Connect with us

Berita POLDA KALTARA

KIP: Keterbukaan Informasi Publik Bisa Mendukung Stabilitas Sektor Kamtibmas

Published

on

Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro .

JAKARTA – Ketua Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Donny Yoesgiantoro menyatakan keterbukaan informasi publik dapat mendukung stabilitas sektor keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sebab, perang modern bukan lagi perang fisik dengan kekuatan militer, melainkan perang informasi. Intelijensi sangat penting dalam perang. Itu yang diandalkan pasukan dalam setiap gerakan mereka,” ujar Ketua Donny dalam Rakernis Humas 2024, Selasa (23/4/24).

Ketua Donny menyebut bahwa setiap individu berhak memperoleh informasi untuk kemudian dipergunakan dengan semestinya. Hal itu dimuat dalam UU KIP Nomor 14 Tahun 2018.

Kendati demikian, ia mengingatkan tak semua informasi bisa dibuka kepada publik. Salah tiga jenis informasi yang dilarang bagi publik adalah rahasia negara, rahasia pribadi, dan rahasia bisnis.

“Misalnya yang membahayakan pertahanan dan keamanan negara, mengungkap kekayaan alam Indoensia, merugikana kepentingan hubungan luar negeri, dan sebagainya,” ungkap Ketua Donny.

Di sisi lain, di era teknologi ini, banyak tantangan yang dialami perihal keterbukaan informasi. Misalnya, keterbukaan informasi yang belum menjadi budaya pada sebagaian badan publik.

“Atau pola pikir sebagian pimpinan yang masih menganggap keterbukaan informasi bukan hal yang penting,” tutur Ketua Donny. **.

POLDA KALTARA

Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF

Published

on

Direktur Polairud Polda Bali Kombes Ponadi diwawancarai awak media.

Bali – Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Bali menyiagakan dua kapal dan tiga unit helikopter dalam rangka pengamanan kegiatan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Direktur Polairud Polda Bali Kombes Ponadi mengatakan pihaknya selain mengerahkan personil juga alat material khusus (almatsus). “Jadi ada kapal-kapal kita dan diback-up oleh Korpolairud Barhakam Polri. Ada 2 kapal yang ikut terlibat kegiatan termasuk juga pesawat helikopter ada 3 unit diback-up dalam rangka untuk pengamanan kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali ini.,” kata Ponadi dalam keterangan, Sabtu (18/5/2024).

Dirinya menerangkan, dalam rangka pengamanan event internasional ini, Ditpolairud Polda Bali juga berkoordinasi dengan TNI maupun Basarnas. Titik-titik pengamanan dengan menggunakan kapal, sambung Ponadi yakni di bawah kolong tol, kemudian pantai dan perairan Nusa Dua Bali.

Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan patroli di wilayah pelabuhan-pelabuhan penyebrangan seperti Gilimanuk, Padangbai dan lainnya. ‘Itu titik-titik penyebrangan untuk antisipasi masuknya orang-orang dari luar Bali, antisipasi pelaku-pelaku pidana, kita berkolaborasi, kita berkoordinasi dengan satuan wilayah setempat ,” ujarnya.

Sementara beberapa sambung Ponadi, helikopter juga di tempatkan di dekat kegiatan World Water Forum berlangsung. Helikopter jenis Dolphin ini kata dia, digunakan dalam situasi darurat. Misalnya, jika ada delegasi yang membutuhkan penanganan medis dapat menggunakan heli untuk ke rumah sakit terdekat.

Ia menambahkan, para personil juga telah dilengkapi alat-alat komunikasi seperti HT, Podium dan juga aplikasi-aplikasi seperti SOT. Dengan perlengkapan tersebut, anggota bisa melaporkan situasi yang ada di lapangan ke Posko Command Center 91.

“Kita terkoneksi dengan posko, yang sewaktu-waktu Posko kontak dengan anggota di lapangan bisa melaporkan langsung di lapangan,” ucapnya. **

.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Dirbinmas Polda Kaltara Melaksanakan Pertemuan Tokoh Masyarakat Se – Kaltara

Published

on

Acara pertemuan para tokoh masyarakat dengan Dit Binmas Polda Kaltara di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pada hari Jumat tanggal 17 Mei 2024 Pukul 08.30 wita bertempat di Hotel Pangeran Khar Tanjung Selor telah dilaksanakan kegiatan Pertemuan Tokoh Masyarakat Se – Provinsi Kaltara.

