktif.

Terutama bagi pejalan kaki, supaya dari jauh mereka sudah terlihat oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua mau pun roda empat.

Selain jalan Punas menuju jalan Meranti, yang tak kalah penting lampu PJU menuju objek wisata Gunung Putih Tanjung Palas sejak beberapa bulan terakhir padam total. “Ini juga perlu segera dinyalakan. Apa lagi ruas jalan ini aktif dilintasi kendaraan, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Gelar Musyawarah Rencana Pembangunan

Published

on

Peserta Musrenbang Kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Bertempat di Ruang Tenguyun Kantor Bupati, Kamis (16/5/2025), Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, bersama jajaran pimpinan perangkat daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkopimda, akademisi, tim percepatan pembangunan termasuk mitra strategis Kabupaten Bulungan, telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bulungan 2025 – 2045.

Penyusunan RPJPD Kabupaten Bulungan ini dilaksanakn untuk 20 tahun kedepan, dengan mengusung tema “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Sebagai Pusat Pertumbuhan Berkelanjutan dengan Didukung Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Berdaya Saing.

Kegiatan ini sebagai pedoman untuk memberikan arah pembangunan terhadap kebijakan dan strategi pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045.

Melalui kegiatan ini bagaimana menyusun masa depan pembangunan Bulungan 20 tahun kedepan. Merekayasa untuk memajukan dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Bulungan. Sekalipun nantinya dalam 20 tahun kedepan, kita tidak dapat menyaksikan atau menikmatinya. Hal tersebut menjadi warisan yang baik dan menjadi amal jariyah bagi anak cucu kita.

Tema tersebut selaras dengan kondisi Kabupaten Bulungan saat ini dimana Tanjung Selor sebagai pusat pemerintahaan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).
Termasuk di wilayah Kabupaten Bulungan saat ini terdapat beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) berskala besar. Salah satunya KIPI Tanah Kuning, hingga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar se Asia Tenggara yang akan dibangun di Hulu Sungai Kayan, dengan kapasitas total mencapai 9.000 megawatt (MW).
Selain itu, Bulungan juga ditunjuk pemerintah pusat menjadi salah satu wilayah penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusaantara di Kalimantan Timur(Kaltim).

Penyusunan RPJPD berpedoman pada Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, RPJPD bersifat visioner dan memuat hal-hal mendasar sehingga memberi keleluasaan yag cukup bagi penyusunan rencana jangka menengah dan panjang.

Musrenbang ini harus selaras dengan program yang telah disusun oleh pemerintah pusat. Karena mimpi besar Bulungan 20 tahun kedepan bagaimana wilayah ini menjadi pusat pertumbuhan yang berkesinambangan di Kalimantan secara umum.

Ini merupakan cita-cita besar kita bersama. Dalam berbagai forum selalu saya sampaikan pada teman-teman perangkat daerah. Kita harus bisa menjadi pusat dalam berbagai hal, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi, kita harus mampu melangkah lebih maju dan menjadi rujukan wilayah lain bahkan dalam regional Kalimantan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Perbaikan Jalan Menuju KIPI Tanah Kuning Diambil Alih PJN Kaltara

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si. menerima kunjungan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara, Nikolaus Ambrosius Gai Botha.

TANJUNG SELOR – Bupati Syarwani S Pd M Si menerima kunjungan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara, Nikolaus Ambrosius Gai Botha beserta rombangan di Ruang Rapat Kantor Bupati Bulungan. Rabu, (15/5/24).

Dalam pertemuan tersebut disampaikan beberapa akses jalan yang statusnya aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang dikerjakan oleh BPJN Kaltara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Salah satunya ruas jalan menuju Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Tanjung Palas Timur yaitu KIPI Tanah Kuning.

“Selain itu, saya juga menyampaikan beberapa jembatan yang memungkinkan pembangunanya dibantu oleh BPJN Kaltara. Salah satunya jembatan yang berada di Desa Teras menuju Desa Salimbatu, ” ujar Syarwani.

Dengan terjalinnya sinergisitas yang baik antara Pemda Bulungan dan BPJN Kaltara tentu menjadi hal yang positif dalam upaya memaksimalkan pembangunan ditengah keterbatasan yang ada. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending