Connect with us

Berita Pemkab Bulungan

Bulungan Miliki Potensi Kawasan Ketahanan Pangan Lebih dari 30 Ribu Hektar

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

JAKARTA – Bertempat di studio Nusaraya, Gedung Kompas Palmerah Selatan Jakarta Pusat, pada Selasa 7 November 2023. Bupati Bulungan, S.Pd, M.Si di undang khusus dalam program dialog khusus mengulas program strategis dan pencapaian yang telah dilakukan selama memimpin Kabupaten Bulungan dengan potensi dan keunikan geografis yang dimiliki.

Di kesempatan itu pula Bupati Bulungan memaparkan Berdasar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bulungan 2021-2026 dengan Visi mewujudkan Bulungan berdaulat pangan, maju dan sejahtera.

“Bulungan memiliki potensi kawasan ketahanan pangan lenih dari 30 ribu hektar diwilayah Tanjung Buka yang merupakan wilayah pasang surut. Saat ini luas lahan efektif sebesar 10 ribu hektar meliputi wilayah KecamatanTanjung Palas Tengah, Tanjung Selor, dan Tanjung Palas Utara,”rincinya.

Selain itu, kata bupati yang pernah menerima penghargaan atas pengelolaan kepegawaian terbaik Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tahun 2021 tersebut. Bulungan juga memiliki potensi buah lokal yang terus dikembangkan. Selama ini kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan dalam pembentukan Produk Domestik Reginonal Bruto (PDRB) mencapai 14,70 persen.

“Sektor pertanian, perikanan dan kehutanan mampu menyerap tenaga kerja terbesar kedua setelah usaha pertambangan dan penggalian sebesar 32,78 persen. Dalam jangka waktu 4 tahun terakhir tingkat pertumbuhan PDRB sektor pertanian menunjukan pertumbuhan yang signifikan selalu meningkat dengan rata-rata pertumbuhan adalah 15,89 persen,”terang bupati.

Sedangkan untuk menciptakan komoditas unggulan, saat ini tiap wilayah kecamatan atau desa ditetapkan jenis komoditasnya sesuai potensi yang ada. Sehingga tiap desa atau kecamatan terdapat sentra-sentra komoditas tertentu.
Diantaranya yang telah berjalan sentra kakao di Kecamatan Tanjung Palas, sentra kopi di kecamatan Peso, sentra lada di Kecamatan Tanjung Palas Timur, sentra perikanan di Tanjung Palas Tengah, sentra pangan (palawija) di desa Sajau Hilir, Tanjung Buka, dan Panca Agung, Sedangkan sentra ternak sapi di desa Karang agung, sentra kambing dan babi di desa Apung.

“Hal tersebut dilakukan Pemkab Bulungan ditengah keterbatasan anggaran agar tiap program yang dijalan berjalan efektif dan efisien,”tegasnya.

Untuk mencapai misi besar kedaulatan pangan Kabupaten Bulungan, disusunlah beberapa program prioritas, diantaranya program Mandau Tani, satu desa satu produksi, jaminan hasil produksi pertanian, hingga TAKE (Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi). Bupati menjelaskan, mandau tani merupakan Integrasi program pertanian dalam artian luas untuk mewujudkan Bulungan berdaulat pangan berbasis kearifan lokal. Program ini bertujuan untuk melakukan pengelolaan terpadu hulu-hilir pada aspek kelembagaan.
Satu desa satu produk mengupayakan tiap desa memiliki produk unggulan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan mendukung pengembangan pangan lokal sesuai dengan potensi dan klasterisasi wilayah.
Sedangkan untuk jaminan hasil produksi pertanian, memberikan kepastian pembelian terhadap hasil produksi. Sehingga upaya memperoleh produk unggulan berbasis potensi wilayah dapat terpenuhi, termasuk gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

“TAKE merupakan program manifestasi dari kepedulian Pemkab Bulungan dalam melestarikan lingkungan hidup,”pungkasnya.
Bela Syarwani. * dkisp/jk/kjs.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H, Bupati Bulungan Terus Gencarkan Operasi Pasar

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si melaksanakan Sidak ke pasar tradisional beberapa waktu yang lalu.

TANJUNG SELOR – Menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah yang sebentar lagi dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Bupati Bulungan, Syarwani S Pd M Si, akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan Sembako dipasaran bagi warga masyarakat.

“Sampai nanti menyambut hari raya Idul Fitri kita akan mengambil langkah langkah dalam upaya memastikan ketersediaan nya, ” kata Bupati Syarwani, Minggu 25/2/2024.

Tentunya hal ini tidak semuanya menjadi beban pemerintah, melain kan dunia usaha juga diharapkan bisa menjaga ketersediaan tersebut.

Kendati demikian, pemerintah senantiasa terus membangun koordinasi komunikasi terutama dari Kementerian lembaga yang ada melalui Bulog untuk menjamin ketersediaan pasokan-pasokan daripada pemenuhan kebutuhan pokok yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan.

Lebih lanjut Bupati juga siap mendorong mereka untuk menjaga stabilitas harga barang kepada dinas terkait, melalui asisten 2 dan Disperindagkop, Dinas Pertanian maupun juga dari Badan Ketahanan Pangan untuk selama bulan Ramadhan tetap menggelar kegiatan kegiatan operasi pasar.

Nah melalui kegiatan operasi pasar ini paling tidak kita harapkan ada akses kemudahan yang didapatkan warga masyarakat dalam pemenuhan 9 bahan pokok nya. Di sisi lain juga dalam rangka untuk memastikan menjamin stabilitas harga sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang terlalu signifikan ketika memasuki bulan puasa Ramadhan maupun maupun menyambut hari raya Idul Fitri yang akan datang.