Hadir dalam kegiatan antara lain Dir Binmas Polda Kaltara Kombes Pol. Eri Dwi Haryanto, S.I.K., Para Nara Sumber ( Kesbang Pol Kaltara, Ketua FKUB Kaltara, Kabid Humas Polda Kaltara Diwakili Iptu Heru dan Dir Intel Polda Kaltara diwakili Iptu Edy ) dan Tomas dari Kab/Kota se Provinsi Kaltara.

Tokoh Masyarakat Kaltara Sebanyak 30 Orang. Terdiri dari Tarakan 10 Orang, KTT 10 orang dan peserta dari Bulungan sebanyak 10 orang.

Susunan Acara yaitu Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan perwira yang ditunjuk, Sambutan Dir Binmas Polda Kaltara dan sekaligus membuka acara, Pembacaan Doa, Laporan perwira yang ditunjuk, Selesai dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Dirbinmas Polda Kaltara menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat dan tempat yang telah disediakan. Beliau menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi antara Polri, khususnya Dit Binmas Polda Kaltara dengan seluruh pemangku kepentingan di masyarakat. Kegiatan ini dirancang untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Selain itu kegiatan juga menjadi wujud nyata terjalinnya komunikasi,koordinasi dan kolaborasi yang baik antara Polri dengan masyarakat untuk melihat fenomena isu Kamtibmas menjelang Pemilihan Kepala Daerah yang akan datang.

“Ayo kita sama-sama menjunjung Pilkada, yakin bahwa para kandidatnya adalah putra dan putri terbaik di Provinsi Kaltara dan yang paling penting adalah keutuhan,keamanan dan ketertiban di wilayah kita.” Ucap Dirbinmas

Dirbimas Polda Kaltara tak lupa juga menyampaikan, Polisi pun bersiaga mengamankan Pilkada Tahun 2024, termasuk mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoaks. “Tentu kita lebih mengedepankan, lebih baik melakukan pencegahan, untuk melakukan pencegahan itu kita lebih mengedepankan edukasi, upaya-upaya sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat,” tutupnya. **.

Continue Reading

POLDA KALTARA

Pekiban Dayak Kenyah Warnai Pernikahan Putra Kapolda Kaltara

Published

on

Putra Kapolda Kaltara Johan Nathaniel Ega.

TANJUNG SELOR – Putra Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya, Johan Nathaniel Ega dan Elva Waniza, putri Kepala Adat Besar Apau Kayan, Ibau Ala, akan menggelar Pekiban Adat Dayak Kenyah.

Ketua panitia Pekiban, Nawan mengatakan puncak kegiatan prosesi pernikahan Adat suku Dayak Kenyah oleh kedua mempelai (Ega & Elva) itu digelar di gedung Pesparawi Tanjung Selor pada Jumat 24 Mei.

“Persiapannya sudah 70 persen, mulai dari tarian adat hingga Pengulo sudah siap,” kata Nawan, Jumat, 17 Mei.

Nawan mengungkapkan, prosesi Pekiban ini akan diawali dengan penjemputan mempelai perempuan oleh mempelai laki-laki bersama rombongan.

“Setelah penjemputan, kedua mempelai beserta rombongan menuju gedung Pesparawi, rute jalannya juga sudah kita atur,” ungkapnya.

Ritual Pekiban sudah menjadi tradisi pernikahan adat yang dilakukan para leluhur suku Dayak Kenyah.

“Acara Pekiban kedua mempelai ini sekaligus memperkenalkanbudaya suku Dayak Kenyah. Apalagi, upacara adat ini (Pekiban) sejak 2019 telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Indonesia,” jelasnya.

Selain para pejabat dan tokoh masyarakat Kaltara, ribuan warga Dayak Kenyah dipastikan akan hadir pada kegiatan tersebut.

“Acara ini sekaligus resepsi pernikahan yang digelar keluarga mempelai perempuan (Elva). Untuk akad atau Pemberkatan nikahnya sudah digelar di Gereja Oikumene Hosana di Mapolda Kaltara, resepsi dan prosesi pernikahan dengan adat Jawa sudah digelar di Jakarta pada November 2023,” pungkasnya. **.

Continue Reading

Trending