Disisi lain, ia juga mendorong kepada perangkat daerah khususnya melalui kegiatan kegiatan APBD Bulungan yang bisa segera untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan partisipasi masyarakat yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan APBD itu akan memberi manfaat terutama dari sisi pendapatan masyarakat.

Misalnya seperti pembangunan semenisasi yang ada dan dialokasikan di APBD itu dengan melibatkan masyarakat secara langsung pula.

Otomatis dengan ini masyarakat punya pendapatan dari kegiatan tersebut. Demikian juga dengan pemanfaatan sumber sumber bahan lokal seperti batu, pasir dan lain sebagainya. Ini juga dalam rangka menjaga sehingga masyarakat mendapatkan pendapatan dari aktivitas kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di tahun 2024 yang bersumber dari APBD Bulungan. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Safari Ramadhan1445 H, Bupati Bulungan Dijadwalkan Berkunjung ke 10 Kecamatan

Published

on

Kunjungan kerja Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si kekecamatan beberapa waktu lalu.

– Sekaligus menyerahkan bantuan kemasyarakat secara simbolis.

TANJUNG SELOR – Memasuki bulan Ramadhan tahun 20204 atau tahun 1445 H, Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si akan menggelar safari di 10 kecamatan. Rangkaian safari itu dimulai pada H plus 5.

“Syafari Ramadhan tahun ini kita awali pertama di Kecamatan Tanjung Palas Timur, ” kata Bupati Syarwani mengawali wawancaranya dengan media ini, Minggu 24/2/2024.

Untuk itu, asisten bidang pemerintahan dan kabag kesra telah menyusun jadwal untuk kegiatan kegiatan safari Ramadhan yang akan dilaksanakan.

“Insya allah kita mulai sekitar 5 hari setelah memasuki bulan Ramadhan. Dan itu akan dimulai dari kecamatan Tanjung palas timur, ” sebut Bupati berulang-ulang.

Kegiatan tersebut, disamping bersilaturahmi dengan warga masyarakat yang ada di 10 kecamatan, untuk mendengarkan masukan pandangan dan juga pada saat bersamaan Bupati Syarwani akan menyerahkan beberapa bantuan baik itu dalam bentuk hibah kepada rumah, ibadah, kelompok sosial, masyarakat maupun juga kepada sektor-sektor di bidang pertanian, peternakan dan perikanan , khususnya yang mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui apbd Kabupaten bulungan tahun 2024.

Dimana saat kegiatan sampai Ramadhan akan di salurkan secara simbolis kepada para penerima melalui kelompok-kelompok sesuai dengan keputusan Bupati Bulungan terkait dengan para penerima hibah bantuan yang melalui alokasi APBD tahun 2024.

“Ya tentu ini merupakan bagian daripada upaya kita mendorong percepatan pembangunan Kabupaten bulungan melalui kelompok-kelompok strategis masyarakat dalam bentuk kegiatan kegiatan pemberian bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga kondisi perekonomian masyarakat yang ada, termasuk kegiatan pemberian bantuan kepada UMKM, ” pungkas Bupati Bulungan. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Realisasi 10 Program Prioritas Bulungan di Atas 80 Persen

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kegiatan penganugrahan dan evaluasi kinerja pembangunan tahun anggaran 2023 di lingkungan pemerintah Kabupaten Bulungan selain memberikan penilaian pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang secara aktif mengkampanyekan 15 program prioritas. Juga sebagai bentuk evaluasi beberapa program prioritas daerah yang telah dijalankan maupun yang akan berjalan.

Dalam kesempatan tersebut saya mengatakan, ada sejumlah evaluasi terhadap kegiatan yang harus ada penambahan waktu penyelesaian dengan berbagai kendala yang dihadapi.

Namun sebagian besar kegiatan terutama 10 program prioritas daerah dapat terealisasi di atas 80 persen baik secara fisik maupun keuangan.

Kegiatan ini menjadi evaluasi terhadap kinerja tahun 2023 dan menjadi awal bagaimana kegiatan 2024 berjalan sesuai yang kita harapkan.

Saya mengucapkan terimakasih atas semangat para perangkat daerah dalam melaksanakan 10 program prioritas daaerah tahun 2023. Dengan rata-rata penyelesaian kegiatan di atas 80 persen baik secara fisik maupun keuangan.

Capaian tersebut bukan kerja bupati maupun wakil bupati, namun kerja kita bersama. Terutama OPD yang melaksanakanya, yang belum maksimal kita dorong agar bisa lebih maksimal, sesuai pengalaman tahun 2023.

Saya mengingatkan dampak makro ekonomi yang timbul akibat dampak dari belum maksimalnya panen di wilayah penghasil beras. Yang berakibat naiknya harga beras di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Bulungan.

Perlu adanya langkah kongkret dilakukan harga beras cenderung megalami kenaikan. Akibat belum maksimalnya panen yang dilaksanakan daerah penghasil beras, tentu akan berdampak pada kita.

Saya meminta kegiatan yang bersifat Penunjukan Langung (PL) termasuk kegiatan padat karya dapat segera dilaksanakan. Terutama yang melibatkan masyarakat secara langsung yang tentunya berdampak pada pendapatan masyarakat.

Kegiatan PL bisa dieksekusi secara langsung, termasuk kegiatan padat karya yang melibatkan masyarakat. *dkisp/bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending